x

Beerschot VA, Calon Klub Baru Marselino Ferdinan di Eropa usai Hengkang dari Persebaya

Selasa, 24 Januari 2023 20:52 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Beerschot VA, klub top Liga Belgia yang bakal jadi pelabuhan baru Marselino Ferdinan di Eropa usai hengkang dari Persebaya.

INDOSPORT.COM – Mengenal profil singkat Beerschot VA, klub top Liga Belgia calon pelabuhan baru bintang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di Eropa andai resmi hengkang dari Persebaya.

Nama bintang muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan sedang jadi pembicaraan terutama para pecinta sepak bola Tanah Air.

Pasalnya, pemain berusia 18 tahun tersebut dikabarkan bakal segera hengkang dari klubnya saat ini, Persebaya dan akan memperkuat salah satu tim di Eropa.

Penampilan Marselino Ferdinan sejauh ini memang sukses menarik perhatian. Di level klub misalnya, Marselino Ferdinan berhasil mencetak tiga gol dan dua assist di sepanjang gelaran Liga 1 2022-2023.

Sementara untuk level timnas, tercatat Marselino Ferdinan adalah pencetak gol termuda untuk Timnas Indonesia serta mampu tampil di tiga kelompok umur mulai dari U-16 hingga senior.

Baca Juga

Melihat kualitasnya tersebut, tak heran jika bakat Marselino Ferdinan mampu menyita perhatian klub Eropa dan bahkan pihak Persebaya sudah mengkonfirmasi jika pemain muda mereka bakal segera memulai petualangan di kompetisi Benua Biru.

Hal ini dikonfirmasi oleh manajer Persebaya Surabaya, Yahya Alkatiri. Ia menuturkan jika ada dua tim asal Eropa yang tertarik untuk merekrut wonderkid Timnas Indonesia itu.

Baca Juga

Salah satunya, datang dari Liga Belgia. Marselino dikatakan sudah mengantongi izin dari manajemen Persebaya untuk pergi ke Belgia di tanggal 25 Januari mendatang.

Seiring waktu, mulai terungkap bahwa klub yang berminat pada Marselino Ferdinan adalah klub Liga 2 Belgia, Beerschot VA.

Jika melihat dari trek rekornya, Beerschot VA bukanlah klub sembarangan di Liga Belgia, bahkan sempat wara-wiri di kasta teratas Belgian League.

Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut INDOSPORT mengulas profil Beerschot VA, klub Belgia yang bakal jadi destinasi baru Marselino Ferdinan:

Baca Juga

1. Profil Beerschot VA

Aksi bintang Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan di laga uji coba kontra Al Adalah FC (Foto: PSSI)

Melansir dari laman resmi klub, diketahui bahwa Beerschot VA merupakan salah satu klub Belgia yang masih terbilang muda dan baru seumur jagung.

Tercatat, Beerschot VA terbentuk pada tahun 2013 silam, yang artinya klub ini baru berusia 13 tahun sampai musim 22/23.

Meski terbilang klub baru, namun perjalanan Beerschot VA di kompetisi Liga Belgia terbilang cukup mentereng dan fantastis.

Memulai kompetisi dari First Provincial League atau kasta terendah Liga Belgia, Beerschot VA langsung sukses keluar sebagai juara dan meraih tiket promosi ke Fourth Division C. 

Tak cuma sekali, penampilan impresif Beerschot VA terus berlanjut selama tiga musim beruntun, tepatnya sampai kompetisi 2015/16 yang mengantarkan mereka promosi ke First Division B atau kasta kedua Liga Belgia.

Baca Juga

Selama lima musim pasca terbentuknya klub, Beerschot VA mampu mencapai level kedua Liga Belgia. Sebuah pencapaian yang terbilang sangat mengagumkan.

Tiga tahun bersaing di kasta kedua Liga Belgia, akhirnya pada musim 2019/20 silam Beerschot VA berhasil tampil di First Division A atau kasta teratas Liga Belgia dengan status juara.

Baca Juga

Keberhasilan Beerschot VA mendapat tiket promosi ke First Division A juga tak lepas dari peran Pangeran Abdullah bin Musa'ad bin Abdulaziz Al Saud, yang mengakuisisi klub pada 2018 lalu.

Dengan kekuatan uang dari sang Sultan Arab tersebut, Beerschot VA sukses menjadi juara First Division B setelah di partai final play off, mengalahkan OH Leuven dengan agregat 2-4.

Usai mendapat tiket promosi, Beerschot VA mampu bertahan di kasta teratas Liga Belgia selama dua musim sebelum akhirnya kembali degradasi ke First Division B pada musim ini.

Baca Juga

2. Kekuatan Beerschot VA Musim Ini

Aksi Marselino Ferdinan dalam pertandingan uji coba timnas Indonesia U-20 kontra Moldova.

Di musim 22/23, Beerschot VA yang bermain di kasta kedua Liga Belgia berpotensi besar untuk kembali promosi ke First Division A lantaran hingga pekan ke-18 masih kokoh di puncak klasemen.

Total dari 18 pertandingan, Beerschot VA berhasil mengumpulkan 35 poin hasil dari 11 kemenangan, lima kali kekalahan dan dua kali meraih hasil seri.

Beerschot VA juga mampu mencetak 30 gol dan hanya kebobolan 22 kali sejauh ini. Sang striker, Thibo Baeten menjelma sebagai mesin gol dengan torehan 11 gol.

Thibo Baeten hanya selisih satu gol dari penyerang Beveren, Thierno Barry yang kini masih kokoh di daftar top skor.

Berkaca dari profil Beerschot VA diatas, akankah Marselino Ferdinan mampu bersinar dan jadi bintang baru di Liga Belgia andai resmi bergabung musim ini? Menarik dinantikan.

BelgiaPersebaya SurabayaMarselino Ferdinan

Berita Terkini