x

Tak Cuma Todd Boehly, Ini Sosok Vital yang Taklukkan Kerasnya Rui Costa atas Enzo Fernandez

Rabu, 1 Februari 2023 18:25 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Subhan Wirawan
Di balik kesuksesan Chelsea atas kedatangan Enzo Fernandez, ada peran dari Todd Boehly dan Behdad Eghbali untuk menghadapi kerasnya Presiden Benfica, Rui Costa. Foto: REUTERS-Andrew Couldridge

INDOSPORT.COM – Di balik kesuksesan Chelsea atas kedatangan Enzo Fernandez, ada peran dari Todd Boehly dan Behdad Eghbali untuk menghadapi kerasnya Presiden Benfica, Rui Costa.

Secara dramatis, Chelsea berhasil memenangkan negosiasi dengan Benfica untuk mendatangkan Enzo Fernandez tepat di hari penutupan bursa transfer musim dingin Januari 2023.

Dengan kedatangan Enzo, turut menandakan bahwa klub asal London Barat itu telah menghabiskan pengeluaran hingga lebih dari 500 juta pounds (sekitar Rp9 triliun) hanya dalam satu musim.

Namun demikian, mereka harus menghadapi masalah sulit karena presiden Benfica, Rui Costa bersikeras untuk mempertahankan pemainnya kecuali menyanggupi permintaan yang ia berikan.

Hanya saja, Chelsea yang tak ingin kehilangan Enzo Fernandez lantas mengeluarkan kartu AS dengan melibatkan Todd Boehly dan Behdad Eghbali untuk bernegosiasi bersama Benfica.

Baca Juga

Melansir laporan dari Telegraph, untuk mendapatkan salah satu gelandang terbaik di Piala Dunia 2022, pemilik Boehly dan Eghbali harus melakukan penerbangan ke Lisbon, Portugal.

Behdad Eghbali yang memimpin negosiasi dengan Benfica terungkap telah menolak untuk mengambil jawaban selama lebih dari 12 jam.

Baca Juga

Sekitar pukul 22.00 waktu setempat sebelum jendela bursa transfer resmi ditutup pada pukul 23.00 waktu setempat, terobosan pada akhirnya terwujud.

Kesepakatan untuk kepindahan Enzo ke Chelsea telah tercapai, sekaligus menandakan bahwa Eghbali berhasil mengalahkan kerasnya Rui Costa.

Setelah itu, Chelsea harus berlomba dengan waktu untuk menyelesaikan dokumen kepindahan Enzo Fernandez dari Benfica agar bisa selesai tepat waktu.

Baca Juga

1. Kontrak Jangka Panjang Enzo Fernandez

Enzo Fernandez pemain Benfica. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Berdasarkan laporan dari Telegraph, Enzo Fernandez dilaporkan telah menyetujui persyaratan pribadi dengan kontrak jangka panjang hingga delapan setengah tahun.

Transfer tersebut tidak hanya mencetak rekor baru atas pembelian klub. Tetapi, juga melampaui rekor Inggris yang sebelumnya dibuat oleh kepindahan Jack Grealish ke Manchester City.

Kedatangan Enzo berarti Chelsea telah menghabiskan lebih dari 150 juta pounds untuk Mykhaylo Mudryk, Benoit Badiashile, Noni Madueke, dan peminjaman Joao Felix hanya dalam bulan Januari 2023 saja.

Kendati demikian, The Blues masih bisa terbebas dari pelanggaran Financial Fair Play (FFP) karena mereka menerapkan metode amortisasi.

Untuk itu, Chelsea enggan memenuhi klausul pelepasan dalam kontrak Enzo yang kemudian hal tersebut membuat negosiasi dengan Benfica berlangsung alot.

Baca Juga

Negosiasi yang berkepanjangan berpusat pada struktur transfer, di mana Chelsea telah menawarkan satu pembayaran besar di muda dan membagi sisa biaya selama lima pembayaran.

Presiden Benfica, Rui Costa awalnya menuntun The Blues membayar klausul pelepasan dalam satu kali pembayaran. Tetapi, terobosan akhirnya tercapai karena tenggat waktu yang semakin dekat.

Baca Juga

Di tahap itu, Eghbali langsung memesan sebuah rumah sakit di Portugal sebagai tempat bagi Enzo untuk menyelesaikan tes medis dan mengirim pesawat pribadi untuk membawanya ke Inggris.

Hanya saja, fakta dari negosiasi Enzo yang berlangsung sangat lambat telah membuat sejumlah pemain Chelsea gagal untuk menuntaskan kepindahan mereka dari Stamford Bridge.

Seperti yang terjadi pada kasus Hakim Ziyech, di mana ia gagal pindah ke Paris Saint-Germain karena Chelsea tidak sanggup mengirimkan berkas tepat waktu.

Baca Juga

Sumber: Telegraph

Bursa TransferChelseaBenficaLiga InggrisEnzo FernandezTodd Boehly

Berita Terkini