x

Makin Gacor, 3 Alasan Eddie Nketiah Layak Jadi Striker Utama Arsenal

Jumat, 27 Januari 2023 15:14 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi Eddie Nketiah usai mencetak gol di laga Piala FA 2022/23 Oxford United vs Arsenal (10/01/23). (Foto: Reuters/John Sibley)

INDOSPORT. COM - Berkat penampilan apik yang ditunjukkannya belakangan, Eddie Nketiah sepertinya mulai layak dipertimbangkan untuk menjadi penyerang utama Arsenal.

Ada satu pemain yang layak disebut sebagai pahlawan kemenangan Arsenal atas Manchester United di Liga Inggris pekan lalu. Yaitu dia adalah Eddie Nketiah yang mencetak 2 gol atau brace di balik kemenangan dramatis Arsenal.

Bertanding ketat, Arsenal mampu sudahi perlawanan Manchester United dengan skor 3-2. Eddie Nketiah menjadi bintang kemenangan Arsenal pada laga lawan Manchester United berkat torehan brace yang ia cetak.

Baca Juga

2 gol itu sangat penting bagi Arsenal karena jika Nketiah tidak bisa cetak gol, bisa saja mereka dikalahkan oleh Manchester United. Sehingga peran Eddie Nketiah dalam kemenangan Arsenal atas Manchester United sangatlah penting.

Padahal Eddie Nketiah bukanlah striker utama Arsenal mengingat ia kalah saing dengan Gabriel Jesus. Sejak awal musim, Gabriel Jesus lebih banyak dipilih pelatih Mikel Arteta menjadi striker utama Arsenal.

Namun melihat performa memukau Eddie Nketiah membuat dirinya sepertinya layak jika harus menjadi striker utama Arsenal. Setidaknya ada 3 alasan mengapa Eddie Nketiah layak menjadi striker utama Arsenal ketimbang Gabriel Jesus.


1. Eddie Nketiah Lebih Tajam

Aksi Eddie Nketiah dalam laga Liga Europa 2020/2021 antara Arsenal vs Dundalk.

Pertama, Eddie Nketiah untuk musim ini terlihat lebih tajam ketimbang Gabriel Jesus. Secara statistik, Eddie Nketiah mampu cetak 9 gol di berbagai ajang musim ini termasuk Liga Inggris.

Sedangkan Gabriel Jesus hanya mampu cetak 5 gol saja di berbagai ajang musim ini termasuk Liga Inggris. Secara tidak langsung itu membuktikan Eddie Nketiah untuk saat ini terlihat lebih tajam dibanding Gabriel Jesus.

Sebenarnya itu bisa dijawab dengan Gabriel Jesus yang lebih sering bermain melebar, sedangkan Eddie Nketiah adalah the real striker. Tapi memang jika ditilik lebih jauh, untuk urusan finishing, Eddie Nketiah lebih mematikan dibanding Gabriel Jesus. 

Torehan gol yang lebih banyak sudah menjadi bukti betapa tajamnya seorang Eddie Nketiah. Tentu ada alasan lain yang membuat Eddie Nketiah bisa lebih layak jadi striker utama ketimbang Gabriel Jesus. 

Baca Juga

Bisa Jadi Big Game Player

Yaitu Eddie Nketiah terbukti bisa menjadi big game player atau pemain yang diandalkan pada laga besar nan menentukan. Itu bisa dilihat bagaimana Eddie Nketiah bisa mencetak 2 gol kemenangan Arsenal atas Manchester United.

Untuk mencetak gol ke gawang tim pada laga big match tidaklah pernah mudah. Pasalnya dibutuhkan mental dan ketenangan untuk mencetak gol pada laga yang penuh tekanan seperti big match.

Dan Eddie Nketiah telah membuktikan kalau ia mampu menjadi big game player, bisa bersinar ketika dalam laga yang sangat menentukan. Memang Gabriel Jesus juga mampu cetak gol saat Arsenal kalahkan Tottenham Hotspur tahun lalu.

Tapi melihat performa super Manchester United, rasanya apa yang dilakukan oleh Eddie Nketiah lebih sulit. Apalagi Gabriel Jesus hanya mencetak satu gol saat lawan Tottenham, sedangkan Nketiah cetak brace lawan Manchester United.


2. Masa Depan Eddie Nketiah Masih Panjang

Selebrasi Eddie Nketiah (kanan) di laga Arsenal vs Bodo/Glimt (07/10/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

Terakhir, masa depan Eddie Nketiah masih panjang alias bahkan lebih panjang ketimbang Gabriel Jesus. Itu terlihat bagaimana usia Eddie Nketiah lebih muda ketimbang Gabriel Jesus.

Saat ini, Eddie Nketiah baru berusia 23 tahun atau lebih muda 2 tahun dengan Gabriel Jesus. Usia yang lebih muda membuat Eddie Nketiah masih punya waktu lebih panjang untuk berkembang lagi bersama Arsenal.

Baca Juga

Usia yang lebih muda juga membuat Eddie Nketiah harusnya lebih mudah dalam memahami apa isi taktik pelatih Mikel Arteta. Eddie Nketiah bisa menjadi striker masa depan Arsenal dan bahkan Timnas Inggris.

Asalkan Eddie Nketiah bisa konsisten menampilkan performa terbaiknya, setidaknya seperti lawan Manchester United. Jika itu bisa dilakukan maka Eddie Nketiah bisa menjadi penerus nomor 14 Arsenal sesungguhnya yaitu Thierry Henry.

ArsenalMikel ArtetaLiga InggrisEddie Nketiah

Berita Terkini