x

Ini Alasan Utama Guardiola dan Man City Tendang Cancelo ke Bayern Munchen, Tegas atau Blunder?

Selasa, 31 Januari 2023 19:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Manchester City memutuskan melepas Joao Cancelo ke Bayern Munchen akibat perseteruannya dengan Pep Guardiola, tegas atau blunder?

INDOSPORT.COM – Manchester City memutuskan melepas Joao Cancelo ke Bayern Munchen akibat perseteruannya dengan Pep Guardiola. Tegas atau blunder?

Dilansir dari Sportbible, keputusan Man City melepaskan pemain versatile-nya itu akibat Cancelo membuat Guardiola naik pitam.

Perseteruan ini bermula kala tim berjuluk The Citizens itu berhasil meraih kemenangan di laga tandang kontra Chelsea pada ajang Liga Inggris 2022/23 (06/01/23).

Dalam duel itu, bek berusia 28 tahun itu dipasang oleh Guardiola sebagai winger kanan dalam formasi 3-2-4-1 yang ia gunakan.

Karena posisi yang jauh dari posisi naturalnya itu, Cancelo dikabarkan naik pitam, sehingga Guardiola pun meminta maaf di depan umum.

Baca Juga

“Saya meminta maaf kepada Joao (Cancelo), saya memintanya bermain di posisi yang tak biasa baginya,” ujar Guardiola kala itu.

Tapi permintaan maaf ini berujung pada perseteruan yang lebih lanjut antara Joao Cancelo dan Pep Guardiola, sehingga Manchester City melepasnya.

Baca Juga

Dilaporkan oleh The Athletic, Guardiola dan staf kepelatihan Man City merasa Cancelo mulai mengindahkan rapat ataupun instruksi dan bahasa tubuhnya menunjukkan pembangkangan.

Hal ini sendiri membuat Guardiola pun naik pitam, mengingat ia tak menyukai sikap buruk dari pemainnya yang bisa membuat kamar ganti memanas.

Alhasil, Joao Cancelo pun dilepas oleh Manchester City ke Bayern Munchen. Tapi, apakah keputusan ini menjadi bentuk sikap tegas Pep Guardiola atau hanya blunder semata?

Baca Juga

1. Cancelo Resmi ke Bayern Munchen

Joao Cancelo (kiri) berduel dengan Adam Armstrong (kanan) di laga Carabao Cup Southampton vs Manchester City (12/01/23). (Foto: REUTERS/David Klein)

Keputusan Guardiola dan Man City mendepak Cancelo ke Bayern Munchen pun menuai tanda tanya besar, karena terkesan mendadak.

Apalagi kepergiannya membuat Man City kekurangan kekuatan untuk bersaing memperebutkan gelar juara Liga Inggris 2022/23.

Kepergian Cancelo membuat Man City tak memiliki pemain Versatile atau serbaguna yang bisa bermain di posisi bek kanan dan bek kiri.

Terlebih lagi, di dua posisi itu, selain Kyle Walker dan Nathan Ake, Guardiola hanya memiliki pelapis pada sosok pemain muda, yakni Rico Lewis dan Sergio Gomez.

Sehingga, banyak yang meyakini bahwa keputusan Guardiola dan Man City melepas Cancelo merupakan hal blunder, alih-alih sebagai bentuk sikap tegas pelatih asal Catalan itu.

Baca Juga

Terlepas dari keputusan Man City itu, Cancelo sendiri kini telah resmi menjadi bagian Bayern Munchen, usai diumumkan pada 31 Januari 2023 waktu setempat.

Dilaporkan bahwa eks pemain Valencia ini datang dengan status pinjaman selama enam bulan atau hingga akhir musim 2022/23.

Baca Juga

Namun dalam peminjaman ini, Bayern Munchen memasukkan klausul opsi pembelian secara permanen di angka 70 juta euro (Rp1,1 triliun).

Angka sebesar ini untuk menebus kontrak Cancelo bersama Man City. Diketahui ia memiliki kontrak hingga tahun 2027 mendatang.

Kontrak berdurasi panjang itu dimiliki Cancelo usai dirinya pada Februari 2022 lalu meneken kontrak tambahan dengan durasi dua tahun.

Baca Juga
Bursa TransferManchester CityBayern MunchenPep GuardiolaJoao CanceloOne Football

Berita Terkini