x

Ikat Bekas Staf Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Ini Target PSIS Semarang

Jumat, 3 Februari 2023 13:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pertandingan antara PSIS Semarang vs Persija Jakarta di BRI Liga 1.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, PSIS Semarang resmi mengikat bekas staf Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Alex Aldha Yudi. Pria asal Padang itu ditunjuk sebagai pelatih fisik menggantikan Afif Prasetiawan.

Afif Prasetiawan dan PSIS resmi mengakhiri kerja sama yang telah dijalin di Liga 1. Kerja sama ini diakhiri setelah PSIS melakukan sejumlah evaluasi.

Tak butuh waktu lama bagi PSIS untuk menemukan sosok pengganti Afif. Alex Aldha Yudi sudah diperkenalkan sebagai bagian dari tim kepelatihan PSIS.

Meski namanya masih terdengar asing, Alex sejatinya pernah jadi bagian dari Timnas Indonesia. PSIS menyebut Alex pernah membantu Shin Tae-yong dari 2020-2021 sebagai staf bagian fisik.

Sebelum menjadi bagian dari staf kepelatihan Shin Tae-yong, Alex lebih dahulu dipercaya sebagai asisten pelatih Timnas Putri pada tahun 2018.

Baca Juga

Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, memberi target tinggi pada Alex. Ia ingin level kebugaran Septian David Maulana dkk. bisa semakin meningkat untuk mengarungi Liga 1 2022/2023.

Selain berkarir sebagai pelatih fisik, Alex ternyata juga seorang dosen. Pria berlisensi A AFC ini berprofesi sebagai dosen di Universitas Negeri Padang (UNP).

Baca Juga

"Dengan pengalamannya di level Timnas baik saat menjadi asisten Shin Tae-yong atau pun saat menjadi asisten pelatih Timnas Putri diharapkan mampu meningkatkan level fisik pemain PSIS saat ini," kata Yoyok Sukawi.

Setelah resmi diperkenalkan jadi bagian dari staf kepelatihan PSIS, Alex akan mulai bertugas menangani kebugaran skuat Mahesa Jenar.

Sementara, Yoyok Sukawi turut mengucapkan terima kasih atas keputusan Afif Prasetiawan pernah jadi bagian dari tim kepelatihan PSIS.

Baca Juga

1. Tagih Pelatih Kepala

Basuki Setyabudi saat melatih tim POPDA Kota Semarang.

"Terima kasih untuk coach Afif, semoga ke depan juga selalu diberi kesuksesan dan tetap menyambung silaturahmi dengan keluarga besar PSIS," tutur Yoyok Sukawi.

Setelah Tragedi Kanjuruhan, Alex menjadi sosok keempat yang telah masuk staf kepelatihan PSIS. Sebelum ini, PSIS juga sudah mengumumkan bergabungnya beberapa nama lawas.

Basuki Setyabudi yang pernah jadi kiper PSIS dipanggil lagi ke tim Mahesa Jenar untuk membantu pelatih kiper, I Komang Putra.

Lalu, ada pula sosok Idrus Gunawan yang dulu jadi bek tangguh PSIS, kini jadi asisten pelatih. Sementara Muhammad Ridwan yang awalnya menempati jabatan analis video, kini jadi caretaker atau pelatih sementara.

Saat PSIS memperkenalkan Alex, suporter PSIS menagih agar manajemen segera merekrut pelatih kepala. Pasalnya, pelatih asal Britania Raya, Ian Andrew Gillan, sudah tak balik ke Semarang lagi.

Baca Juga

"Ki cah pelatih fisik e anyar, garek ngenteni pelatih ndas (Ini kawan pelatih fisiknya baru, tinggal menunggu pelatih kepala)," tulis akun instagram Alvina_nurul_hdyh di postingan instagram PSIS tentang perkenalan Alex.

"Lha pelatih kepalane ndi (mana)," tulis akun yudhaaggata.

Baca Juga

Pada Liga 1 musim ini, PSIS sempat menjadikan Sergio Alexandre sebagai pelatih, sebelum kemudian diputus kontraknya setelah beberapa hasil buruk.

Setelah itu, giliran Achmad Resal yang awalnya sempat jadi asisten pelatih, mengundurkan diri dari tim senior. Keputusan itu dibuat tak lama setelah PSIS kalah dari Bhayangkara FC 0-1 di Stadion Jatidiri Semarang.

Baca Juga
PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Shin Tae-yong

Berita Terkini