x

5 Pemain Termahal Prancis yang Pernah Gabung Chelsea, Sukses Semua?

Rabu, 11 Januari 2023 01:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Claude Makelele saat pose bersama trofi Community Shield, Piala Liga Ingris dan Coca Cola League Cup.

INDOSPORT.COM = Chelsea merupakan klub raksasa Liga Inggris yang punya kekuatan finansial. Terdapat 5 pemain termahal Prancis yang pernah gabung The Blues, apakah semua sukses?

Namun malang, Chelsea yang kini diasuh oleh Graham Potter kini sedang dalam keterpurukan. Terbaru, mereka baru saja disingkirkan Manchester City dari Piala FA 2022/2023. 

Baca Juga

Tak hanya disingkirkan, klub asal London Barat ini juga dipermak habis-habisan oleh rivalnya di Liga Inggris tersebut dengan skor 4-0. 

Empat gol Man City sendiri disumbangkan oleh tiga pemainnya. Yakni lewat brace (dua gol) dari Riyad Mahrez di menit ke-23 dan 85. Dua gol lainnya dicetak oleh Julian Alvarez di menit ke-30 dan Phil Foden di menit ke-38.

Sementara di Liga Inggris, dari lima pertandingan terakhir, Kai Havertz dkk hanya mampu menang sekali saja. 

Baca Juga

Mereka saat ini bahkan tercecer hingga urutan ke-10 klasemen sementara Liga Inggris dengan sudah mengantongi enam kekalahan sejauh musim ini.

Mungkin kabar baiknya adalah klub sudah menyolong start dengan meresmikan beberapa pemain anyar pada Januari 2023 ini. 

The Blues sudah meresmikan sebanyak tiga pemain anyar yang akan disusul oleh Joao Felix dari Atletico Madrid. 

Baca Juga

Ketiga pemain anyar yang sudah diumumkan klub adalah Benoit Badiashile, Andrey Santos dan David Fofana. Salah satunya, yakni Badiashile merupakan bek berkebangsaan Prancis. 

Tentu saja Badiashile bukan pemain Prancis yang pertama membela Chelsea. INDOSPORT merangkum 5 pemain Prancis termahal yang pernah gabung Chelsea sepanjang sejarah.


1. 5. Claude Makelele

Claude Makelele saat masih membela Chelsea pada tahun 2003–2008.

Claude Makelele merupakan gelandang bertahan legendaris yang pernah dimiliki oleh Chelsea dan Prancis. Klub harus membayar transfer 20 juta euro untuk memboyongnya dari Real Madrid.

Sejak membela The Blues tahun 2003 hingga 2008, Makelele selalu jadi andalan di posisi gelandang bertahan. 

Baca Juga

Selama itu, Ia sudah mencatat 217 penampilan dengan dua gol dan enam assist di semua kompetisi. Dilengkapi dengan enam gelar domestik bersama klub. 

4. N’Golo Kante

N’Golo Kante direkrut pada tahun 2016 dari Leicester City dengan mahar mencapai 35,8 juta euro. Chelsea selalu mengandalkannya hingga saat ini. 

Kante benar-benar mempersembahkan banyak hal untuk kesuksesan tim, termasuk trofi Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub. 

Baca Juga

Hingga saat ini, gelandang tim nasional Prancis sudah mencatat 262 penampilan dengan torehan 13 gol dan 15 assist di semua kompetisi. 

Sayangnya, beberapa bulan terakhir, dia jarang tampil karena faktor kebugaran. Kontraknya pun akan berakhir pada musim panas 2023 mendatang. 

3. Benoit Badiashile

Pemain anyar Chelsea Benoit Badiashile masuk menjadi salah satu pemain Prancis termahal dalam sejarah klub. 

Baca Juga

Bek tengah yang masih berusia 21 tahun itu diboyong dari AS Monaco dengan mahar mencapai 38 juta euro atau sekitar Rp632 miliar. 

Alasan Chelsea merekrutnya adalah penampilan sang wonderkid bersama AS Monaco di Liga Prancis musim 2022/2023. Dia juga cukup piawai dalam membantu serangan tim.


2. 2. Tiemoue Bakayoko

Wesley Fofana saat laga Liga Inggris antara Crystal Palace vs Chelsea. (Reuters/Hannah Mckay)

Di musim panas 2017, Chelsea merekrut Tiemoue Bakayoko dengan alasan yang sama seperti kala merekrut Badiashile di tahun ini. 

Klub bahkan harus menggelontorkan 40 juta euro ke AS Monaco. Meski harganya termahal di urutan kedua, dia gagal beradaptasi dengan baik di Stamford Bridge. 

Bakayoko malah lebih sering dipinjamkan ke berbagai klub sampai sekarang. Sejak musim panas 2021, dia dipinjamkan ke AC Milan hingga musim panas 2023 mendatang. 

Baca Juga

1. Wesley Fofana

Nama terakhir baru saja direkrut Chelsea pada musim panas 2022, yakni Wesley Fofana. Dia mengikuti jejak Kante, yakni gabung The Blues dari Leicester City. 

Untuk merekrutnya, Chelsea tampaknya terburu-buru karena mengeluarkan dana hingga 80 juta euro atau mencapai Rp1,3 triliun. 

Benar saja, harga tersebut terlampau mahal jika melihat performa Fofana sejauh musim ini. Dia belum memberikan pengaruh berarti, apalagi sekarang mengalami cedera lutut parah.

PrancisChelseaClaude MakeleleN'Golo KanteLiga InggrisBenoit Badiashile

Berita Terkini