x

Wow! Media Malaysia Klaim Marselino Ferdinan Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022

Jumat, 13 Januari 2023 09:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pertandingan terakhir grup A Piala AFF 2022 antara Filipina vs Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium, Senin (02/01/2023). Marselino Ferdinan mencetak gol kemenangan di laga tersebut.

INDOSPORT.COM - Media Malaysia, Astro Arena, mengklaim jika Marselino Ferdinan dari Timnas Indonesia, layak dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2022.

Meski Timnas Indonesia hanya mentok di semifinal Piala AFF 2022, tetapi potensi Marselino Ferdinan melampaui pemain finalis tahun ini, Vietnam dan Thailand.

"Untuk saya, pemain muda terbaik di Piala AFF adalah seorang individu dengan nama yang paling cool, Marselino Ferdinan, yang bermain di Timnas Indonesia," kata Keesh Sundaresan.

"Dia pemain yang masih sangat muda, di bawah 20 tahun, bermain untuk Persebaya Surabaya," ujar host Youtube Astro Arena tersebut.

"Dia mencetak satu gol dan satu assist, itu adalah satu gol yang cantik, main kombinasi dengan Saddil Ramdani, melawan Filipina di Manila," ujar sang host asal Malaysia tersebut.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan jika Marselino sudah memiliki nama besar di Malaysia. Sebab, ia sudah mencuri perhatian internasional sejak bermain di Kualifikasi Piala Asia U-20 lalu.

"Sebenarnya ini bukan kali pertama kita melihat aksi dia. Bulan September lalu di Piala Asia U-20, dia juga melesakkan gol ke gawang Vietnam dengan aksi yang sangat baik."

Baca Juga

"Ini adalah pemain yang saya sebut sebagai salah satu prospek paling cerah dari Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir."

"Banyak juga yang menganggap dia sebagai salah satu prospek muda paling cerah dari Indonesia sepanjang masa."

"Sebab dia dipilih oleh The Guardian, masuk sebagai 60 pemain muda terbaik di dunia," kata Keesh Sundaresan via Astro Arena.

Baca Juga

1. Pujian Media Malaysia untuk Marselino

Preematch presconference Timnas Indonesia jelang babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di Media Center stadion GBK, Kamis (05/01/23).

Sekadar informasi, saat ini Piala AFF tidak hanya memberikan penghargaan kepada pemain terbaik, top skorer, dan kiper terbaik, tetapi juga pemain muda terbaik.

Pada edisi Piala AFF 2020 lalu, Pratama Arhan dari Timnas Indonesia menyabet penghargaan pemain muda terbaik.

Pada edisi Piala AFF 2022 ini, media Malaysia, Astro Arena memprediksi jika gelar itu bisa dipertahankan oleh Timnas Indonesia lewat sosok Marselino Ferdinan.

Marselino baru berusia 18 tahun, tetapi ia sudah masuk skuat Timnas Indonesia senior, mencetak satu gol dan satu assist dari lima penampilannya di kancah Piala AFF 2022.

"Pergerakan dia, kombinasi dia bersama rekan satu tim, ability dia untuk mencari ruang, mengirim passing-passing berisiko tinggi yang tidak bisa dilakukan pemain lain."

Baca Juga

"Marselino Ferdinan ini sejenis pemain yang hampir sepenuhnya memiliki kebebasan, dia akan mencari ruang," kata host Astro Arena.

"Tapi di sisi yang sama, dia juga pemain yang rajin menembak, jadi catatan gol dia beralasan, sebab dia bukan pemain yang malu untuk mencoba," lanjut Keesh lagi.

Baca Juga

"Di waktu yang sama, sisi pertahanannya pun ikut bagus juga. Itulah kenapa menurut saya dia pemain yang tidak boleh dikekang, beri dia kebebasan untuk satu-dua posisi."

"Meskipun cuma mencatatkan satu gol dan satu assist, tapi menurut saya dampaknya (Marselino Ferdinan) luar biasa (di tim)," ujarnya.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan pula jika gelar pemain muda terbaik Piala AFF 2022 jatuh kepada pemain Vietnam atau Thailand yang kini berlaga di final.

Baca Juga
MalaysiaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini