x

Liga 1: Sebelum Gabung Persija, Witan Sudah 'Sambat' Kerasnya Main Bola di Eropa

Rabu, 1 Februari 2023 13:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Witan Sulaeman gabung Persija Jakarta. (Foto: Instagram@persija)

INDOSPORT.COM – Bintang baru Persija Jakarta, Witan Sulaeman, ternyata pernah mencurahkan betapa kerasnya meniti karier sepak bola di Eropa sebelum akhirnya memutuskan pulang ke Indonesia.

Witan Sulaeman membuat kejutan bagi dinamika bursa transfer Liga 1 Indonesia. Eks pemain FK Senica ini secara resmi bergabung Persija Jakarta.

Witan Sulaeman didatangkan oleh Persija Jakarta dari AS Trencin dan dikontrak selama 3,5 tahun, seperti yang diketahui dari situs Persija pada Selasa (31/01/23).

Kepulangan Witan Sulaeman ke Indonesia setelah hampir tiga tahun mengadu nasib di Eropa jadi topik panas di kalangan pecinta sepak bola tanah air.

Banyak yang meyakini bahwa apa yang dipilih oleh Witan Sulaeman itu merupakan sebuah kemunduran dan jadi kerugian besar bagi kariernya sendiri dan timnas Indonesia.

Baca Juga

Namun di balik keputusannya tersebut, Witan sebelumnya  pernah mengakui tidak mudah bahwa bermain di Eropa tidak seperti yang dibayangkan orang-orang.

Selain kendala bahasa, Witan bahkan sempat takut pegang bola lantaran merasa minder dengan rekan-rekanya di Eropa yang mentalnya lebih baik daripadanya.

Baca Juga

“Sulit dijelaskan, selalu ada tantangan tersendiri buat saya bermain di Eropa. Yang paling terasa mentalnya. Mental saya kayak saya belajar gimana agar mental saya lebih kuat di sepak bola,” turut Witan kepada BBC Indonesia, Desember lalu.

“Waktu pertama kali ke Eropa karena sering dimarahi, saya cuma bila bilang maaf, jadi mereka terus kasih tekanan, kasih bola, saya sampai takut pegang bola, ‘jangan kasih saya bola,” terangnya.

“Kalau misal teman saya marah, kita harus marah balik, karena teman-teman di Eropa itu mentalnya beda dengan di Indonesia,” lanjutnya.

Selain soal masalah mental, Witan juga mengungkapkan membandingkan pendapatannya bermain di Eropa dan di Indonesia.

Baca Juga

1. Bandingkan Gaji Eropa dan Indonesia

Selebrasi pemain Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Timor Leste di SEA Games 2021. Foto: PSSI

Pemain berusia 21 tahun ini memang memulai kariernya di klub Liga 2 Indonesia, PSIM, pada 2019. Namun tak berapa lama dia memutuskan hijrah ke Eropa.

Klub Liga Serbia FK Radnik Surdulica jadi pelabuhan pertama Witan di Benua Biru. Setelah itu, Witan bermain di Lechia Gdansk (Polandia),  FK Senica (Slovakia) dan terakhir di AS Trencin (Slovakia).

Tiga musim bermain di Eropa memang mampu menempa Witan menjadi lebih berani dan bermental baja. Hal ini dia rasakan ketika kembali ke tanah air dan membela Timnas Indonesia.

“Dalam segala aspek, dalam disiplin, mental berjuang, mental bertanding, apalagi kalau kita kembali ke timnas, jadi otomatis kita memberikan segalanya untuk negara,” sambung Witan.

Namun demikian, meningkatnya kemampuan Witan mengolak si kulit bundar tidak sebanding dengan apa yang dia dapatkan untuk kantongnya saat ini.

Baca Juga

Witan menuturkan bahwa sebenarnya gaji pemain sepak bola di Indonesia saat ini jauh lebih baik dari yang dia terima selama bermain di Eropa.

“Untuk saat ini bayaran lebih bagus di Indonesia secara finansial, tetapi ya itulah, karena saya mau menantang diri saya untuk bisa sukses di Eropa,” tuturnya.

Witan Sulaeman bisa dikatakan menjadi rekrutan terakhir Persija Jakarta di putaran kedua Liga 1 musim 2022-2023.

Baca Juga

Sebelumnya, Macam Kemayoran menghadirkan empat pemain baru, yakni Dandi Maulana, Birrul Walidain, Aji Kusuma, dan Rahmat Nico.

Memilih nomor punggung 78, Witan Sulaeman diharapkan dapat memperkuat lini serang Persija. Hal ini karena Witan punya kemampuan di atas rata-rata dan pengalaman internasional yang jarang dimiliki pemain Indonesia.

Selain itu, kehadiran Witan Sulaeman diharapkan bisa membantu Persija Jakarta memperjuangkan gelar juara Liga 1 musim ini.

Persija Jakarta saat ini menduduki urutan kedua pada klasemen sementara Liga 1. Mengantongi 41 poin, mereka berjarak 1 dari Persib Bandung yang menghuni puncak.

Baca Juga
Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Witan SulaemanBerita Liga 1AS Trencin

Berita Terkini