x

Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia U-20 Dapat Kritik Thomas Doll, Shin Tae-yong Bawa-bawa Jokowi

Jumat, 3 Februari 2023 23:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menjawab kritikan pedas dari pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll terkait pemanggilan pemain pemusatan latihan Timnas Indonesia u-20.

Thomas Doll memang mengkritik pedas terkait pemanggilan pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20.

Memang Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-20 sudah memulai pemusatan latihan sejak 1-18 Februari 2023.

Dalam pemusatan latihan ini, Shin Tae-yong memanggil 30 nama pemain dan Persija Jakarta menjadi klub terbanyak penyumbang pemain dengan sembilan pemain yang dipanggil.

Terkait hal ini pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll mengkritik pedas Shin Tae-yong. Bahkan Thomas Doll sampai membuat statement bahwa Shin Tae-yong tidak paham akan sepak bola.

Baca Juga

Di mana Thomas Doll menilai pemain U-20 sejatinya harus digembleng dalam suasana kompetisi ketimbang hanya berlatih saja di pemusatan latihan.

Menjawab kritik pedas Thomas Doll, Shin Tae-yong pun menilai dirinya tidak akan menjadi pelatih Timnas Korea Selatan di panggung Piala dunia 2018 lalu bila dirinya tidak paham akan sepak bola.

Baca Juga

"Kalau saya tidak tahu tentang sepak bola bagaimana bisa jadi pelatih Piala Dunia dan bagaimana bisa jadi pelatih Timnas Indonesia juga?" Kata Shin Tae-yong kepada awak media usai memimpin latihan.

Shin Tae-yong sendiri memang membenarkan ucapan Thomas Doll bila level Liga sangat tinggi.

Tetapi dia mengingatkan Thomas Doll bahwa saat ini masih ada kekurangan dan dirinya mendapat permintaan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membawa Indonesia di ajang Piala Dunia U-20 nanti.

Baca Juga

"Memang benar kata pelatih Persija kalau tingkat atau level liga sangat tinggi, tetapi ya tidak seperti itu."

"Saat ini karena ada kekurangannya juga dan juga ini permintaan dari pak Presiden Jokowi, pak Menpora (Zainudin Amali) dan masyarakat Indonesia pun memberi dukungan penuh apalagi di bulan Mei ada Piala Dunia," terang Shin Tae-yong.


1. Persija Sumbang Banyak Pemain

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

Shin Tae-yong menilai apa yang diucapkan Thomas Doll dengan mengkritik dirinya hanya untuk mencari keuntungan tersendiri bersama Persija Jakarta.

"Jadi, jika pelatih Persija Jakarta bicara seperti itu dengan mencari keuntungan sendiri, ya, sebenarnya tidak baik, ya, kata-katanya untuk masyarakat indonesia yang sedang tunggu-tunggu Piala Dunia pada Mei nanti," pungkasnya.

Persija Jakarta menjadi tim yang paling banyak pemainnya dipanggil. Setidaknya sembilan pemain tim Macan Kemayoran dipanggil dalam pemusatan kali ini.

Adapun sembilan pemain Persija yang dipanggil adalah Achmad Maulana Syarif, Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi.

Doni Tri Pamungkas, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Muhammad Ferarri, Resa Aditya Nugraha, Barnabas Sobor. Mereka semua memang sering mendapatkan menit bermain dari Thomas Doll.

Tentu ini menjadi dilema karena Persija akan kehilangan setengah skuatnya. Terkait hal ini, pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll mengritik habis Shin Tae-yong.

"Dari bulan lalu saya selalu bilang bahwa akan terasa kehilangan untuk beberapa bulan kedepan dari permasalahan TC ini. Karena saya tidak bisa memainkan beberapa pemain yg dipanggil TC ini," keluh Thomas Doll.

Persija JakartaBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Thomas Doll

Berita Terkini