x

Marselino Ferdinan dan Deretan Pemain Timnas Indonesia yang Layak Main di Luar Negeri

Jumat, 27 Januari 2023 15:06 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan usai mencetak ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain Timnas Indonesia sepertinya punya kemampuan yang cukup layak untuk menjalani karier level klub di luar negeri.

Skuad Timnas Indonesia saat ini banyak dihuni pemain berbakat yang sudah dipoles Shin Tae-yong. Oleh karena itu tak heran jika banyak anggota skuad Timnas Indonesia saat ini bermain di luar negeri.

Ambil contoh saja Jordi Amat, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam hingga Witan Sulaeman. Keempat anggota skuad asuhan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu saat ini bermain di luar negeri.

Baca Juga

Jordi Amat membela Johor Darul Tazim di Malaysia, Asnawi Mangkualam Bahar di Ansan Greners (Korea Selatan), Pratama Arhan dengan Tokyo Verdy (Jepang) dan Witan Sulaeman (AS Trencin di Slovakia). Sebenarnya selain keempat pemain tadi, pemain Timnas Indonesia lainnya juga rasanya layak jika harus main di luar negeri.

Hal itu dikarenakan di tangan Shin Tae-yong, sejumlah pemain Timnas Indonesia alami kenaikan performa dan kemampuannya. Bermain di luar negeri akan membantu perkembangan pemain Timnas Indonesia.

Pasalnya bermain di luar negeri akan membuat kemampuan pemain Timnas Indonesia itu tersebut belajar banyak terutama dalam hal peningkatan kemampuan. Sehingga bermain di luar negeri dapat memberi dampak positif pada perkembangan pemain Timnas Indonesia yang saat ini hanya main di Indonesia saja.

Di skuad Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong saat ini, ada beberapa nama yang layak jika diberi kesempatan main di luar negeri. Siapa saja? Berikut adalah 3 pemain Timnas Indonesia yang layak main di luar negeri.


1. Rizky Ridho

Rizky Ridho di TC Timnas U-23

Pertama ada bek Persebaya Surabaya yaitu Rizky Ridho yang juga menjadi andalan di Timnas Indonesia. Meski tak selalu jadi pemain inti Timnas Indonesia pilihan Shin Tae-yong, tapi potensinya sebagai bek berkualitas sangat terlihat.

Terutama saat membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Di mana pada saat itu, Rizky Ridho tampil apik saat mengawal pertahanan Timnas Indonesia melawan Kuwait pada laga kualifikasi Piala Asia 2023.

Bertindak sebagai tim tamu, Rizky Ridho tetap tenang meski terus ditekan dan diserang oleh barisan penyerang Kuwait. Meski postur tubuhnya tidak terlalu tinggi, tapi Rizky Ridho mampu memenangi duel udara melawan pemain Kuwait.

Padahal pemain Kuwait memiliki tinggi badan rata-rata jauh di atas pemain Timnas Indonesia. Timing ketika melawan duel udara membuat Rizky Ridho mampu mengimbangi postur pemain Kuwait, hal itu bisa menjadi modal baginya jika dapat kesempatan main di luar negeri.

Baca Juga

Marselino Ferdinan

Bintang Timnas U-20, Marselino Ferdinan saat Lakoni Uji Coba di Turki

Selanjutnya ada pemain Persebaya Surabaya lainnya yaitu Marselino Ferdinan. Bintang muda Timnas Indonesia yang satu ini sebenarnya memang potensinya sudah terlihat sejak beberapa tahun lalu.

Bahkan media luar negeri seperti The Guardian memasukkan nama Marselino Ferdinan ke dalam daftar 60 pemain muda paling menjanjikan. Memang harus diakui Marselino Ferdinn memiliki kematangan dalam bermain yang sangat dewasa.

Berkali-kali Marselino Ferdinan mampu mengalirkan serangan meski mendapat banyak tekanan dari lawan. Usianya mungkin belum sampai 20 tahun, tapi pergerakannya mencerminkan gaya main pemain yang usianya sudah jauh lebih matang.

Tak heran di Piala AFF 2022 lalu, berkali-kali Marselino Ferdinan mendapat kepercayaan oleh Shin Tae-yong untuk perkuat Timnas Indonesia. Melihat kematangannya dalam bermain, sudah seharusnya Marselino Ferdinan layak dimainkan di luar negeri jika dapat kesempatan.


2. Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Terakhir ada striker muda Timnas Indonesia yaitu Ramadhan Sananta. Nama Ramadhan Sananta mencuat setelah ia tampil memukau bersama PSM Makassar di Liga 1 2022-2023.

Sebenarnya penampilan Ramadhan Sananta  bisa dikatakan masih sangat mentah atau terlalu muda dan minim jam terbang. Tapi jika hanya bicara potensi saja, sebenarnya apa yang ditunjukkan Ramadhan Sananta sangat baik.

Baca Juga

Ramadhan Sananta punya keberanian untuk berduel dengan pemain lawan. Bahkan tak segan-segan untuk langsung menembak bola jika memang dapat celah buat cetak gol.

Timnas IndonesiaBola InternasionalMarselino FerdinanShin Tae-yong

Berita Terkini