x

3 Alasan Bayern Munchen Sulit Pertahankan Gelar Juara Liga Jerman Musim Ini

Rabu, 1 Februari 2023 15:47 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pertandingan Liga Jerman Bayern Munchen vs Eintracht Frankfurt. REUTERS/Leonhard Simon

INDOSPORT. COM - Bayern Munchen merupakan juara bertahan sekaligus penguasa kompetisi Liga Jerman dalam beberapa musim terakhir. Namun skuad asuhan Julian Nagelsmann sepertinya akan kesulitan untuk mempertahankan gelar Liga Jerman musim ini.

Bayern Munchen saja dalam beberapa laga terakhir sulit untuk menang karena selalu ditahan imbang oleh lawan-lawannya. Hasil tak mampu meraih kemenangan tentu akan  menghambat Bayern Munchen untuk mempertahankan gelar Liga Jerman musim ini. 

Tentu itu menjadi sebuah ironi sekaligus realita yang tidak bagus untuk Bayern Munchen dalam menghadapi setengah musim ini. Bayern Munchen biasanya akan dibebankan misi untuk setidaknya menjuarai ajang atau kompetisi Liga Jerman.

Baca Juga

Tapi sepertinya di musim ini, situasinya akan berubah, terlalu banyak masalah dan musibah yang harus dihadapi oleh Bayern Munchen. Julian Nagelsmann pun sepertinya akan kesulitan untuk menemukan solusi atas semua masalah yang sedang menimpa Bayern Munchen musim ini. 

Padahal Bayern Munchen musim ini sebenarnya kedatangan pemain bintang macam Sadio Mane. Belum lagi pemain seperti Leroy Sane masih memperkuat Bayern Munchen musim ini sehingga peluang buat juara Liga Jerman sebenarnya masih terbuka. 

Bayern Munchen menghadapi sejumlah masalah serius pada musim ini. Di mana di antaranya merupakan penghambat Bayern Munchen untuk mempertahankan gelar juara Liga Jerman musim ini.


1. Susah Menang di Liga Jerman Musim Ini

Pertandingan Liga Jerman antara Bayern Munchen vs FC Koln. REUTERS/Lukas Barth

Pertama, Bayern Munchen terbukti sangat sulit untuk memenangkan sebuah pertandingan di Liga Jerman. Bayangkan saja, dalam 18 pertandingan yang sudah dimainkan oleh Bayern Munchen, mereka hanya mampu meraih 10 kemenangan saja. 

Memang Bayern Munchen masih memimpin klasemen sementara Liga Jerman musim ini. Akan tetapi Bayern Munchen hanya unggul tipis atas kompetitornya akibat hanya bisa menang 10 kali dari 18 pertandingan  Liga Jerman musim ini.

Dengan kata lain, persentase Bayern Munchen raih kemenangan hanya sedikit di atas 50 persen atau setengahnya saja. Bayern Munchen lebih hobi kumpulkan hasil imbang hingga tujuh kali yang artinya itu bisa menyulitkan  Bayern Munchen buat jadi juara Liga Jerman musim ini. 

Baca Juga

Kehilangan Manuel Neuer pada Posisi Penjaga Gawang Utama

Manuel Neuer di laga Liga Jerman Eintracht Frankfurt vs Bayern Munchen. Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach.

Selanjutnya, Bayern Munchen juga dihadapkan pada kehilangan Manuel Neuer sang penjaga gawang atau kiper utama tim. Seperti yang kita tahu jika Manuel Neuer dilaporkan alami cedera serius sehingga kemungkinan harus absen hingga akhir musim ini.

Bayern Munchen sebenarnya bergerak cepat  dengan langsung mendatangkan Yann Sommer dari Borussia Monchengladbach. Kiper Timnas Swiss itu diharapkan bisa menggantikan peran Manuel Neuer dengan baik sebagai penjaga gawang utama Bayern Munchen.

Memang Yann Sommer bukan kiper yang buruk tapi tetap saja kehilangan Manuel Neuer adalah pukulan telak bagi Bayern Munchen. Tidak adanya Manuel Neuer bisa membawa Bayern Munchen pada kehancuran musim ini yaitu gagal pertahankan gelar Liga Jerman. 


2. Banyak Pesaing Kuat yang Menempel Ketat Bayern Munchen

Penyerang Bayern Munchen, Sadio Mane, saat melakukan tendangan melawan Mainz 05 di Liga Jerman.

Terakhir adalah banyaknya pesaing kuat yang terus menempel ketat Bayern Munchen di Liga Jerman musim ini. Bayern Munchen memang masih memimpin klasemen sementara Liga Jerman, tapi hanya unggul tipis saja dari sejumlah pesaingnya. 

Setidaknya ada lima tim yang memiliki peluang untuk mengganggu hegemoni dan dominasi Bayern Munchen di Liga Jerman. Yaitu Union Berlin, RB Leipzig, Borussia Dortmund, SC Freiburg, hingga Eintracht Frankfurt. 

Baca Juga

Bayern Munchen jika tidak berhati-hati bisa tergeser oleh para pesaing kuatnya mereka saat ini. Apalagi Union Berlin dan Borussia Dortmund yang dianggap memiliki potensi terkuat untuk merusak dominasi Bayern Munchen selama ini di Liga Jerman.

Bayern MunchenManuel NeuerBola InternasionalLiga Jerman

Berita Terkini