x

Bocoran Menpora: Dokumen 3 Pemain Keturunan Sudah Ditandatangani Presiden, tapi..

Rabu, 22 Februari 2023 18:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Menpora Zainudin Amali hadir di Stadion GBLA, saat Persib vs PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali mengatakan dokumen naturalisasi tiga pemain keturunan, yakni Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Diketahui, PSSI mengajukan ketiga pemain tersebut untuk dinaturalisasi sesuai kebutuhan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ivar, Rafael, dan Justin disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Setelah ditandatangani Presiden, nasib ketiganya akan dibahas di level Komisi III dan Komisi X DPR RI. Namun, proses tersebut harus tertunda sebentar karena DPR lagi reses atau kunjungan kerja (17 Februari-13 Maret).

"Pak Presiden sudah tanda tangan dan saya sudah terima (dokumen) tadi," kata Zainudin Amali usai menyaksikan laga timnas Indonesia U-20 versus Guatemala U-20, Selasa (21/2/23) semalam. 

"Cuma sayangnya harus menunggu DPR karena harus diparipurnakan, tapi mereka sekarang sedang reses. Jadi menunggu selesai dulu," ucapnya.

Baca Juga

Dikarenakan proses naturalisasi yang belum usai, ketiga pemain keturunan dipastikan tidak bisa ikut ke Piala Asia 2023 di Uzbekistan, 1-18 Maret mendatang.

Naturalisasi memang butuh proses panjang. Jika sudah dibahas di DPR dan apabila disetujui, berkas ketiga pemain itu akan dikembalikan ke Setneg dan Kemenkumham setelahnya menunggu jadwal pengambilan sumpah WNI. 

Baca Juga

"Mereka belum bisa didaftarkan karena proses administrasinya masih ada yang harus dilalui di Komisi III, Komisi X, kemudian dibawa Paripurna, dan setelah itu dibawa lagi ke Presiden, dan pengambilan sumpah oleh Kemenkumham," tutur Menpora.

Meskipun tidak bisa bermain di Piala Asia U-20, Zainudin Amali optimistis Ivar, Justin Hubner, dan Rafael dapat memperkuat timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada 20 Mei-11 Juni nanti.

Baca Juga

1. Janji Dikebut

Ivar Jenner dan Justin Hubner bersama keluarganya menyambangi kantor PSSI.

Tenaga Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner sangat dibutuhkan karena Shin Tae-yong tidak ingin Indonesia jadi bulan-bulanan saat jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Insha Allah kan Presiden sudah tanda tangan. Saya tadi sudah baca (berkasnya) dan diantarkan ke DPR. Kan prosesnya di sana. Secepatnya menunggu DPR tapi kan sedang reses," ujar Menpora.

"Jadi, setelah masuk sidang berikutnya, kami akan dorong. Kami sudah komunikasi dengan pimpinan Komisi X dna Komisi III untuk segera diproses. Setelah itu ke paripurna," tuntas Zainudin Amali.

Sebelumnya, ketiga pemain tersebut telah datang ke Jakarta untuk mengurus semua dokumen terkait naturalisasi. Mereka juga jalani wawancara dengan badan intelejen negara, tes fisik atau media, tes psikologi dan lainnya.

Baca Juga

Naturalisasi para pemain keturunan memang rekomendasi pelatih timnas U-20, Shin Tae-yong, dengan alasan agar bisa bersaing di Piala Dunia U-20 2023. 

Shin Tae-yong butuh pemain dengan fisik di atas rata-rata dan dengan kemampuan olah bola mumpuni. Indonesia berstatus tuan rumah hajatan akbar dua tahunan itu.

Baca Juga

Ivar Jenner diketahui lahir pada 10 Januari 2004 dan kini bermain untuk tim U-21 Jong Utrecht. Sedangkan Justin Hubner pada 14 September 2003 dan sedang meniti karier di klub Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Sementara itu, Rafael Struick lahir 27 Maret 2003. Dia berposisi sebagai penyerang untuk klub kasta kedua Liga Belanda, ADO Den Haag. 

Piala Dunia U-20NaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Ivar JennerZainudin AmaliBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Justin Quincy HubnerOne Football

Berita Terkini