x

Cerita Gelandang Timnas U-20: Sesak Napas Lawan Irak, Kini Incar Kemenangan atas Uzbekistan

Senin, 6 Maret 2023 19:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia U-20, Achmad Maulana Syarif berbagi cerita selama berlangsungnya Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Dia mengatakan sempat kesulitan adaptasi dengan cuaca.

Timnas U-20 tiba di Uzbekistan sejak 25 Februari lalu. Skuad Garuda Nusantara datang lebih awal untuk adaptasi karena main lebih awal, lantaran berada di Grup A bersama Uzbekistan, Irak dan Suriah.

Kini, Timnas U-20 sudah jalani dua pertandingan di Piala Asia U-20 dengan hasil sekali menang (1-0) atas Suriah dan sekali kalah dari Irak dengan skor 0-2.

Achmad Maulana mengatakan, kekalahan dari Irak di laga perdana tidak lepas dari kondisi pemain yang belum top perform. Anak asuh Shin Tae-yong bahkan kesulitan napas karena cuaca dingin di Uzbekistan.

“Mungkin di pertandingan pertama kami semua nervous dan masih terkendala adaptasi cuaca. Sebab saat itu sedikit susah untuk bernafas sehingga tidak bisa tampil di top perfomance,” kata Achmad dalam rilis klubnya, Persija Jakarta.

Baca Juga

Menurut pemain Persija Jakarta itu, kekuatan Irak sebenarnya setara dengan Suriah yang dikalahkan Indonesia, dua hari lalu. Tapi, Achmad Maulana dan kolega tidak beruntung, meski lawan bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua.

“Di laga kedua kami semua mulai bisa beradaptasi. Sebenarnya lawan Irak ataupun Suriah sama (kekuatan lawan). Hanya saja  saat melawan Irak kami ada kendala adaptasi,” tuturnya.

Baca Juga

Kemenangan atas Suriah membuka peluang Timnas U-20 untuk melangkah lebih jauh di Piala Asia U-20 2023. Indonesia kini berada diperingkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan tiga poin.

Catatan poin itu sama hal dengan Irak diperingkat kedua, sehingga peluang ke babak selanjutnya masih terbuka apabila menang lawan Uzbekistan.

Baca Juga

1. Percaya Diri

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia U-20 saat melawan Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI)

Terkait laga terakhir Grup A lawa Uzbekistan pada Selasa (07/03/23), Achmad Maulana mengatakan tim dalam suasana bagus. Ia menilai, Timnas U-20 kini lebih percaya diri dan akan berusaha merebut tiga poin dari tim tuan rumah.

“Dalam menatap pertandingan ketiga kami semua optimistis untuk dapat tiga poin. Walaupun sulit, kami bakal menampilkan yang terbaik, penuh percaya diri, dan tentunya dengan motivasi tinggi,” ucap Achmad.

Selain Achmad Maulana, Persija mengirim tujuh pemain lainnya untuk membela Timnas U-20 di Piala Asia U-20 tahun ini. Mereka adalah Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, Frengky Missa, Dony Tri Pamungkas, Resa Aditya Nugraha, Alfriyanto Nico Saputro, dan Ginanjar Wahyu Ramadhani.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-Shin mengatakan laga lawan Uzbekistan pada 7 Maret nanti adalah laga hidup mati. Dia memastikan tim skuad Garuda Nusantara akan tampil habis-habisan.

Baca Juga

"Kita tau kompetisi belum selesai,  kami akan lakukan yang terbaik dan saya harap kami melakoni laga yang lawan mereka," ujarnya.

Untuk laga lawan Uzbekistan, Shin Tae-yong masih merahasiakan pemain yang akan diturunkan. Tapi, kemenangan tentu jadi lagu wajib jika ingin melaju ke babak selanjutnya.

Piala Asia U-20 2023 dijadikan ajang untuk pemanasan sebelum Timnas Indonesia U-20 tampil di Piala Dunia U-20 2023. Shin Tae-yong akan melakukan evaluasi dan juga seleksi terhadap para pemain yang dipanggil. 

Baca Juga
UzbekistanTimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini