x

5 Pemain Bernomor Punggung 4 di Chelsea Sebelum Badiashile, Rata-rata Legenda

Rabu, 18 Januari 2023 00:17 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Benoit Badiashile, wonderkid AS Monaco

INDOSPORT.COM - Chelsea baru saja merekrut bek tengah anyar bernama Benoit Badiashile. Dengan nomor punggung 4, eks Monaco ini wajib melihat siapa saja pendahulunya di Chelsea.

Ya, Chelsea baru saja merekrut bek tengah muda asal Prancis yang direkrut dari AS Monaco dengan kabar mengatakan harganya cukup fantastis. 

Baca Juga

Dilaporkan dari berbagai sumber, Chelsea menggaet bek muda berpaspor Prancis itu dengan mahar sekitar 38 juta euro atau setara Rp625 miliar.

Dilansir dari The Telegraph, klub London Barat itu merekrut dan mengganjar Badiashile dengan kontrak jangka panjang, yakni 7,5 tahun. 

Kontrak tersebut pun menjadikan pemain berusia 21 tahun ini menjadi pemain dengan kontrak terpanjang sepanjang sejarah Chelsea.

Baca Juga

Benoit Badiashile pun menjadi rekrutan ke-11 Chelsea sejak diakuisisi oleh konsorsium Todd Boehly dari tangan Roman Abramovich medio Mei 2022 lalu. 

Penandatanganannya pun menjadikan pemilik baru The Blues ini telah mengeluarkan uang 300 juta poundsterling (Rp5,5 triliun) dalam waktu enam bulan saja.

Badiashile sendiri menjadi rekrutan kedua Chelsea di bursa transfer musim dingin Januari 2023 ini yang telah dibuka sejak awal tahun. 

Baca Juga

Dia juga sudah diumumkan akan mengenakan nomor punggung 4 selama berseragam Chelsea. 

Menarik untuk diketahui oleh Badiashile, siapa saja para pendahulunya dengan nomor punggung tersebut di Stamford Bridge. Simak di bawah ini.


1. 2. Cesc Fabregas

Fabregas ucap salam perpisahan kepada seluruh pendukung Chelsea

Sempat meninggalkan Kota London ketika gabung Barcelona dari Arsenal, Cesc Fabregas akhirnya kembali ke Liga Inggris bersama Chelsea di musim panas 2014. 

Dengan performa dan statistik sang gelandang di Barcelona, Chelsea sampai rela mengeluarkan dana transfer sebesar 33 juta euro kala itu. 

Fabregas pun mengenakan nomor punggung 4 dan sekali lagi menuai kesuksesan bersama klub asal London. Selama 5 musim, dia berhasil mencatat 22 gol dan 58 assist dengan total 198 penampilan bersama The Blues. 

Baca Juga

1. Andreas Christensen

Pemain yang baru saja menanggalkan nomor punggung 4, ialah Andreas Christensen. Bek Timnas Denmark ini memang pergi dari Stamford Bridge di musim panas 2022. 

Kontraknya dengan Chelsea yang terjalin sejak musim panas 2012, harus berakhir tanpa perpanjangan kontrak di akhir musim 2021/2022 kemarin. 

Dengan 161 penampilan di semua kompetisi, bek tengah 26 tahun itu cukup berhasil. Toh, terbukti Barcelona langsung merekrutnya dengan gratis di musim panas 2022 lalu.


2. 5. Juan Sebastian Veron

Claude Makelele saat pose bersama trofi Community Shield, Piala Liga Ingris dan Coca Cola League Cup.

Juan Sebastian Veron merupakan salah satu gelandang bertahan berbakat yang pernah dimiliki Argentina. Namun dirinya dianggap gagal ketika membela The Blues. 

Ya, dia mengenakan nomor punggung 4 setelah direkrut The Blues dari Manchester United pada musim panas 2003 silam. 

Baca Juga

Hanya tampil 14 kali selama semusim, di musim panas 2004, klub langsung melepasnya ke Inter Milan. Veron benar-benar gagal di Stamford Bridge. 

4. Claude Makelele

Pemilik nomor punggung 4 selanjutnya adalah Claude Makelele yang berhasil menunjukkan kualitasnya dan menjadi poros lini tengah The Blues di zaman dulu. 

Performa impresif di Real Madrid membuat Chelsea tidak ragu menggelontorkan uang senilai 20 juta euro di musim panas 2003 silam. 

Baca Juga

Makelele berhasil mempertahankan penampilan impresifnya di Bernabeu kala pindah ke Stamford Bridge. Ia bahkan mencatat 217 penampilan bersama Chelsea. 

Gelandang legendaris asal Prancis itu juga menyumbang enam gelar domestik untuk Chelsea, hingga dia dilepas pada 2008 silam. 

3. David Luiz

Pada awal tahun 2011, Chelsea merekrut seorang bek tengah dari klub raksasa Portugal Benfica, yakni David Luiz. Klub membayarkan transfer sebesar 25 juta euro kepada Benfica.

Baca Juga

Luiz sendiri mencatat dua periode dalam karirnya bermain di Stamford Bridge. Periode pertama, dia mengenakan nomor punggung 4, sementara periode kedua menggunakan nomor punggung 30. 

Total dalam dua periodenya itu, bek asal Brasil ini berhasil mencatat 248 penampilan, 18 gol dan 12 assist untuk Chelsea. 

ChelseaCesc FabregasClaude MakeleleLiga InggrisBenoit Badiashile

Berita Terkini