x

Kapten Timnas U-16 Raih Beasiswa Puskas Academy ke Hungaria: Terima Kasih Barito!

Kamis, 19 Januari 2023 17:46 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Kapten Timnas Indonesia U-16, M. Iqbal Gwijangge (tengah ) dalam pertandingan kontra Guam di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). Iqbal kini mendapat beasiswa Puskas Academy ke Hungaria. (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - Kapten Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022 lalu, Muhammad Iqbal Gwijangge resmi meraih beasiswa Puskas Academy ke Hungaria.

Muhammad Iqbal Gwijangge yang baru saja direkrut oleh Barito Putera, akan menjalani latihan bersama Puskas Academy selama enam bulan, hingga Agustus 2023 nanti.

Undangan beasiswa untuk Iqbal Gwijangge datang melalui surat yang terbit pada 29 Desember 2022 lalu, ditanda tangani oleh Direktur Puskas Academy, Dezso Liszkai.

Berdasarkan rilis yang diterima oleh media olahraga INDOSPORT, ini merupakan kali perdana Puskas Academy menerima pemain binaan dari luar Hungaria.

Diketahui sebelumnya, akademi sepak bola usia muda yang dibentuk Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban itu tidak pernah menerima anak didik dari luar negeri.

Baca Juga

Hal itu tak lepas dari tujuan pendirian Puskas Academy, yang diharapkan bisa menjadi tonggak kembalinya kejayaan sepak bola Hungaria di kancah dunia.

Oleh sebab itu, pemberian beasiswa untuk Iqbal Gwijangge boleh dikatakan sebagai sejarah, kali pertama Puskas Academy menerima anak didik dari luar negeri.

Baca Juga

"Alhamdulillah saya senang sekali, Mama saya juga senang sekali mendapatkan kabar tersebut," ungkap Iqbal Gwijangge dalam cuplikan wawancara di Youtube Barito.

"Tidak disangka-sangka, berkat rezeki dari Allah juga, dan hasil kerja keras saya selama ini, alhamdulillah saya bisa mendapatkan beasiswa itu," ucap kapten Timnas U-16.

Tak sendiri, Iqbal Gwijangge menerima beasiswa Puskas Academy ke Hungaria bersama Eriko Sulastiano, top skorer Elite Pro Academy U-16 dari tim Persib Bandung.

Baca Juga

1. Peran Barito Putera bagi Iqbal Gwijangge

Barito Putera resmi mengontrak Kapten Timnas Indonesia U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge. (Foto: Barito Putera)

Muhammad Iqbal Gwijangge menuturkan bagaimana ia bisa mendapatkan beasiswa pelatihan Puskas Academy ke Hungaria.

Menurutnya, hal ini tak lepas dari kiprahnya bersama Timnas Indonesia U-16, menjadi juara di Piala AFF U-16 2022. Kala itu, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Kemudian, Iqbal Gwijangge direkrut oleh Barito Putera. Manajemen Barito juag turut merekomendasikan Iqbal untuk mendapat beasiswa Puskas ke Hungaria, melalui PSSI.

"Mungkin cerita awalnya dari Piala AFF U-16 kemarin, saya juara bersama Timnas U-16, dan alhamdulillah saya mendapatkan predikat pemain terbaik," jelas Iqbal.

"Mungkin dari situ saya diambil untuk mendapatkan beasiswa ke Hungaria," ujar pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu.

Baca Juga

Iqbal Gwijangge juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan rekomendasi yang diberikan oleh manajemen Barito Putera, melalui CEO klub, Hasnuryadi Sulaiman.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih juga pada Pak Hasnur, Pak Ainul, buat pelatih, karena saya mendapatkan beasiswa ini melalui jalur Barito Putera," ucapnya.

Baca Juga

"Mereka merekomendasikan saya kepada PSSI agar saya bisa mendapatkan beasiswa ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Barito Putera," sambung Iqbal Gwijangge.

"Semoga harapan kedepannya, saya bisa mendapatkan ilmu yang lebih baik lagi."

"Agar bisa diterapkan bagi diri saya sendiri, dan bisa saya bagikan pada teman-teman di Barito Putera maupun di Indonesia, dan yang ingin jadi pesepak bola profesional."

Baca Juga
Barito PuteraHungariaTimnas Indonesia U-16Bola InternasionalMuhammad Iqbal

Berita Terkini