x

Termasuk Untungkan Lawan, 3 Alasan Chelsea Harus Blokir Kepindahan Jorginho ke Arsenal

Selasa, 31 Januari 2023 16:29 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Jorginho saat laga Liga Champions antara Chelsea vs AC Milan

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada tiga alasan mengapa Chelsea harus memblokir kepindahan Jorginho ke rivalnya di Liga Inggris (Premier League), Arsenal jelang penutupan bursa transfer Januari 2023.

Pergerakan Chelsea yang ingin menggaet Enzo Fernandez dimanfaatkan Arsenal untuk memboyong wakil kapten rivalnya itu, yakni Jorginho.

Dilaporkan oleh David Ornstein dari The Athletic, klub berjuluk The Gunners ini menjadikan Jorginho sebagai opsi untuk menambah kedalaman skuad lini tengahnya.

Pemain berusia 31 tahun itu menjadi opsi cadangan andai Arsenal gagal menggaet Moises Caicedo dari Brighton jelang penutupan bursa transfer.

Namun dengan mepetnya waktu di bursa transfer Januari 2023 ini, Arsenal pun makin ngotot untuk mendatangkan pemain berpaspor Italia tersebut.

Baca Juga

Terlebih lagi Chelsea selaku klub pemiliknya tengah berupaya menuntaskan transfer Enzo, sehingga Arsenal akan memanfaatkan hal tersebut untuk membawa Jorginho yang kemungkinan akan tersisih.

Dilaporkan lebih lanjut, Chelsea juga kabarnya siap melepas Jorginho bila berhasil menuntaskan transfer Enzo dengan Benfica.

Baca Juga

Hanya saja, Chelsea meminta mahar kepada Arsenal. Harga sekitar 15-20 juta euro (Rp325 miliar) menjadi harga yang diminta oleh klub berjuluk The Blues tersebut.

Harga tersebut pun membuat Arsenal keberatan. Apalagi eks penggawa Napoli itu akan habis kontraknya pada Juni 2023 nanti.

Di tengah usaha Arsenal ini, ada tiga alasan mengapa Chelsea harus memblokir transfer Jorginho meski berhasil mendatangkan Enzo Fernandez. Apa saja alasan itu?

Baca Juga

1. Bikin Kuat Rival

Jorginho, pemain Chelsea. Foto: REUTERS/Andrew Boyers

1. Untungkan Arsenal

Chelsea harus memblokir transfer Jorginho di bursa transfer musim dingin 2023 ini agar tak membuat Arsenal menjadi lebih kuat.

Meski Jorginho kerap dipandang remeh karena fisik dan kontribusi golnya yang minim, ia merupakan pemain yang cocok bagi Arsenal.

Di bawah arahan Mikel Arteta, Arsenal memainkan permainan berbasis penguasaan bola dengan rata-rata 57,2 persen penguasaan bola per laga.

Dominasi Arsenal akan bola akan cocok dengan Jorginho yang dikenal sebagai salah satu Regista atau pengatur tempo terbaik di dunia sepak bola saat ini dengan rataan 71,83 operan per laga.

Sehingga, kepindahan Jorginho ini akan membuat Arsenal kian kuat dan Chelsea akan kesulitan saat bersaing dengan rival sekotanya itu di musim-musim mendatang.

Baca Juga

2. Krisis di Lini Tengah Chelsea

Dengan formasi andalan 3-4-3 ataupun 4-2-3-1, Chelsea tak punya lini tengah mumpuni seiring dengan badai cedera yang menimpa skuadnya.

Saat ini, di kubu Chelsea ada nama N’Golo Kante dan Denis Zakaria yang tengah cedera. Lalu ada nama seperti Ruben Loftus-Cheek dan Mateo Kovacic yang rentan kena cedera.

Baca Juga

Di sisi lain, Chelsea masih punya Conor Gallagher dan Mason Mount yang tak cocok bermain sebagai pemain nomor 6 dan 8.

Sehingga, Chelsea akan mendapat kerugian jika melepas Jorginho ke Arsenal di bursa transfer Januari 2023, kendati berhasil mendatangkan Enzo.

Sebab, Jorginho merupakan pemain yang hampir tak pernah cedera karena gaya permainannya yang tak mengandalkan fisik, melainkan menggunakan kecerdasannya sebagai pemain.

Baca Juga

2. Figur Senior di Klub

Jorginho, pemain Chelsea. Foto: REUTERS/Leonhard Foeger

3. Pemain Senior yang Dihormati

Meski kerap dianggap remeh di Liga Inggris, Jorginho merupakan figur penting di kamar ganti, setidaknya bagi para pemain Chelsea lainnya.

Hampir seluruh pemain muda Chelsea melihat Jorginho sebagai sosok yang dijadikan contoh di sesi latihan dan diidolai di kamar ganti.

Hal ini diakui oleh para pemain akademi Chelsea seperti Reece James, Derrick Abu, Lewis Hall, dan bahkan pemain muda yang baru bergabung dengan latihan tim utama The Blues, Jorginho.

Keempat pemain itu memandang Jorginho sebagai pemain terbaik di Chelsea dengan kualitasnya dan kemampuannya melepaskan operan serta kecepatannya mengubah permainan lewat bola.

Karena pengaruh Jorginho itu, dirinya pun menjadi andalan pelatih Chelsea seperti Thomas Tuchel hingga kini Graham Potter yang menjadikannya kapten tim.

Dengan kemampuan itu, ada baiknya Chelsea memblokir kepindahannya ke Arsenal dan menjadi Jorginho mentor Enzo Fernandez yang tengah akan diboyong The Blues.

Sebagai penerusnya, Enzo yang masih berusia muda, bisa belajar dengan Jorginho untuk menjadi Regista dan membantu juniornya itu beradaptasi jika bergabung Chelsea.

Bursa TransferChelseaArsenalLiga InggrisJorginhoOne Football

Berita Terkini