x

Sudah Antisipasi Arema FC, PSIS Semarang Siap Turunkan Pasukan Baru Lagi

Sabtu, 21 Januari 2023 13:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
PSIS Semarang memberi sinyal pasukan baru akan ditampilkan saat melawan Arema FC pada lanjutan Liga 1 2022/2023.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang memberi sinyal pasukan baru akan ditampilkan saat melawan Arema FC pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (21/01/23). Performa Luthfi Kamal dkk. dinilai cukup memuaskan.

PSIS langsung memainkan lima pilar baru saat melawan Rans Nusantara FC, Senin (16/01/23). Keputusan itu terbukti tepat karena PSIS sukses menang 1-0 lewat gol Carlos Fortes.

Ada tiga pemain yang langsung mendapat kepercayaan main 90 menit. Para pemain itu adalah Luthfi Kamal Baharsya, Muhammad Adi Satryo dan Bayu Mohamad Fiqri.

Sementara dua nama lain, Meru Kimura bermain 57 menit dan Ryo Fujii main 82 menit. Ridwan menjelaskan keputusan untuk langsung memainkan lima nama baru.

"Mereka sudah gabung dengan tim sejak jauh-jauh hari, jadi kita anggap mereka sudah klop, sudah menyatu, makanya kita mainkan," kata perwakilan pelatih PSIS, Muhammad Ridwan, Jumat (20/1/23).

Baca Juga

Dari gameplan yang diberikan, Ridwan menilai para pemain baru bisa menjalankan dengan bagus saat melawan Rans Nusantara FC.

"Luthfi main 90 menit, Adi 90 menit dan Bayu 90 menit. Untuk Meru dan Ryo, mereka kita ganti bukan karena performanya tidak bagus, tapi kebugarannya yang kurang mendukung," ujar Ridwan.

Baca Juga

"Mungkin intensitas latihan saat jeda kompetisi tidak maksimal. Sementara untuk Ryo, kompetisi terakhir yang dia jalani sudah awal Desember. Jadi, kalau ditanya puas atau tidak, overall saya merasa puas," lanjut mantan winger Timnas Indonesia ini.

Terkait kesiapan Luthfi Kamal dkk, Ridwan memastikan PSIS sudah memanfaatkan masa persiapan dengan baik. Ridwan fokus memperbaiki kekurangan dari performa melawan Rans Nusantara FC.

"Kita juga sudah persiapkan cara untuk mengantisipasi bagaimana Arema bermain, dan pada latihan terakhir kita gunakan untuk mempertajam lagi konsep permainan yang akan kita bawa dalam pertandingan," jelas Ridwan.

Baca Juga

1. Tak Terpengaruh Situasi

Prediksi pertandingan antara PSIS Semarang vs Arema FC (BRI Liga 1).

Ridwan pun menegaskan bahwa PSIS tak terpengaruh pada situasi kompetisi di mana komite eksekutif (Exco) PSSI sudah mengumumkan tak ada degradasi pada Liga 1 2022/2023.

"Saya selalu katakan pada pemain tentang mentalitas sebagai pemenang. Jangankan pertandingan ini, dalam latihan pun kita coba menanamkan mentalitas itu," kata Ridwan.

Dalam game internal saat latihan, para pemain biasanya dibagi ke dalam dua tim berbeda. Ridwan sudah melihat semua pemain tak mau kalah, bahkan dalam sesi latihan.

"Jadi kalau ditanya lebih jauh ada atau tidak adanya degradasi apakah mempengaruhi mood pemain? Sama sekali tidak. Bahkan dalam latihan saja tim berikan 100 persen," ucap Ridwan.

"Target tim tidak berubah. Di setiap laga harus memenangkan pertandingan," lanjut sosok yang tampil apik bersama Timnas Indonesia pada Piala AFF 2010 lalu.

Baca Juga

Ditambahkan gelandang PSIS, Luthfi Kamal, para pemain sudah siap kerja keras melawan Arema FC. Skuat Mahesa Jenar akan memberikan yang terbaik ketika main dihadapan publik sendiri.

"Kita semua tahu bahwa Arema adalah tim yang bagus, tapi kita sudah mengantisipasi dalam latihan untuk menghadapi mereka. Semoga kami bisa memenangkan pertandingan," kata Luthfi Kamal.

Baca Juga

Carlos Fortes menjadi salah satu sosok yang diharapkan bisa jadi pemecah kebuntuan saat melawan Arema FC pada laga pekan ke-19 Liga 1 2022/2023.

Bomber asal Portugal ini sudah pecah telur ketika sukses membobol gawang Rans Nusantara di Liga 1. Gol tercipta untuk PSIS Semarang setelah Carlos Fortes berhasil memanfaatkan umpan Taisei Marukawa.

Baca Juga
PSIS SemarangLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini