x

Liga 1: Keluhkan Kinerja Wasit di Laga Kontra Persib, Manajer Arema FC Sebut Harusnya Dapat Penalti

Kamis, 23 Februari 2023 23:20 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan Persib Bandung vs Arema FC, pada pekan ke-26 Liga 1 2022-2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (23/02/23).

INDOSPORT.COM - Arema FC memang harus menelan pil pahit selepas dikalahkan Persib Bandung dengan skor 0-1, pada lanjutan pekan ke-26 Liga 1 2022-2023, Kamis (23/02/23).

Gol shooting jarak jauh Marc Klok pada menit 66 menjadi satu-satunya pembeda hasil akhir dalam big match di Stadion Pakansari Bogor tanpa penonton itu.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang patut menjadi catatan. Khususnya perihal kinerja Faulur Rosy selaku wasit yang memimpin laga tersebut.

Faulur Rosy dianggap kurang jeli dalam melihat jalannya laga. Beberapa keputusannya bahkan tak bisa dinalar perihal pelanggaran.

Salah satu contoh, adalah ketika Gian Zola mendapatkan tekel keras dari adiknya, Beckham Putra pada pertengahan babak kedua. 

Baca Juga

"Padahal, jelas di dekat wasit ada tekel dengan dua kaki (yang dilakukan Beckham kepada Zola)," ucap Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

"(Pelanggaran keras) seperti itu sangat beresiko untuk pemain. Seharusnya diberikan terguran bahkan kartu," tambah dia.

Baca Juga

Ya, Faulur Rosy tampak tidak menganggapnya sebagai pelanggaran. Bola terus berjalan meski dalam tayangan ulang, tekel Beckham terlampau keras.

Sementara pada kejadian lainnya, para pemain Persib Bandung dan Arema FC kerap terlibat adu fisik yang keras, hingga berujung kartu kuning.

"Harusnya wasit bisa menjadi pelindung di tengah lapangan. Kalau wasitnya begini terus, ya susah untuk tim dan pemain," tandas Wiebie.

Baca Juga

1. Klaim Penalti

Pertandingan Persib Bandung vs Arema FC, pada pekan ke-26 Liga 1 2022-2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (23/02/23).

Seturut kemudian, Wiebie Dwi Andriyas juga menyoroti kinerja Faulur Rosy yang mengambil keputusan tidak tepat.

Pada saat menit-menit akhir laga, Arema FC diklaimnya seharusnya mendapatkan penalti, imbas pelanggaran terhadap Gian Zola.

Eks pemain Persib Bandung dan Persela Lamongan itu terlihat ditarik saat menjemput bola hingga membuatnya terpelanting di kotak penalti.

Namun, wasit tidak menilai itu sebagai pelanggaran. Padahal jika diputuskan penalti, kemungkinan besar hasil laga bisa berubah.

"Ya, harusnya (pelanggaran yang dilakukan Ahmad Jufriyanto kepada Zola) itu penalti untuk Arema FC," Wiebie mengungkapkan.

Baca Juga

"Karena Zola sudah kontrol bola tapi Jufriyanto menghadang dengan sikunya," sungut Manajer Arema FC tersebut.

Kendati demikian, hasil akhir sudah diiputuskan perangkat pertandingan. Persib Bandung memenangkan laga dengan skor 1-0 atas Arema FC.

Baca Juga

Namun demikian, Wiebie meminta kinerja wasit yang memimpin big match itu mesti mendapat perhatian serius dari PSSI, dalam hal ini komite wasit.

Jangan sampai hal ini terus mendapatkan toleransi dan menjadi kebiasaan. Karena akan merugikan tim-tim yang berjuang serius meraih prestasi di Liga 1.

"Harus jadi evaluasi bersama, apalagi pengurus PSSI juga baru. Mungkin jadi masukan soal kinerja wasit agar lebih baik dan tidak merugikan," tuntas Wiebie

Baca Juga
Persib BandungLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini