x

Rasmus Hojlund, Wonderkid Denmark Calon Penerus Jon Dahl Tomasson di AC Milan

Selasa, 17 Januari 2023 21:18 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Profil serta potensi Rasmus Hojlund, sang wonderkid Denmark yang bakal jadi penerus Jon Dahl Tomasson sebagai mesin gol AC Milan di Liga Italia.

INDOSPORT.COM – Profil serta potensi Rasmus Hojlund, sang wonderkid Denmark yang bakal jadi penerus Jon Dahl Tomasson sebagai mesin gol AC Milan di Liga Italia.

Jelang dibukanya bursa transfer musim dingin, AC Milan yang berstatus juara bertahan Liga Italia merupakan tim yang cukup agresif melakukan pergerakan agar bisa dapatkan amunisi anyar.

Salah satu sektor yang ingin dibenahi AC Milan adalah lini depan, di mana dalam beberapa musim terakhir mereka belum menemukan sosok goal getter yang mumpuni.

Sepanjang musim lalu, AC Milan sangat bergantung pada Olivier Giroud untuk menjebol jala lawan. Meski sudah berusia uzur, namun insting gol Giroud terbilang masih berbahaya.

Terbukti selama gelaran Liga Italia 22/23, Olivier Giroud mampu mencetak 14 gol serta memberikan 4 assist dari total 33 pertandingan buat AC Milan.

Baca Juga

Catatan tersebut membuat Olivier Giroud berhasil membantu AC Milan merengkuh gelar Scudetto musim lalu, dengan mengungguli Inter Milan yang berada di tempat kedua.

Sayangnya pada musim ini, ketajaman Olivier Giroud mulai terlihat memudar lantaran sudah lima pertandingan dirinya belum juga cetak gol.

Baca Juga

Faktor usia yang sudah menyentuh angka 36 tahun, tampaknya jadi alasan mengapa permainan Olivier Giroud tidak bisa semaksimal musim lalu.

Oleh sebab itu, AC Milan pun berencana datangkan satu striker baru pada bursa transfer musim dingin ini demi memperbesar peluang mereka amankan scudetto Liga Italia.

Salah satu nama yang masuk dalam target belanja AC Milan adalah Rasmus Hojlund. Pemain asal Denmark ini dianggap punya potensi setelah tampil gemilang bersama Atalanta.

Walau masih berusia 19 tahun, namun kualitas serta ketajaman Rasmus Hojlund saat berada di kotak penalti lawan, dianggap mampu membantu AC Milan pertahankan gelar juara musim ini.

Baca Juga

1. Profil Rasmus Hojlund

Rafael Leao dari AC Milan terlihat sedih setelah Federico Baschirotto dari Lecce mencetak gol kedua mereka REUTERS-Alberto Lingria

Rasmus Hojlund lahir di Copenhagen, Denmark pada 4 Februari tahun 2003 silam. Pada usia 12 tahun, Rasmus Hojlund memulai perjuangannya untuk berkarier di sepak bola profesional dengan memperkuat tim akademi B.93.

Kemudian setelah itu, Rasmus Hojlund mulai banyak memperkuat beberapa akademi ternama di Denmark mulai dari Brøndby, Holbæk hingga Copenhagen.

Selama tampil di tim junior Copenhagen, performa Rasmus Hojlund sebagai predator kotak penalti lawan mulai sukses mencuri perhatian.

Puncaknya pada musim 20/21, di mana Rasmus Hojlund berhasil mencetak 16 gol dan memberikan 4 assists dari total 28 pertandingan semua kompetisi.

Penampilan gemilang di tim junior, membuat Rasmus Hojlund mendapat promosi ke tim senior Copenhagen dan menjalani debut pada ajang kualifikasi UEFA Conference League 21/22 saat menghadapi Torpedo Zhodino.

Baca Juga

Walau di kompetisi Liga Denmark dirinya gagal mencetak gol, namun Rasmus Hojlund berhasil tampil gemilang di ajang UEFA Conference League. Total ada 5 gol yang mampu ia cetak dalam 11 pertandingan.

Statistik tersebut membuatnya mulai dilirik klub Eropa lain dan Sturm Graz jadi tim pertama yang merekrutnya dari Copenhagen dengan mahar 1,8 juta euro tahun 2022 lalu.

Baca Juga

Selama dua musim di kasta tertinggi Liga Austria, Rasmus Hojlund mampu mengemas 12 gol dari total 21 pertandingan di semua ajang.

Walau gagal membantu timnya meraih juara, namun Rasmus Hojlund yang punya postur tubuh tinggi menjulang hingga 191 cm tersebut tetap jadi sorotan.

Kemampuan body balance serta finishing yang cukup lumayan buat pemain 19 tahun, membuat Rasmus Hojlund dianggap sebagai calon rising star Eropa seperti Erling Haaland atau Dusan Vlahovic.

Baca Juga

2. Gabung Serie A dan Jadi Incaran AC Milan

Jon Dahl Tomasson, Legenda AC Milan

Kegemilangan Rasmus Hojlund di Liga Austria ternyata mampu menarik perhatian klub Liga Italia, Atalanta yang dengan berani menembus sang striker dengan mahar 17 juta euro pada Agustus 2022 lalu.

Meski terbilang mahal untuk pemain yang sejatinya belum pernah main di lima liga top Eropa, namun perjudian Atalanta memboyong Rasmus Hojlund cukup sukses.

Terbukti dari 14 pertandingan sepanjang musim ini, Rasmus Hojlund sukses mencetak 4 gol dan memberikan dua assists buat Atalanta.

Dari performanya itu, Rasmus Hojlund pun masuk dalam daftar incaran AC Milan untuk mengisi pos lini serang mereka musim depan.

Andai Rasmus Hojlund resmi berlabuh ke AC Milan, maka dirinya berpotensi mengikuti jejak Jon Dahl Tomasson, striker Denmark lain yang lebih dulu memperkuat Rossoneri.

Selama berada di San Siro, Jon Dahl Tomasson mampu torehkan 35 gol dari 114 penampilan serta membantu AC Milan menjuarai Serie A, Coppa Italia, Supercoppa Italiana, UEFA Champions League serta UEFA Super Cup pada periode 2002 hingga 2005.

Bursa TransferAC Milanjon Dahl TomassonLiga Italia

Berita Terkini