x

Pemain Persija dan Persib Belum Dilepas ke Timnas Indonesia U-20, STY Minta Pengertian

Sabtu, 4 Februari 2023 18:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, mengatakan ada beberapa pemain yang belum bergabung ke pemusatan latihan untuk Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, mengatakan ada beberapa pemain yang belum bergabung ke pemusatan latihan (TC) untuk persiapan Piala Asia U-20 2023. Para pemain itu sebagian dari Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Sebelumnya, tim pelatih menyampaikan baru 19 pemain yang datang di hari kedua TC di Jakarta. Artinya, ada 11 pemain yang belum bergabung karena ada 30 nama yang dipanggil Shin Tae-yong.

Beberapa pemain dari Persib dan Persija tersebut belum hadir ke TC karena masih membela klubnya di Liga 1 2022/23. Lalu ada Marselino Ferdinan yang baru gabung ke klub Belgia dan Ronaldo Kwateh dari Madura United.

"Ada pemain Persija sama Persib belum dilepas ke timnas dan dua lagi Marselino sama Ronaldo," kata Shin Tae-yong.

"Tapi sudah dapat kabar dari Persib akan lepas pemain dan sudah dijanjikan juga, tinggal Persija lihat itu saja nanti," katanya.

Baca Juga

Adapun pemain Persib yang dipanggil ke TC Timnas U-20 adalah Ferdiansyah, Kakang Rudianto dan Robi Darwis. 

Sementara pemain Persija adalah Achmad Maulana Syarif, Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi, Doni Tri Pamungkas, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Muhammad Ferarri, Resa Aditya Nugraha dan Barnabas Sobor.

Baca Juga

Shin Tae-yong berharap pihak klub memahami situasi saat ini dan melepas klub secepatnya. Pasalnya ini adalah kejuaraan resmi AFC dan Timnas Indonesia U-20 ditargetkan bisa bermain apik. 

"Karena ini akan ada turnamen dunia di bulan maret, saya minta tolong. Saya mengerti pihak atau klub seperti apa, tapi mohon pengertiannya dari klub agar bisa dilepas pemainnya," ujar pelatih asal Korea Selatan.

Baca Juga

1. Menunggu hingga Akhir Pekan

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

Shin Tae-yong menunggu hingga akhir pekan ini terkait pemain yang belum datang ke TC Timnas U-20. Dia ingin anak asuhnya berkumpul supaya bisa menerapkan taktik dan strategi.

Selama tiga hari latihan di Jakarta, Shin Tae-yong belum memberikan materi latihan taktikal. Fokus saat ini adalah meningkatkan kekuatan fisik.

"Sudah mulai latihan dari kemarin, ini latihan kedua. Jadi baru mulai TC kemarin, ini cek kondisi pemain. Selama ini latihan apa saja bersama tim dan kondisi fisiknya seperti apa," jelasnya.

Piala AFC U-20 2023 akan digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2022. Timnas Indonesia berada di grup A bersama tuan rumah, Irak, dan Suriah.

Baca Juga

Pada laga perdana, Timnas Indonesia akan melawan Irak pada 1 Maret, lalu berduel dengan Suriah pada 4 Maret dan terakhir lawan tuan rumah, Uzbekistan, pada 7 Maret mendatang.

Polemik pemanggilan pemain Liga 1 ke Timnas Indonesia U-20 memang sempat menghangat beberapa waktu belakangan. Ada pelatih klub yang keberatan dengan pemanggilan pemain oleh shin Tae-yong. 

Baca Juga
Persib BandungPersija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Shin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini