x

Shin Tae-yong Bongkar Masalah Besar Timnas Indonesia U-20 Usai 3 Laga Uji Coba

Rabu, 22 Februari 2023 15:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Timnas Indonesia U-20.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, menyoroti lini pertahanan usai menjalani tiga laga uji coba internasional. Skuat Garuda Nusantara masih sering melakukan kesalahan sendiri yang berujung kebobolan.

Sebagai informasi, timnas U-20 baru saja melawan Fiji (menang 4-0), Selandia Baru (kalah 1-2), dan kalah 0-1 dari Guatemala. Tiga laga uji coba ini merupakan persiapan akhir menuju Piala Asia 2023 di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang.

Setelah melihat penampilan timnas U-20, Shin Tae-yong mengatakan titik lemah ada di lini pertahanan. Dari tiga kali kebobolan, semuanya berawal dari kesalahan mereka sendiri.

"Para fans sepak bola Indonesia pasti merasa ada peluang positif untuk kita sendiri di laga ini (terakhir lawan Guatemala), tapi kami tak bisa memanfaatkan itu," kata Shin Tae-yong.

"Kami juga harus giat berlatih untuk mengurangi kesalahan di lini pertahanan. Kalau sudah diperbaiki, kemungkinan kami bisa tampil bagus di Uzbekistan," imbuhnya.

Baca Juga

Secara terbuka pelatih berusia 52 tahun itu menilai mental dan fisik pemain timnas Indonesia U-20 belum sempurna. Tapi, Shin Tae-yong akan memanfaatkan waktu sepekan ke depan untuk membenahinya.

"Sejujurnya fisik dan mental para pemain masih kurang ya. Memang setelah di Uzbekistan bisa lebih baik. Nanti sebelum Piala Dunia U-20 dimulai, saya akan memberikan latihan intensitas tinggi supaya fisik dan mental mereka meningkat," tuturnya.

Baca Juga

Untuk tampil di Piala Asia U-20 2023, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain ke pemusatan latihan di Jakarta. Tapi, dia ada satu nama yang tak bisa bergabung, yakni Marselino Ferdinan.

Di Piala Asia U-20 2023, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah. Mereka akan menantang Irak di laga pertama pada 1 Maret mendatang.

Baca Juga

1. Tanpa 3 Naturalisasi

Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Guatemala pada Turnamen Mini yang digelar PSSI sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Stadion GBK, Selasa (21/02/23).

Selain Marselino, Shin Tae-yong mengatakan skuat Piala Asia U-20 belum sesuai keinginannya. Ada beberapa nama yang tidak bisa dibawa. 

Seperti tiga pemain keturunan yang masih menjalani proses naturalisasi, yakni Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner.

"Untuk skuat, kurang lima sampai enam pemain sampai sekarang, dan tanpa mereka kami bertanding di Piala Asia 2023," ucap Shin Tae-yong.  

Baca Juga

"Tetapi, mereka akan bergabung ke timnas Indonesia di Piala Dunia dan saya optimistis kami bisa menjadi lebih baik. Saya mohon dukungan untuk tim," tandasnya.

Timnas Indonesia U-20 akan berangkat ke Uzbekistan pada Jumat (24/2/23). Pelatih ingin tiba lebih awal supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan tuan rumah. 

Baca Juga

Hasil di Piala Asia 2023 menjadi acuan Shin Tae-yong untuk membentuk skuat menuju Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah hajatan dua tahunan tersebut. 

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaPiala AsiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20One FootballPiala Asia U-20 2023Guatemala

Berita Terkini