x

3 Jebolan Jong KAA Gent yang Jadi Bintang Eropa, Marselino Ferdinan Selanjutnya?

Jumat, 27 Januari 2023 17:43 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan usai mencetak ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM – Terdapat tiga jebolan Jong KAA Gent yang berhasil menjadi bintang Eropa. Akankah Marselino Ferdinan jadi yang selanjutnya?

Seperti yang diketahui, belakangan muncul rumor yang mengatakan bahwa wonderkid Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, akan merumput di Belgia.

Rumor ini pun kian menjadi kenyataan setelah pemain berusia 18 tahun itu meninggalkan timnya, Persebaya Surabaya, dan bertolak ke Belgia.

Dilansir dari media Belgia, GVA, dilaporkan bahwa tim papan atas Belgia, KAA Gent, akan menjadi pelabuhan Marselino.

Bahkan media Belgia itu mengklaim bahwa Marselino akan menjalani serangkaian tes dengan klub yang kini menghuni peringkat keempat Liga Belgia atau Jupiler Pro League.

Baca Juga

Namun Marselino Ferdinan kabarnya tak akan masuk ke tim utama KAA Gent begitu saja, andai dirinya lolos dalam tes nanti.

Kabarnya, Marselino akan masuk ke tim muda KAA Gent, yakni Jong KAA Gent, yang berkiprah di kasta ketiga Liga Belgia atau 1ste Nationale.

Baca Juga

Meski hanya akan bergabung tim muda KAA Gent, hal ini dianggap sebagai langkah tepat bagi karier pemain muda yang masuk daftar 60 wonderkid terbaik dunia 2021 versi The Guardian tersebut.

Apalagi jika melihat fakta bahwa KAA Gent kerap melahirkan banyak pemain yang kini berhasil menjadi bintang di sepak bola Eropa.

Siapa saja jebolan Jong KAA Gent yang berhasil jadi bintang Eropa? Akankah Marselino Ferdinan jadi pemain selanjutnya?

Baca Juga

1. Bomber Timnas Kanada di Piala Dunia 2022

Pemain Kanada Jonathan David saat laga melawan Maroko. (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

1. Jonathan David

Bagi penikmat Liga Prancis atau Ligue 1, tentu tak asing dengan nama Jonathan David, penyerang yang saat ini membela Lille.

Pemain berusia 23 tahun itu diketahui dulunya sempat membela Jong KAA Gent, usai diboyong oleh KAA Gent pada 2018 dari Ottawa ISC.

Usai menimba ilmu di Jong KAA Gent, penyerang Timnas Kanada di Piala Dunia 2022 ini mampu tampil gemilang di tim utama dengan mencetak 37 gol dan 15 assist dari 83 laga.

Catatan itu kemudian membuat namanya melambung, dan Lille kemudian merekrutnya pada 2020 dengan mahar 27 juta euro pada musim panas 2020.

Kini, Jonathan David mampu menjelma menjadi penyerang tajam Lille dan juga menjadi incaran berbagai klub, termasuk salah satunya AC Milan.

Baca Juga

2. Ibrahima Cisse

Jong KAA Gent juga pernah melahirkan bek muda berbakat yang kini menjadi andalan tim asal Jerman, Schalke 04, pada diri Ibrahima Cisse.

Bek berusia 21 tahun ini merupakan bek berpaspor Mali yang lahir di Prancis. Ia pun mengawali kariernya di tanah kelahirannya itu.

Baca Juga

Semula, Ibrahima Cisse mengawali karier di Chateauroux B, sebelum akhirnya diboyong oleh KAA Gent untuk masuk ke tim mudanya, Jong KAA Gent pada 2019.

Hanya butuh waktu tiga tahun saja, bek berpaspor Mali ini menarik atensi Schalke 04 yang kemudian merekrutnya pada musim panas 2022.

Meski belum masuk tim utama, Ibrahima Cisse mampu tampil gemilang bagi tim muda Schalke 04, dan berpotensi menembus tim utama di musim ini karena kemampuannya dan posturnya yang menjulang, yakni 1,96 meter.

Baca Juga

2. Bomber Legendaris Napoli

Dries Mertens berselebrasi usai mencetak gol di laga semifinal Coppa Italia antara Napoli vs Inter Milan

3. Dries Mertens

Bagi penikmat Liga Italia, nama Dries Mertens adalah seorang legenda, karena pencapaiannya bersama Napoli sejak 2013 hingga 2022.

Sebelum membela Napoli, Dries Mertens dulunya adalah jebolan Jong KAA Gent. Ia sempat menimba ilmu di klub ini sejak 2003 hingga 2007.

Setelah membela Jong KAA Gent, pemain berusia 35 tahun ini mulai berpetualang ke Belanda, sebelum akhirnya berlabuh ke Napoli pada 2013.

Sejak bergabung Napoli, dirinya mampu menjadi salah satu pemain terbaik lewat gol-golnya. Bahkan, Mertens mampu menjadi top skor sepanjang masa Partenopei dengan 148 gol.

Kini Dries Mertens sendiri masih dikenal khalayak ramai. Ia masih melanjutkan kariernya di Eropa bersama tim Turki, Galatasaray.

Tapi sempat beredar kabar bahwa Mertens hampir berkarier di Liga 1 bersama sang juara bertahan, yakni Bali United pada musim panas 2022 lalu.

Persebaya SurabayaTimnas IndonesiaKAA GentBola InternasionalMarselino FerdinanOne FootballJong KAA Gent

Berita Terkini