x

Gelar Internal Game, Indra Sjafri Semringah Lihat Kualitas Pemain Seleksi Timnas U-22

Selasa, 7 Maret 2023 12:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Indra Sjafri senang dengan penampilan para pemain di seleksi Timnas Indonesia U-22. Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 menjalani internal game pada Selasa (07/03/23) pagi di Lapangan B Senayan, Jakarta. Indra Sjafri pun senang dengan penampilan para pemain.

Seperti diketahui, Timnas U-22 disiapkan untuk SEA Games 2023 di Kamboja pada Mei nanti. Ada 34 pemain yang dipanggil pada pemusatan latihan tahap pertama.

Setelah menjalani latihan sejak 1 Maret lalu, penampilan Braif Fatari dan kawan-kawan dinilai cukup mengesankan. Apalagi, pemain yang datang kali ini kebanyakan berasal dari Liga 2 dan Liga 3.

"Yang sudah kita rancang, jadi ada tiga match. Ini hari pertama, nanti kita ada dua match lagi, hari ini dah besok. Saya surprise dan terima kasih untuk pelatih klub, terutama Liga 2,

"Apa yang sudah mereka rekomendasikan gak salah dan benar-benar mereka bisa dijadikan untuk bagian dari Timnas SEA Games," kata Indra Sjafri.

Baca Juga

Menurut pelatih 60 tahun itu, para pemain yang datang sesuai dengan keinginan.

Tapi, nanti ada pengurangan karena akan ada pemain baru yang dipanggil pada seleksi gelombang kedua pada 9-16 Maret.

Baca Juga

"Karena memang kualitas pemain-pemain kita yang ada sekarang, hampir lebih dari separuh, itu sesuai dengan apa yang kita harapkan,

"Dari 34, dikurang 18-19 pemain itu kualitasnya pantas lah menjadi bagian dari tim ini," tutur Indra Sjafri lagi.

"Tetapi, mereka ini nanti akan bersaing lagi dengan pemain lain. Tentu dengan pemain dari Liga 1 yang nanti akan dipanggil," imbuhnya.

Baca Juga

1. Indra Sjafri Bicara soal Materi Latihan

Tim pelatih Timnas Indonesia U-22 belum memberikan materi latihan taktik ataupun menggenjot fisik pemain. Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT.-

Selama pemusatan latihan, tim pelatih Timnas Indonesia U-22 belum memberikan materi latihan taktik ataupun menggenjot fisik pemain.

Itu karena pemain yang ada belumlah skuad final ke SEA Games 2023..

Latihan intens baru akan digodok Indra Sjafri pada April nanti. Itu karena hampir pasti pemain yang datang disiapkan menuju kejuaraan multi-event di Kamboja.  

"Jadi mereka hadir ke sini belum ada penekanan latihan terhadap fisik dan taktikal. Ini dari sisi taktikal saya hanya memberikan sesi latihan basic sesuai dengan filosofi nanti yang akan kita bangun," jelas Indra Sjafri.

"Dari sisi fisik hanya adaptasi. Nanti di tanggal 1 April kita akan bikin periodesasi persiapan menuju SEA Games tanggal 29 April," sambungnya.

Baca Juga

Untuk tampil di SEA Games 2023, Indra Sjafri hanya membawa 20 pemain. Di ajang multi-event kali ini, regulasinya alami perubahan di mana cabang olahraga sepak bola tidak lagi memakai pemain senior.

Selain pemain lokal yang dipanggil, Indra Sjafri juga mengintip peluang untuk membawa pemain abroad seperti Pratama Arhan dan Bagus Kahfi.

Baca Juga

Tapi, sejauh ini belum ada keputusan kapan keduanya datang ke pemusatan latihan.

Secara umum, Indra Sjafri menjelaskan, pemain yang bakal dipanggil ke SEA Games 2023 adalah dari skuad Timnas U-20 yang sebelumnya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Saat itu, mereka kemudian batal beraksi karena pandemi Covid-19.

Baca Juga
Indra SjafriSEA GamesTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini