x

Nick Kuipers Diganjar Kartu Kuning Kedua, Luis Milla Pertanyakan Keputusan Wasit

Minggu, 22 Januari 2023 14:01 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Pelatih Persib, Luis Milla bersama penjaga gawang Teja Paku Alam.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung harus bermain dengan 10 orang di menit 86, pada pertandingan tandang putaran kedua Liga 1 2022-2023 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Jumat (20/01/23).

Skuad Maung Bandung terpaksa bermain dengan 10 pemain, lantaran Nick Kuipers mendapatkan kartu kuning kedua. Sebelumnya, bek asal Belanda itu sudah mendapatkan kartu kuning di menit 48.

Pelatih Persib, Luis Milla, menilai pelanggan yang dilakukan oleh Nick Kuipers di menit 86 tidak seharusnya diganjar kartu kuning. 

"Apa menurut kamu mengenai kartu kuning yang diberikan? Apakah itu patut diganjar kartu kuning kedua atau tidak? Kalau menurut saya sebagai pelatih itu bukan merupakan pelanggaran yang harus dihanjar kartu," kata Luis Milla.

Luis Milla menambahkan, pada pertandingan tersebut wasit mengambil keputusan yang kurang tepat. Menurutnya, wasit terlalu mudah mengeluarkan kartu bagi pemain, sehingga hal itu bisa merugikan tim.

Baca Juga

"Bagi saya, wasit melakukan kesalahan untuk tim kami. Dua pelanggaran, dua kartu dan pelanggaran kedua itu menurut saya tidak perlu mendapatkan kartu," ungkapnya.

Menurut Luis Milla, akibat kartu kuning kedua tersebut, Persib dipastikan tidak dapat menurunkan Nick Kuipers pada pertandingan selanjutnya di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Sebagai informasi, pada pertandingan selanjutnya, Persib akan menjamu Borneo FC di pekan ke-20 kompetisi Liga 1 2022-2023, Kamis (26/01/23).

"Setelah itu dia membiarkan tim kami bermain dengan sepuluh pemain. Bagi saya ini merupakan kesalahan besar dan Nick tidak bisa bertanding di laga berikutnya," ungkap Luis Milla.

"Untuk pelanggaran pertama mungkin itu bisa diberikan kartu kuning, tapi untuk yang kedua tidak, dia hanya berjuang memperebutkan bola," jelasnya.

Baca Juga

1. Harapan untuk Wasit Liga 1

Pertandingan pada BRI Liga 1 antara Madura United vs Persib Bandung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan. (Foto: MO Madura United)

Luis Milla menyadari, setiap orang bisa saja melakukan kesalahan termasuk wasit yang sedang memimpin pertandingan. Apalagi, dia memahami kerja sebagai pengadil di lapangan tidak mudah.

Namun, Luis Milla berharap kepada wasit agar bisa meminimalisir kesalahan, agar tidak ada tim yang dirugikan dalam pertandingan.

"Dalam sepak bola, bisa saja pelatih dan pemain melakukan kesalahan, begitu pula wasit dan karena ini Nick tidak bisa bermain dalam laga berikutnya. Tapi jangan salah paham, saya respek kepada wasit dan saya juga tahu betapa sulitnya pekerjaan itu. Tapi mohon untuk bisa mengambil keputusan dengan tepat," tegasnya.

Sementara itu, pada pertandingan tandang putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 tersebut, skuad Maung Bandung berhasil meraih poin penuh dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan Persib dicetak oleh David da Silva, saat memasuki menit 76 memanfaatkan kesalahan dari pemain belakang Madura United.

Baca Juga

Kemenangan atas Madura United tersebut membuat tim kebanggaan Bobotoh mampu melanjutkan tren positif di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Hasil tersebut, membuat Persib selama ditangani oleh Luis Milla tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023. Sebelumnya, Marc Klok dan kolega sudah meraih delapan kemenangan dan dua kali imbang.

Baca Juga

Selain itu, tambahan tiga poin dari pertandingan tersebut, membuat Persib semakin dekat ke puncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023. 

Saat ini, skuad asuhan Luis Milla naik ke posisi 3 dengan mengumpulkan 36 poin, sama dengan jumlah poin yang dikumpulkan Madura United di peringkat 2.

Sedangkan untuk pemuncak klasemen sementara kompetisi Liga 1 2022-2023, hingga memasuki pekan ke-19, posisi 1 masih ditempat oleh PSM Makassar dengan mengoleksi 38 poin.

Madura United dan PSM Makassar sudah bermain dalam 19 pertandingan, sedangkan Persib baru 18 laga, lantaran game menghadapi Bhayangkara FC ditunda. Sehingga, tim Maung Bandung berpeluang untuk naik ke puncak klasemen.

Baca Juga
Persib BandungLuis MillaMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Nick Kuipers

Berita Terkini