x

Jelang Piala Asia U-20 2023, Kiprah Impresif Timnas Indonesia U-20 Disorot Jurnalis Asing

Selasa, 28 Februari 2023 16:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Kiprah positif Timnas Indonesia U-20 menjelang Piala Asia U-20 menjadi sorotang seorang jurnalis olahraga asal Inggris.

INDOSPORT.COM – Kiprah positif timnas Indonesia U-20 menjelang Piala Asia U-20 menjadi sorotang seorang jurnalis olahraga asal Inggris.

Jurnalis yang dimaksud adalah Bence Bocsak, yang bekerja untuk beberapa media top Negeri Ratu Elizabeth, seperti Liverpool.com dan contributor di Guardian, World Soccer Mag, Goal, dan Daily Star.

Melalui cuitannya di Twitter, Senin (27/2/23), Bence Bocsak menyoroti persiapan timnas Indonesia U-20 menuju Piala Asia 2023.

Piala Asia U-20 2023 akan dimulai pada Rabu (1/3/23) hingga 18 Maret mendatang di Uzbekistan, dengan timnas Indonesia jadi salah satu pesertanya.

Di sana, timnas Indonesia U-20 akan menghadapi lawan-lawan tangguh di fase grup, yakni Irak, Suriah, dan tentu saja tuan rumah Uzbekistan.

Baca Juga

Menurut jurnalis yang juga pendukung Liverpool ini, timnas Indonesia U-20 termasuk salah satu tim yang layak dinantikan.

 “Indonesia adalah tim (sepak bola) yang mulai bersinar,” tulis Bence Bocsak.

Baca Juga

Dipahami. timnas Indonesia U-20 memang menunjukkan peningkatan performa dalam setahun terakhir sebelum lolos ke Piala Asia U-20.

Hal ini dimulai sejak skuad besutan Shin Tae-yong mengikuti kualifikasi Piala Asia U-20 yang berlangsung September kemarin.

Skuad Garura berhasil memuncaki Grup F yang juga dihuni oleh Vietnam, Timor-Leste dan Hong Kong. Pada fase ini, Indonesia menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan.

Baca Juga

1. Diperkuat Pemain Muda Berbakat

Pemain Madura United Ronaldo Kwateh saat latihan bersama timnya.

Berlanjut pada November tahun lalu, persiapan timnas Indonesia U-20 menuju Piala Asia 2023 semakin matang dengan mengikuti mini turnamen di Spanyol.

Mini turnamen di Spanyol tersebut menjadi rangkaian agenda pemusatan latihan pasukan Shin Tae-yong selama di Turki dan Spanyol.

Selama TC tersebut, timnas Indonesia menjalani tujuh laga uji coba yang digelar di Turki dan empat sisanya di Spanyol. Hasilnya, mereka menelan lima kalah, tiga menang dan imbang.

Dua kekalahan pertama Garuda Muda didapat sejak TC di Turki mulai 25 Oktober 2022. Skuat Merah Putih takluk 1-2 dari Timnas Turki U-20 dan 0-2 dari klub Arab Saudi, Al-Adalah FC.

Di Spanyol, timnas Indonesia diundang untuk mengikuti turnamen Turnamen Costa Callida Supercup yang juga diramaikan peserta Piala Dunia U-20 2023, seperti Prancis dan Spanyol.

Baca Juga

Tiga kekalahan beruntun dialami Garuda Muda, yakni dihajar habis oleh Prancis U-20 enam gol tanpa balas, takluk 1-2  dari Slovakia U-20, kalah 0-4 dari klub Norwegia Valerenga Football U-20  dan imbang 0-0 dari Malaga FC U-20.

Bukan hanya itu, Bence Bocsak, juga terkesan dengan sejumlah pemain muda yang diusung timnas Indonesia U-20, termasuk Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Baca Juga

Sayangnya, hanya Ronaldo Kwateh yang akan memperkuat timnas Indonesia U-20 di Piala Asia 2023, sedangkan Marselino Ferdinan terpaksa absen.

Hal ini dikarenakan Marselino Ferdinan tidak diberikan izin oleh klubnya di Belgia, KMSK Deinze, mengingat eks Persebaya itu belum lama bergabung.

Meski tanpa Marselino Ferdinan, namun timnas Indonesia U-20 tidak kekurangan opsi playmaker di antaranya Arkhan Fikri, Resa Aditya, hingga Zanadin Fariz. 

Saat ini, timnas Indonesia U-20 sudah berada di Uzbekistan. Mereka akan membuka petulangan Piala Asia 2023 dengan melawan Irak pada Rabu (1/3/23).

Baca Juga
Bola InternasionalMarselino FerdinanShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Ronaldo KwatehPiala Asia U-20 2023

Berita Terkini