x

Tenaga Sudah Dikuras Sebelum Bertanding, PSS Realistis Hadapi Persib di GBLA

Minggu, 5 Februari 2023 13:24 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, berkeluh kesah tentang kelelahan yang melanda timnya. Situasi itu disebabkan venue laga pekan ke-22 Liga 1 2022/2023, melawan Persib Bandung, sempat dipenuhi ketidakpastian.

PSS melakoni laga pekan ke-21 dengan bermain di Banjarmasin, menghadapi Barito Putera pada Selasa (31/01/23). Awalnya, setelah pertandingan mereka ingin langsung berangkat ke Bandung, tanpa pulang lebih dahulu ke Sleman.

Namun, venue pertandingan yang tak ada kepastian membuat PSS harus pulang lebih dahulu ke Sleman pada Rabu (01/02/23).

Ketika muncul informasi laga akan digelar di Stadion Siliwangi, rombongan tim langsung PSS berangkat ke Bandung, pada Jumat (03/02/23).

Mereka dengan percaya diri menggelar official training di Stadion Siliwangi, Sabtu (04/02/23) pagi. Namun, setelah sesi ini berakhir, barulah muncul kepastian pertandingan lawan Persib akan berlangsung di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (05/02/23) sore.

Baca Juga

"Dari sisi fisik cukup menguras energi, dengan perjalanan yang kembali ke Sleman, kemudian harus balik lagi perjalanan ke Bandung dan pagi ini kami official training di Siliwangi," kata Seto, Sabtu (4/2/23) siang.

"Saat ini kami baru tahu bahwa pertandingan akan dilaksanakan di GBLA. Jadi ini situasi yang sulit, tapi kami akan coba menikmati apa yang sudah kami dapatkan. Semoga pemain bisa tampil lebih enak, lebih bugar," lanjut Seto.

Baca Juga

Dengan tenaga yang sudah dikuras sebelum pertandingan, Seto tak begitu yakin timnya bisa menang atas Persib. Maka, target realistisnya adalah memburu satu poin.

"Keinginan mencuri poin pasti ada walau secara matematis cukup sulit, tapi sebelum peluit terakhir, masih ada kemungkinan," ucap Seto.

"Satu poin jadi target realistis. Kalau kalah ya jangan kemasukan banyak gol. Kalau ternyata menang, ya itu usaha dari pemain dan di luar dugaan kami. Itu rencana Tuhan," imbuhnya.

Baca Juga

1. Persib Tengah Menanjak

Rezaldi Hehanusa latihan perdana bersama Persib Bandung di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu (28/01/23).

Selain kondisi kebugaran yang dikuras perjalanan, Seto menyebut Persib merupakan tim kuat. Sebelas kemenangan dalam 13 pertandingan menjadi buktinya.

"Saya pikir Persib dalam kondisi dan jalur yang tepat, dengan cara bermain yang luar biasa. Saya pikir tim ini konsisten dan cara bermain berbeda dengan tim lain. Ini harus kita antisipasi," jelas Seto.

Meski segala kondisi tak menguntungkan, Seto memastikan PSS Sleman akan berjuang keras sepanjang pertandingan.

"Dari sisi kualitas permainan, kami cukup jauh, tapi kami akan berusaha, mencoba merepotkan Persib. Harapannya bisa merepotkan, tapi tidak tahu apakah nanti kita yang kerepotan," papar Seto.

Ditambahkan bek PSS, Derry Rachman Noor, tenaga para pemain cukup terkuras dengan perjalanan dari Banjarmasin ke Sleman, kemudian Sleman ke Bandung.

Baca Juga

Namun, kondisi itu bukan berarti menyurutkan tekad PSS membuat kejutan di GBLA. Tim Elang Jawa ingin meneruskan tren positif dalam tiga partai terakhir.

"Dengan tiga pertandingan menghasilkan tren positif (kemenangan), Insya Allah, semoga kita bisa melanjutkan tren positif dan beri hasil maksimal untuk tim," ucap Derry.

Baca Juga

Saat ini, PSS Sleman ada di peringkat 13 dengan 25 poin. Jika meraih kemenangan, mereka bisa melesat ke peringkat sembilan menggeser Persita Tangerang yang mengoleksi 27 poin.

Sementara bagi Persib, mereka termotivasi meraih kemenangan setelah Persija Jakarta dan PSM Makassar menggeser Persib di klasemen sementara Liga 1 2022/2023. 

Saat ini Persija dan PSM ada di peringkat atas dengan 44 poin atau lebih unggul dua poin dari Persib Bandung.

Baca Juga
Persib BandungPSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Seto Nurdiyantoro

Berita Terkini