x

Hitung-hitungan Timnas Indonesia ke Perempat Final Piala Asia U-20: Menang Jadi Asa Terbaik

Minggu, 5 Maret 2023 12:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia masih punya peluang lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia masih memiliki peluang lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023 yang saat ini sedang berlangsung di Uzbekistan.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 asuhan Shin Tae-yong tergabung di Grup A bersama sang tuan rumah, ditambah Suriah dan juga Irak.

Di pertandingan pembuka, Indonesia gagal memetik poin setelah dikalahkan Irak 0-2, namun kemarin mereka berhasil menekuk Suriah dengan skor tipis 1-0.

Hokky Caraka menjadi satu-satunya pencetak gol di laga kontra Suriah, untuk memastikan Indonesia meraih poin penuh dan bersaing di klasemen Grup A.

Dengan raupan tiga poin, Timnas Indonesia U-20 saat ini sama kuat dengan Irak yang pada matchday kedua takluk di tangan Uzbekistan 0-1.

Baca Juga

Hal ini tidak ayal membuat persaingan merebut tiket ke perempat final Piala Asia U-20 2023 menjadi lebih sengit bagi Indonesia dan Irak, bahkan Uzbekistan.

Apalagi, saat putaran penyisihan grup hanya menyisakan satu jadwal lagi pada 7 Maret mendatang. Indonesia akan berjumpa Uzbekistan di Fergana.

Baca Juga

Garuda Nusantara saat ini berada di peringkat tiga klasemen Grup A Piala Asia U-20 2023 dengan tiga poin. Lantas, bagaimana hitung-hitungannya untuk lolos ke 8 besar?

Menang atas Uzbekistan

Jika Timnas Indonesia U-20 berhasil memenangkan pertandingan melawan Uzbekistan pada 7 Maret nanti, anak-anak asuh Shin Tae-yong akan mengoleksi enam poin.

Kemenangan ini akan menjaga asa terbaik untuk lolos ke perempat final, namun di sisi lain mereka masih harus bergantung pada laga Irak vs Suriah.

Baca Juga

1. Masih Ada Peluang

Timnas Indonesia masih punya peluang lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023. Foto: PSSI.

Singkat kata, Timnas Indonesia U-20 bisa melangkah ke perempat final apabila menang melawan Uzbekistan saat Irak imbang atau kalah dari Suriah.

Dalam skenario ini pula, jika Irak U-20 menang, ada tiga tim termasuk Indonesia dan Uzbekistan, yang mengantongi jumlah poin sama yakni enam.

Jika sampai pada situasi ini, head to head ketiga timlah yang nantinya bakal diadu. Sejauh ini, Timnas Indonesia U-20 sudah kalah dari Irak pada matchday pertama.

Imbang Lawan Uzbekistan

Lantas bagaimana apabila Hokky Caraka dkk bermain imbang melawan Uzbekistan? Artinya, mereka akan mengantongi empat poin sedangkan sang lawan tujuh.

Apabila demikian, satu-satunya cara agar Garuda Nusantara lolos ke perempat final adalah Irak harus kalah dari Suriah.

Baca Juga

Untuk lolos dari penyisihan Grup A nampaknya jadi PR yang lumayan sulit bagi Timnas Indonesia U-20, namun bukan berarti tidak mungkin.

Peluang masih terbuka cukup lebar di depan mata karena apa pun bisa terjadi di sepak bola, termasuk Suriah yang mungkin membungkam Irak lusa.

Baca Juga

Selain itu, Timnas Indonesia U-20 juga sedang dalam tren positif, motivasi yang cukup, dan tentunya kepercayaan diri yang tinggi setelah menekuk Suriah.

Setelah pertandingan kemarin, Shin Tae-yong pun tidak lupa memuji penampilan para pemainnya, yang bisa bangkit setelah kekalahan melawan Irak.

Ia berterima kasih kepada para pemain Garuda Nusantara yang menurutnya sudah berjuang keras hingga peluit panjang ditiup wasit.

Baca Juga

2. Kata Shin Tae-yong setelah Kalahkan Suriah

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Bahkan, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga memuji anak-anak asuhnya yang ia sebut sebagai atlet sejati karena mau berjuang sampai akhir.

Tidak lupa pula, ia memberi apresiasi kepada Suriah, yang dianggapnya sebagai lawan tangguh hingga akhir pertandingan.

"Sampai wasit meniup peluit, saya berterima kasih kepada para pemain yang berjuang hingga akhir pertandingan.  Terima kasih untuk itu," kata Shin Tae-yong. 

"Mereka berjuang layaknya atlet sejati. Saya juga berterima kasih kepada Suriah yang menjadi lawan tangguh hingga akhir laga," imbuhnya.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-20 membungkam Suriah ini juga buah wejangan Shin Tae-yong yang meminta para pemainnya agar main lebih percaya diri.

Wejangan dan evaluasi pascalaga melawan Irak pun ‘merasuk’ dengan baik ke dalam diri pemain, yang berhasil meningkatkan kualitas dan daya juang mereka di lapangan.

Sisa Jadwal Pertandingan Grup Piala Asia U-20 2023

Grup A

7 Maret 2023: Uzbekistan vs Indonesia, Irak vs Suriah

Grup B

7 Maret 2023: Qatar vs Australia, Vietnam vs Iran

Grup C

5 Maret 2023: Yordania vs Korea Selatan, Oman vs Tajikistan

8 Maret 2023: Korea Selatan vs Tajikistan, Yordania vs Oman

Grup D

6 Maret 2023: Kyrgyzstan vs Jepang, China vs Arab Saudi

9 Maret 2023: Arab Saudi vs Jepang, China vs Kyrgyzstan

UzbekistanIrakTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini