x

Liga Inggris: 3 Fakta di Balik Kartu Merah Bersejarah Joao Felix di Laga Fulham vs Chelsea

Jumat, 13 Januari 2023 10:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Joao Felix dikartu merah di laga Fulham vs Chelsea, Jumat (13/01/23). Foto: Action Images via Reuters/Peter Cziborra.

INDOSPORT.COM - Joao Felix menerima kartu merah saat berpartisipasi di pertandingan Liga Inggris (Premier League) antara Fulham vs Chelsea, Jumat (13/01/23).

Di pertandingan yang berakhir pagi hari tadi waktu Indonesia, Fulham secara mengejutkan tampil sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Willian membuka keunggulan The Cottagers cukup cepat pada menit ke-23, sebelum disamakan oleh Kalidou Koulibaly tidak lama setelah babak kedua dimulai.

Saat kedua tim tengah berjibaku menambah pundi-pundi gol demi memenangkan laga, tuan rumah kembali unggul lewat Carlos Vinicius memasuki menit ke-73.

Berkatnya, skor Fulham vs Chelsea berubah menjadi 2-1 dan bertahan sampai wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Fulham terus merangkak naik di klasemen Liga Inggris 2022-2023, kini di peringkat 6 dengan 31 poin.

Sementara itu, Chelsea masih terpuruk di peringkat 10 dengan 25 poin meski sudah mendatangkan Joao Felix dari Atletico Madrid.

Baca Juga

Seperti diketahui, Joao Felix merapat ke London di bursa transfer kali ini dengan status pinjaman dan akan memperkuat The Blues hingga akhir musim 2022-2023.

Kedatangannya pun membawa harapan besar bagi Chelsea dalam misinya memperbaiki kebobrokan tim awal musim ini.

Namun sayang, langkah pertama Joao Felix bersama tim besutan Graham Potter tidak terlalu mulus lantaran kartu merah yang diperolehnya semalam.

Baca Juga

1. Terjadi di Laga Debut

Joao Felix dikartu merah di laga Fulham vs Chelsea, Jumat (13/01/23). Foto: Action Images via Reuters/Peter Cziborra.

Ya, kartu merah Joao Felix di laga Fulham vs Chelsea semalam terjadi di momen debut sang pemain usai merapat ke Stamford Bridge tempo hari.

Ia diusir keluar lapangan setelah dianggap melakukan pelanggaran parah terhadap Kenny Tete lewat tekel dua kaki.

David Coote selaku wasit yang bertugas pun tidak punya pilihan selain mengeluarkan kartu merah untuk menghukum Joao Felix.

Dengan ini, penyerang berusia 23 tahun itu ‘resmi’ menjadi pemain pertama setelah Federico Fazio (2014) yang mendapat kartu merah saat laga debutnya.

Saat itu, Federico Fazio yang bermain untuk Tottenham Hotspur mendapat hadiah kartu merah usai melanggar Sergio Aguero (Manchester City) di babak kedua.

Baca Juga

Sama seperti Chelsea semalam, Spurs yang harus melanjutkan laga dengan 10 pemain pun kalah. The Lilywhites terhantam 4-1 oleh The Citizens yang memborong seluruh golnya melalui quattrick Sergio Aguero.

Kini kejadian serupa tapi tak sama pun kembali terjadi. Joao Felix menjadi Federico Fazio kedua di Liga Inggris setelah delapan tahun berlalu, serta mencatatkan namanya di buku sejarah Chelsea musim ini.

Baca Juga

Akibat kartu merah di laga Fulham vs Chelsea, Joao Felix pun dipaksa menepi untuk sementara waktu dari tiga pertandingan The Blues selanjutnya.

Tentu saja, ini menjadi kerugian bagi kubu Todd Boehly mengingat mereka sudah menggelontorkan dana yang lumayan untuk meminjam Joao Felix dari Atletico Madrid.

Kabarnya, Chelsea harus merogoh kocek kurang lebih 9 juta poundsterling (sekitar Rp167,3 miliar) demi memakai jasanya.

Baca Juga

2. Fakta dan Catatan Lainnya

Joao Felix dikartu merah di laga Fulham vs Chelsea, Jumat (13/01/23). Foto: Action Images via Reuters/Peter Cziborra.

Graham Potter Angkat Bicara

Selepas laga Fulham vs Chelsea, Graham Potter mau tidak mau bersuara tentang penampilan Joao Felix yang dinodai insiden kartu merah tersebut.

Menurutnya, aksi Joao Felix tersebut tidak terkesan emosional. Hanya saja, apa yang dilakukannya (tekel) terjadi di luar kendali, apalagi di kompetisi berintensitas tinggi seperti Liga Inggris.

Dengan kata lain, kejadian yang dialami Joao Felix semalam bisa disebut sebagai ketidakberuntungan.

“Ia gagal mengontrol dan aksinya itu bisa terjadi di sebuah pertandingan Liga Inggris dengan level seperti ini,” ujar Graham Potter, dikutip dari Evening Standard.

“Tidak ada niat jahat, dia tidak berniat melukai siapa pun. Terkadang hal-hal seperti ini memang terjadi, tidak sesuai keinginan Anda tapi Anda harus menderita karenanya,” tambah Graham Potter lagi.

Baca Juga

Sejatinya Main Bagus

Mendapat kartu merah memang bukan catatan yang bisa dibanggakan pemain usai melakoni laga debutnya di sebuah tim.

Meski begitu, Joao Felix termasuk pemain yang patut berbangga lantaran mendapat cukup banyak ulasan positif saat bertanding di laga Fulham vs Chelsea.

Baca Juga

Ia tampil meyakinkan selama babak pertama berlangsung, dengan aktif berlari di lapangan, memberi umpan-umpan tajam, serta menunjukkan berbagai trik terhadap lawan yang begitu rapi.

Berdasarkan data OptaJoe, Joao Felix juga tampil mencolok dibanding pemain-pemain Chelsea yang lain, dengan membukukan tembakan terbanyak (6 dan 4 di antaranya on target).

Ia mungkin harus menunda membuat gebrakan untuk Chelsea karena kartu merahnya, tapi pemain bernama lengkap Joao Felix Sequeira ini sudah punya bekal apik untuk melakoni laga-laga The Blues selanjutnya.

Baca Juga

Sumber: Evening Standard, OptaJoe

ChelseaFulhamLiga Primer InggrisLiga InggrisJoao FelixBerita Liga Inggris

Berita Terkini