x

Juara Piala Dunia Antarklub, Real Madrid Sah Jadi ‘Raja Diraja’ Klub Sepak Bola Abad Ini

Minggu, 12 Februari 2023 10:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Selebrasi pemain Real Madrid usai merengkuh gelar Piala Dunia Antarklub. Foto: REUTERS/Susana Vera.

INDOSPORT.COM  - Klub asal Spanyol, Real Madrid, keluar sebagai juara Piala Dunia Antarklub sekaligus memastikan diri sebagai ‘raja diraja’ sepak bola di abad ini.

Real Madrid memastikan sebagai juara Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan klub asal Arab Saudi, Al Hilal, di partai final yang digelar Minggu (12/02/23) dini hari WIB di Maroko.

Los Blancos menang dengan skor 5-3. Gol dari Karim Benzema dan brace dari Vinicius Junior serta Federico Valverde menjadi kunci keberhasilan Real Madrid di Prince Moulay Abdellah Stadium.

Sementara itu, Al Hilal meski harus pulang sebagai runner-up tetap patut diacungi jempol karena menyuguhkan hiburan apik bagi fans dengan tiga gol dari Moussa Marega dan Luciano Vietto (dua).

Hasil ini memastikan Real Madrid memenangkan trofi Piala Dunia Antarklub untuk kelima kalinya sejak 2014 silam, dan yang pertama sejak kemenangan terakhir mereka di tahun 2018.

Baca Juga

Bukan hanya itu, trofi Piala Dunia Antarklub ini menjadikan Real Madrid sebagai tim tersukses di dunia karena mampu memecahkan rekor tersendiri, termasuk trofi ke-100 sepanjang sejarah. 

Melansir dari akun Fox Soccer di Twitter, trofi kelima tersebut membuat Real Madrid kini menjadi klub dengan gelar terbanyak di ajang Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga

Real Madrid memiliki dua trofi lebih banyak dari rival abadinya di Liga Spanyol, yakni Barcelona, yang baru memiliki lima gelar juara di turnamen serupa.

Klub asal Jerman yakni Bayern Munchen, dan juga klub asal Brasil, Corinthians, masing-masing mengantongi dua trofi kemenangan di ajang ini.

Bukan hanya Real Madrid saja, trofi Piala Dunia Antarklub edisi kali ini juga menjadikan sang pelatih, Carlo Ancelotti, dan striker andalan mereka, Karim Benzema, menorehkan catatan impresif. Apa saja?

Baca Juga

1. Ancelotti dan Benzema Berjaya di Piala Dunia Antarklub

Selebrasi pemain Real Madrid usai merengkuh gelar Piala Dunia Antarklub. Foto: REUTERS/Susana Vera.

Carlo Ancelotti berhasil menambahkan satu trofi lagi ke lemarinya ketika Real Madrid memenangkan gelar juara Piala Dunia Antarklub.

Melansir dari Football Italia, ini merupakan kemenangan ketiganya di Piala Dunia Antarklub sebagai pelatih, setelah Milan pada 2007-08 dan Real Madrid pada 2014-15.

Ancelotti pun berhasil melampaui pencapaian pelatih Manchester City, Pep Guardiola, yang sudah memenangkan dua gelar serupa bersama Barcelona di tahun 2009 dan 2011.

Tak pelak, juru taktik asal Italia tersebut sukses menjadi satu-satunya pelatih sepak bola yang pernah memenangkan kelima gelar utama Liga Europa.

Di sepanjang perjalanan kariernya, Ancelotti sudah pernah merebut gelar Serie A (AC Milan), Liga Inggris (Chelsea) , Ligue 1 (Paris Saint-Germain), LaLi ga Spanyol (Real Madrid), dan Bundesliga (Bayern Munchen).

Baca Juga

Ancelotti juga berpeluang mempertahankan gelar Liga Champions musim lalu bersama Real Madrid, dimulai dengan babak 16 besar melawan Liverpool pada 22 Februari mendatang.

Trofi Liga Champions yang dimenangkan Los Blancos musim lalu adalah yang keempat kalinya diraih Ancelotti baik bersama Madrid dan AC Milan.

Bagi Karim Benzema, Piala Dunia Antarklub ini membuat penyerang asal Prancis tersebut kini mengantongi 25 gelar sepanjang kariernya bersama Real Madrid.

Baca Juga

Melansir dari Goal International, Karim Benzema menyamai torehan eks pemain Real Madrid, Marcelo, dengan jumlah gelar yang sama. Marcelo saat ini bermain untuk Olympiacos FC.

Raihan ini kemungkinan masih akan bertambah lagi jika Karim Benzema mampu memimpin Real Madrid menjadi juara di akhir musim. 

Setidaknya ada tiga peluang Benzema menambah gelar di Real Madrid, yakni di Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Sementara itu, Al Hilal meski harus pulang sebagai runner-up tetap patut diberi pujian karena sudah memberikan hiburan apik bagi fans dengan ikut menggelontorkan tiga gol dari Moussa Marega dan Luciano Vietto (dua).

Baca Juga

Sumber: Twitter

Real MadridKarim BenzemaCarlo AncelottiPiala Dunia AntarklubBola InternasionalAl-Hilal

Berita Terkini