x

Menpora Sudah Lempar Kode, Yunus Nusi Balik Sekjen PSSI Lagi

Sabtu, 18 Februari 2023 11:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Menpora Zainudin Amali didampingi Sekjen PSSI Yunus Nusi memantau latihan Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Menpora RI sekaligus Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, Zainudin Amali, lempar kode terkait posisi Sekjen PSSI. Bakal ditempati Yunus Nusi lagi?

Sebagaimana diketahui, pemilihan Ketua Umum PSSI akhirnya usai. Erick Thohir memenangkan suara dan resmi menggantikan posisi Mochamad Iriawan, Kamis (16/02/23).

Sementara pemilihan Wakil Ketua Umum menuai polemik, sehingga harus diulang.

Setelah melakukan voting ulang, tercatat jika Ratu Tisha Destria mendapat suara tertinggi, disusul Yunus Nusi. Keduanya berhak menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Namun, Yunus Nusi menyatakan mundur dari jabatannya, sehingga posisi miliknya digantikan oleh Menpora Zainudin Amali.

Baca Juga

Hanya saja, terjadi pergeseran posisi di mana Zainudin Amali didapuk jadi Wakil Ketua 1, dan Ratu Tisha jadi Wakil Ketua 2. Hal ini dikatakan tercantum di statuta PSSI.

Selepas Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI ditutup, para pejabat terpilih, yakni Erick Thohir dan Zainudin Amali menyempatkan menonton pertandingan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan telak 4-0 atas Fiji, pada turnamen mini yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (17/02/23) malam.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan melalui gol Arkhan Fikri (35'), Kakang Rudianto (49'), Resa Aditya Nugraha (60'), dan Hokky Caraka (86').

Pengurus anyar PSSI pun turut merayakan euforia kemenangan Timnas Indonesia U-20, termasuk Zainudin Amali.

Baca Juga

1. Yunus Jadi Sekjen Tetap

Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di hotel Shangri-La, Kamis (16/02/23). Ia didampingi kedua wakilnya, Zainudin Amali dan ratu Tisha Destria.

Pada kesempatan itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan jika ia bisa saja mundur dari jabatannya sebagai menteri, hanya jika Presiden Joko Widodo berharap demikian.

Bagi Zainudin Amali, keputusannya untuk masuk ke PSSI tentu memiliki konsekuensi, yakni harus fokus mengelola sepak bola.

"Saya memang pernah menyatakan konsekuensi dari pilihan itu (mundur dari jabatan Menpora dan fokus ke PSSI) pasti ada, dan saya sudah siap," ujar Amali.

"Tetapi kalau nanti presiden bilang tidak boleh (mundur) bagaimana," ungkap Amali kepada awak media, termasuk INDOSPORT, di sela-sela pertandingan Timnas U-20.

Kemudian, dalam kesempatan wawancara yang sama, Zainudin Amali juga sempat menjawab pertanyaan wartawan soal posisi sekjen PSSI. 

Baca Juga

Awak media lainnya berseloroh jika posisi sekretaris jenderal PSSI nampaknya sudah otomatis jatuh ke tangan pejabat periode sebelumnya, yakni Yunus Nusi.

"Ini (sambil nunjuk Yunus Nusi)...sekjen tetap," kata Amali berseloroh kepada pewarta terkait pertanyaan siapa yang akan menduduki sekjen.

Baca Juga

"Hari Senin, saya diterima Pak Presiden. Presiden akan menerima saya dan Pak Erick Thohir, setelah pesan-pesan berikut," ujar Amali kemudian sekaligus coba menyudahi pertanyaan media.

Seperti diketahui, Yunus Nusi mendapat suara terbanyak kedua saat voting pemilihan Waketum PSSI, tetapi ia mundur dari jabatannya dan menghibahkan pada Zainudin Amali.

Maka, banyak yang menyimpulkan jika Yunus Nusi akan kembali menjabat sebagai sekjen PSSI periode kepemimpinan Erick Thohir, atas "jasanya" tersebut.

Baca Juga
PSSIKementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)MenporaLiga IndonesiaKongres Pemilihan Ketum PSSIKongres PSSIZainudin AmaliYunus Nusi

Berita Terkini