x

5 Pemain Bernomor Punggung 15 dalam Sejarah Chelsea, Haruskah Mykhaylo Mudryk Waspada?

Rabu, 18 Januari 2023 23:00 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Jose Mourinho pernah gagal kembangkan bakat besar Kevin De Bruyne dan Mohamed Salah saat di Chelsea.

INDOSPORT.COM - Dengan nomor punggung 15, Chelsea resmi memperkenalkan Mykhaylo Mudryk. Berikut 5 pemain bernomor punggung sama dalam sejarah Chelsea, Mudryk harus was-was?

Selain performa yang sedang inkonsistensi, Chelsea menjadi bahan pembicaraan usai merekrut bintang muda Ukraina Mykhaylo Mudryk. 

Baca Juga

Dilaporkan oleh pakar transfer kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano, jika Shakhtar Donetsk menyepakati transfer Mykhailo Mudryk ke Chelsea dengan mahar sekitar 100 juta Euro.

Ada kisah menarik di balik kepindahan bintang 22 tahun itu ke Stamford Bridge. Sang winger Ukraina sebenarnya sudah sejak lama dikaitkan dengan The Gunners.

Bahkan secara eksplisit menunjukkan hasratnya berlabuh ke Emirates Stadium. Meski masih terikat kontrak dengan Shakhtar Donetsk,  berulang kali dia mengirim kode lewat media sosial. 

Baca Juga

Menurut berita yang beredar, Chelsea melakukan negosiasi yang sangat cepat, sementara Arsenal melakukan langkah yang begitu lambat.

Sebelum digaet Chelsea, klub asuhan Mikel Arteta itu sudah melayangkan proposal senilai 40 juta Euro yang ditolak dalam waktu singkat.

Bahkan sodoran berlipat ganda dengan 70 juta Euro dibayar di muka plus bonus 25 juta Euro pun masih enggan diterima Shakhtar.

Baca Juga

The Blues sendiri datang langsung dengan tawaran yang sesuai dan persis seperti yang diminta Shakhtar. Yang membuat negosiasi begitu cepat. 

Saat diperkenalkan oleh Chelsea, Mudryk memamerkan jersey dengan nomor punggung 15. Siapa saja pemain-pemain dengan nomor punggung yang sama? Haruskah winger anyar ini waspada?


1. 5. Papy Djilobodji

Bek West Ham United, Kurt Zouma di laga kontra Watford (09/02/22). (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

Papy Djilobodji mungkin bukan nama yang begitu populer bahkan di kalangan fans Chelsea. The Blues sendiri lebih sering meminjamkannya karena dianggap tidak mampu bersaing. 

Bek tengah asal Senegal itu dipinjamkan ke klub-klub gurem sejak direkrut Chelsea dari klub Liga Prancis FC Nantes pada musim panas 2015. 

Baca Juga

Saat diperkenalkan, Djilobodji memamerkan nomor punggung 15. Namun dia gagal beradaptasi hingga dilepas ke Sunderland di musim panas 2017. 

4. Victor Moses

Chelsea mendatangkan winger asal Nigeria Victor Moses dari Wigan Athletic di musim panas 2012 silam. Namun karirnya tidak begitu mengesankan selama berkarir di Stamford Bridge. 

Dia hanya menjadi andalan semusim ketika Antonio Conte melatih Chelsea. Sisanya, dia lebih sering dipinjamkan ke klub lain. 

Baca Juga

Saking tidak begitu diandalkan, nomor punggung Moses pun berganti-ganti. Selama di Chelsea, dia pernah memakai nomor 20, 12 dan 13.

Tiga musim terakhirnya di Stamford Bridge sebelum dilepas ke Spartak Moscow, sang winger mengenakan nomor punggung 15. 

3. Kurt Zouma

Chelsea memang cukup aktif di bursa transfer musim dingin, salah satunya di tahun 2014 ketika merekrut bek tengah muda dari Saint-Etienne, yakni Kurt Zouma. 

Baca Juga

Seperti Moses, bek berkebangsaan Prancis itu juga berganti-ganti nomor punggung karena sering dipinjamkan ke klub-klub medioker. 

Tiga musim terakhirnya sebelum pindah ke West Ham United pada musim panas 2021, Kurt Zouma mengenakan nomor punggung 15. Dia mencatat total 151 penampilan di semua kompetisi bersama The Blues. 


2. 2. Mohamed Salah

Mohamed Salah saat masih membela Chelsea.

Mohamed Salah direkrut Chelsea dari FC Basel sebagai salah satu wonderkid di bursa transfer musim dingin Januari 2014 lalu. 

Sejak diperkenalkan sebagai pemain Chelsea, Salah langsung mengenakan nomor punggung 15. Sayang sekali, bintang yang kini bela Liverpool itu gagal beradaptasi. 

Setelah semusim di Stamford Bridge, dia hengkang ke Fiorentina semusim sebelum dijual permanen ke AS Roma. Hanya satu musim, dia hanya bermain 19 laga untuk The Blues.

Baca Juga

1. Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne lebih dulu direkrut Chelsea sebelum Salah, yakni pada bursa transfer musim dingin Januari 2012 lalu. 

Mirisnya, De Bruyne yang mengenakan nomor punggung 15 sejak hari pertamanya di Stamford Bridge, dia hanya tampil 9 kali di semua kompetisi di musim debutnya. 

Maestro lapangan yang kini jadi andalan Manchester City, memutuskan cabut dari Chelsea untuk pindah ke Wolfsburg pada Januari 2014.

ChelseaMohamed SalahKevin De BruyneKurt ZoumaVictor MosesLiga InggrisMykhaylo Mudryk

Berita Terkini