x

Hasil Piala Asia U-20 2023 Timnas Indonesia vs Suriah : Harapan Masih Ada, Garuda Muda Raup 3 Poin!

Sabtu, 4 Maret 2023 21:09 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Matchday kedua Piala Asia U-20 2023 antara Timnas Indonesia kontra Suriah yang digelar pada Sabtu (04/02/23) di stadion Lokomotiv sukses dimenangan Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-20 sukses meraih kemenanan atas Suriah dengan skor 1-0. Gol semata wayang dicetak oleh strike Hokky Caraka pada babak pertama dan tentunya ini adalah angin segar bagi pasukan Shin Tae-yong.

Tambahan tiga poin kini membuat mereka masih bisa menjaga kans lolos ke fase knock-out Piala Asia U-20 2023 menyaingi lawan di Grup A yakni Irak dan tuan rumah Uzbekistan.

Ketiga negara sama-sama punya koleksi tiga poin di klasemen Grup A, namun timnas Indonesia U-20 masih harus bergantung pada hasil tim lain untuk benar-benar bisa melaju.

Setidaknya moral tim akan naik setelah sebelumnya bermain buruk di matchday pertama kontra Irak dengan skor akhir 1-0.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Timnas Indonsia bermain dengan intensi menyerang sejak menit awal pertandingan namun sejumla penetrasi mereka gagal untuk membuahkan ancaman nyata bagi gawang Suriah.

Momentum anak-anak asuh Shin Tae-yong semakin terganggu saat Ferdiansyah harus mengalami cedera saat jam baru menunjukkan angka 13 menit dan digantikan oleh Hugo Samir.

Akan tetapi musibah itu menjadi blessing in disguise bagi Merah-Putih karena di babak pertama mereka bisa unggul 0-1 dengan gol yang melibatkan Hugo dalam prosesnya.

Baca Juga

Dalam situasi serangan balik, Hugo dengan cermat mengirim umpan panjang untuk Hokky Caraka yang masih dijaga oleh dua pemain Suriah pada menit ke-35.

Striker PSS Sleman tersebut kemudian dari sisi kanan dengan cepat melakukan tusukan ke tepi kotak penalti sebelum melepas sepakan kaki kiri melengkung yang sama sekali tidak bisa dimentahkan oleh kiper Maksim Sarraf.

Baca Juga

1. Jalannya Babak Kedua Timnas Indonesia U-20 vs Suriah

Selebrasi gol keempat Timnas Indonesia U-20 yang dicetak Hokky Caraka.

Di paruh kedua karena berada dalam posisi tertinggal Suriah U-20 langsung menginjak pedal gas dalam-dalam demi menyeimbangkan skor secepat mungkin.

Mahmood Alaswad, Mahmoud Nayef, dan Hozan Osman berulangkali mengancam gawang Daffa Fasya namun skor 0-1 tetap tidak berubah.

Kesigapan duet bek tengah timnas Indonesia yakni Kakang Rudianto dan Muhammad Ferarri untuk melakukan tekel juga intersepsi membuat segunung peluang lawan masih bisa dimentahkan.

Kontribusi para pemain depan seperti Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh, dan Hugo Samir untuk membantu pertahanan juga patut diapresiasi.

Ketiganya tidak segan sampai turun jauh ke belakang namun hasilnya skema serangan timnas Indonesia menjadi kurang berjalan lancar.

Beberapa kali umpan daerah untuk dikejar sulit berbuah peluang matang karena biasanya hanya ada satu pemain yang ada di depan tanpa bisa mendapat support tepat waktu.

Hanya saja tabungan gol dari babak pertama sudah cukup untuk memastikan tiga poin di matchday kedua babak grup Piala Asia U-20 2023.

Dengan ini kans timnas Indonesia untuk lolos ke babak berikutnya masih terjaga namun Suriah tidak lagi bisa mengejar target yang sama.

Baca Juga

Susunan Pemain Suriah U-20 vs Timnas Indonesia U-20

Suriah U-20 (4-3-3): Maksim Sarraf, Khaled Alhejjeh, Mahmoud Nayef, Almekdad Ahmad, Mohamd Othman, Amer Alfayad, Malek Janeer, Elias Safar, Mustafa Abdullatif, Hozan Rawan Osman, Mahmood Alaswad

Timnas Indonesia U-20 (4-4-2): Daffa Fasya, Kakang Rudianto, Muhammad Ferarri, Robi Darwis, Dzaky Asraf, Arkhan Fikri, Achmad Maulana Syarif, Doni Tri, Ferdiansyah, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh.

Baca Juga
SuriahBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Hokky CarakaPiala Asia U-20 2023

Berita Terkini