x

Kalahkan Persija di Maguwoharjo, Leonardo Bicara Aktivitas Transfer Persis Solo

Jumat, 20 Januari 2023 19:23 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pertandingan Persis Solo melawan Persija Jakarta di Maguwoharjo.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, memastikan timnya tak butuh tambahan pemain baru di sisa Liga 1 2022/2023. Kemenangan atas Persija Jakarta 1-0 menjadi bukti bahwa Laskar Sambernyawa sangat percaya Alexis Messidoro dkk.

Persis Solo mencatatkan hasil bagus dalam tiga partai terakhir. Juara Liga 2 2021 ini sukses mengamankan tujuh poin yang membuat mereka menjauhi tim-tim zona bawah.

Progres ini membuat Persis Solo tambah yakin untuk tak aktif pada bursa transfer tengah musim. Situasi ini cukup berbeda bila dibandingkan tim-tim lain yang saling bertukar amunisi, atau mengambil pemain dari klub Liga 2.

Satu-satunya aktivitas yang dilakukan Persis Solo justru melepas Kevin Gomes yang berposisi sebagai bek kiri. Kevin sulit mendapat menit bermain karena performa impresif Muhammad Abduh Lestaluhu.

Leonardo Medina menegaskan sikap untuk pasif pada bursa transfer. Penambahan pemain tak bisa langsung otomatis menghadirkan prestasi bagi Persis Solo.

Baca Juga

"Tidak adanya transfer pemain tidak menjadikan tekanan buat kami," kata Leonardo Medina, Kamis (19/1/23) malam.

Pelatih asal Meksiko itu cukup percaya dengan performa skuat yang ada di tim saat ini. Situasi ini ditunjukkan dengan seringnya rotasi pemain, terutama di sektor tengah.

Baca Juga

Ketika Irfan Bachdim dan Irfan Jauhari cedera, tak sulit bagi Persis Solo mendapatkan penggantinya. Samsul Arif justru menjadi pencetak gol kemenangan atas Persija.

"Kami percaya dan yakin dengan kemampuan penggawa Persis Solo yang dimiliki saat ini, karena diisi pemain-pemain bagus," tegas Leonardo.

Ketika gaya bermain tim belum 100 persen sesuai keinginan pelatih, solusinya adalah berbenah dalam latihan.

Baca Juga

1. Belum Puas

Pertandingan Persis Solo melawan Persija Jakarta di Maguwoharjo.

Leonardo menuturkan, meski menang atas Persija, secara keseluruhan Persis Solo belum bermain sesuai keinginan tim pelatih.

"Kita memang menang, tapi kita tidak bermain dengan gaya yang kita inginkan, karena masih berikan ruang pada Persija untuk mencetak peluang, menguasai penguasaan bola dan bermain menyerang," jelas Leonardo.

Setelah melawan Persija, Persis Solo akan bersua Persikabo 1973 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (23/1/23).

Leonardo berharap catatan positif yang ditunjukkan dalam tiga partai terakhir bisa kembali dilanjutkan. Ia ingin tim menang dengan gaya yang ditentukan sejak masa persiapan.

"Kita ingin menciptakan permainan dengan menyerang, menguasai penguasaan bola dan menciptakan banyak peluang.  Jadi, catatan selanjutnya adalah tim bisa menang dengan gaya yang diinginkan pelatih," tegas Leonardo.

Tambahan tujuh poin dalam tiga partai terakhir membuat Persis Solo tetap berada di peringkat ke-12 dengan 23 poin.

Namun, Persis Solo memiliki koleksi poin yang sama dengan PSIS Semarang dan Persikabo 1973. Persis Solo hanya kalah head to head saja dengan Persikabo 1973.

Jika sukses menang atas Persikabo 1973, Persis Solo punya peluang besar untuk merangsek ke posisi sepuluh besar.

Dalam sejarah tim promosi di Liga 1, PSS Sleman menjadi tim dengan prestasi terbaik. Pada Liga 1 2019, PSS Sleman berada di peringkat ke delapan dengan 48 poin dari 34 laga.

Persija JakartaPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini