x

Chelsea Terpuruk di Liga Inggris, Fans Ramai-ramai Minta Luis Enrique Gantikan Graham Potter

Sabtu, 4 Februari 2023 23:06 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Hanya ada dua kemenangan dari 12 laga terakhir di Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 membuat posisi Graham Potter sebagai manajer Chelsea terancam. (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Hanya ada dua kemenangan dari 12 laga terakhir di Liga Inggris (Premier League) 2022/2023 membuat posisi Graham Potter sebagai manajer Chelsea terancam.

Fans The Blues mulai menyuarakan pergantian nakhoda dan salah satu nama yang mereka inginkan adalah juru taktik asal Spanyol, Luis Enrique.

Chelsea lagi-lagi gagal untuk menuai poin penuh kala menjamu Fulham di pekan ke-22 Liga Inggris pada Sabtu (04/02/23) ini.

Mason Mount dan kolega hanya mampu bermain imbang tanpa gol meski beraksi di hadapang publik mereka yang memadati tribun Stamford Bridge.

Potter memainkan dua pemain mahal terbarunya yakni Mykhailo Mudryk dan Enzo Fernandez, gelandang 21 tahun asal Argentina yang menjadi bintang berbanderol tertinggi Liga Inggris seharga 121 juta Euro namun permainan timnya tidak mempesona.

Baca Juga

Chelsea memang menguasai aliran bola sampai 66,9% namun kalah efektif dalam mengolahnya menjadi peluang mencetak gol.

Fulham justru sedikit lebih efektif di atas kertas karena The Cottagers bisa menghasilkan empat tembakan tepat sasaran dari 10 percobaan. Sementara itu tuan rumah hanya punya tiga shot on target dari 12 attempt.

Baca Juga

Tidak heran jika kemudian Graham Potter kemudian mendapati kursinya sebagai bos Chelsea terasa semakin panas.

Suporter London Biru tentu gerah melihat tim kesayangan mereka hanya terduduk di papan tengah Liga Inggris 2022/2023 meski sudah belanja besar-besaran dan wajar apabila mereka mulai berpikir untuk meminta manajer baru.

Cukup banyak pelatih top yang saat ini tengah menganggur yang bisa Chelsea rekrut namun Luis Enrique adalah salah satu opsi paling populer.

Baca Juga

1. Enrique Tengah Menganggur

Mantan pelatih Spanyol, Luis Enrique. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

Luis Enrique saat ini berstatus tanpa klub usai tugasnya menukangi timnas Spanyol rampung selepas Piala Dunia 2022 lalu.

Pria 52 tahun yang akrab disapa Lucho itu memang belum pernah menukangi kesebelasan Liga Inggris namun CV-nya di dunia manajerial terbilang apik.

Enrique punya sembilan trofi yang semua ia raih semasa membersamai Barcelona (2014-2017) termasuk treble winners di musim 2014/2015.

Prestasinya untuk timnas Spanyol pun cukup lumayan. Eks juru latih AS Roma dan Celta Vigo itu banyak mempromosikan pemain muda ke La Furia Roja serta sempat mencapai final UEFA Nations League 2021 dan semifinal Piala Eropa 2020.

Maka dari itu nama Luis Enrique dirasa fans Chelsea pantas untuk dipertimbangkan sebagai ganti Graham Potter bersamaan dengan Zinedine Zidane dan bahkan eks manajer Si Biru yang terbaru, Thomas Tuchel.

Baca Juga

Namun sepertinya masih butuh waktu bagi manajemen Chelsea untuk mendepak Potter. Terutama jika mereka menganggap sang mantan nakhoda Brighton and Hove Albion tengah mengalami masa transisi.

Potter baru mendarat di Stamford Bridge pada awal September tahun lalu menggantikan Tuchel sehingga wajar bila ia masih meraba-raba sebelum menemukan formula terbaiknya.

Baca Juga

Belum lagi ia juga ditunjuk oleh Todd Boehly, owner Chelsea saat ini, yang membekalinya dengan pemain anyar di bursa transfer musim dingin lalu. Waktu untuk beradaptasi sangat mungkin masih akan diberi.

Hanya saja manajemen Chelsea patut berhati-hati. Pasalnya kans bagi Graham Potter untuk bisa memberikan finis empat besar di Liga Inggris akan sangat sulit dan nantinya keuangan klub bisa terdampak karena Liga Champions musim depan tidak mampir ke London Barat.

Mungkin Boehly mulai harus memberikan peringatan keras dengan mengancam sang manajer berbenah saat ini juga atau digantikan oleh Luis Enrique sebelum 2022/2023 berakhir.

Baca Juga
ChelseaLuis EnriqueLiga InggrisGraham Potter

Berita Terkini