x

Bantu Arsenal Jadi Raja Liga Inggris, Pep Guardiola Tak Menyesal Jual Gabriel Jesus dan Zinchenko

Selasa, 24 Januari 2023 06:04 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengaku tak menyesal menjual Gabriel Jesus dan Olekasandr Zinchenko ke pemuncak Liga Inggris 2022-2023, Arsenal. Foto: Reuters/Paul Childs

INDOSPORT.COM – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengaku tak menyesal menjual Gabriel Jesus dan Olekasandr Zinchenko ke pemuncak Liga Inggris 2022-2023, Arsenal.

Seperti diketahui, Manchester City menjual Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko ke Arsenal pada bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko didatangkan oleh Arsenal dari Manchester City dengan biaya sebesar 87,2 juta euro, atau setara dengan Rp1,4 triliun.

Kedua pemain tersebut memberikan penampilan yang luar biasa untuk Arsenal di Liga Inggris musim ini, sejak didatangkan pada Juli 2022 lalu.

Terbukti, Gabriel Jesus dan Zinchenko mampu membawa Arsenal memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2022-2023, dengan mengoleksi perolehan 50 poin.

Baca Juga

Arsenal menduduki takhta puncak klasemen dengan terpaut lima angka dari pesaing terdekatnya, yakni Manchester City.

Meskipun angka itu terbilang sedikit, tetapi hal tersebut merupakan capaian yang luar biasa bagi Arsenal, mengingat mereka finis di posisi kelima klasemen Liga Inggris musim lalu.

Baca Juga

Keberhasilan Arsenal dalam mendapatkan tanda tangan Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko tidak terlepas dari izin yang diberikan Pep Guardiola.

Hal tersebut diyakini karena Pep Guardiola pernah bekerja sama dalam bangku kepelatihan Manchester City bersamadengan Mikel Arteta.

Walaupun izin yang diberikan membuat Arsenal berjaya di Liga Inggris 2022-2023. Sementara Manchester City alam kerugian, tetapi Pep Guardiola justru memberi pernyataan yang menarik.

Baca Juga

1. Pep Tak Menyesal Lepas Gabriel Jesus dan Zinchenko

Aksi Pep Guardiola dari pinggir lapangan di laga Man City vs Leeds United (15/12/21).

Hingga saat ini, Gabriel Jesus telah mempersembahkan lima gol dan tujuh assist dalam setiap laga yang dilakoni bersama Arsenal di semua ajang.

Sementara Oleksandr Zinchenko menjadi salah satu kunci Arsenal kebobolan 16 gol, catatan kebobolan paling sedikit kedua di Liga Inggris 2022-2023 setelah Newcastle.

Saat ini Manchester City harus rela duduk di peringkat 2 klasemen sementara Liga Inggris musim ini, dengan perolehan 35 poin.

Hal tersebut berbeda musim sebelumnya, dimana Man City menjadi juara Liga Inggris dua tahun berturut-turut, yakni 2020-2021 dan 2021-2022.

Kendati demikian, Pep Guardiola mengaku tak menyesal telah melepas Gabriel Jesus dan Zinchenko ke Arsenal pada jendela transfer Juli 2022.

Baca Juga

Bahkan, Pep mengungkapkan bahwa keputusan itu dibuat berdasarkan keinginan dari Gabriel Jesus dan Zinchenko, yang ingin pergi mendapat menit lebih banyak.

Khusus untuk Gabriel Jesus, Pep Guardiola mengatakan jika persaingan lini depan Manchester City sejak kedatangan Erling Haaland dan Julian Alavarez semakin ketat.

Baca Juga

“Saya tidak menyesalinya. Saya selalu mengatakan jika Anda ingin bertahan atau pergi, maka baiklah. Saya berharap yang terbaik untuk Gabriel dan Oleks, keduanya fantastis,” ujar Pep Guardiola.

“Mereka banyak membantu kami. Itu adalah pilihan mereka, tentu saja. Saya tidak pernah memaksa satu pemain untuk pergi, itu keputusan mereka, klub,” tambahnya dikutip dari Mirror.

“Tentu saja, Erling Haaland  dan Julian Alvarez datang, jadi sulit bagi Gabriel Jesus. Sejujurnya, kami tidak dalam posisi ini karena kami tidak memiliki Olek, Gabriel atau yang lainnya,” pungkasnya.

Baca Juga

Sumber: Mirror

ArsenalManchester CityPep GuardiolaLiga Primer InggrisGabriel JesusLiga InggrisBola InternasionalOleksandr ZinchenkoBerita Liga Inggris

Berita Terkini