x

Harga Mati, Erick Thohir Tidak Izinkan Laga Persija vs Persib Main di Stadion GBK

Senin, 13 Maret 2023 18:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Erick Thohir dan Zainudin Amali saat memantau kondisi Stadion Utama Geloga Bung Karno (Stadion GBK).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan tidak boleh lagi ada kegiatan apapun di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Stadion itu sedang dipersiapkan untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 akan digelar pada 20 Mei - 11 Juni mendatang dengan enam stadion jadi venue pilihan yakni Stadion GBK, Gelora Bung Tomo, Manahan, Si Jalak Harupat, Jakabaring dan I Kapten Wayan Dipta.

Karena waktu yang semakin mepet dan rumput stadion butuh perawatan, maka Erick Thohir meminta pengelola Stadion GBK untuk tak lagi menggelar kegiatan apapun, termasuk laga Persija Jakarta vs Persib Bandung pada 31 Maret nanti.

Belum lama ini, Persija dilaporkan mengajukan GBK sebagai venue untuk menjamu Persib di laga tunda pekan ke-28 Liga 1 2022/23.

"Jawabannya tadi, semua event kita tidak membeda-bedakan, apakah itu entertainment, olahraga, tidak dimungkinkan lagi," kata Erick Thohir.

Baca Juga

Ketum PSSI menegaskan, Piala Dunia U-20 2023 sangat penting bagi Indonesia. Ini adalah kesempatan Indonesia untuk menunjukkan diri ke dunia, jika ingin mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia senior pada 2034.

"Ini bukan masalah pilihan salah dan benar, tapi ini kebijakan yang harus kita ambil kalau kita tidak mau gagal apalagi yang namanya pembukaan ada di sini (GBK)," ujarnya.

Baca Juga

Erick Thohir ingin GBK steril karena butuh waktu untuk perawatan rumput, selama dua bulan. Apalagi stadion tersebut baru saja dipakai untuk dua konser besar yakni Raisa dan Blackpink.

Karena FIFA akan melakukan inspeksi pada 21-26 Maret mendatang, PSSI ingin Stadion GBK dalam kondisi terbaik. Sejauh ini, hanya rumput yang jadi konsentrasi utama.

Baca Juga

1. Harus Steril

Kondisi GBK pasca konser blackpink, ada sedikit area lapangan/rumput yang kuning.

Sementara itu, wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali juga menyatakan GBK sudah harus steril. Ia sebenarnya sudah jauh hari meminta hal tersebut saat masih menjabat sebagai Menpora, karena tidak ingin ada kerusakan di GBK.

"Kan tadi ketua umum sudah jelaskan. Ya sudah, itu saja penjelasannya. Jangan nanya lagi," tuntasnya.

PSSI baru saja melakukan inspeksi di Stadion GBK, di mana Erick Thohir didampingi wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali dan Ratu Tisha. Lalu ada juga Plt Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Hasilnya cukup memuaskan karena tidak ada kendala serius.

Sebelum konser Blackpink pada 11-12 Maret, pengelola GBK telah menolak permintaan laga Persija vs Persib pada 4 Maret lalu. Dirut PPK GBK, Rakhmadi Afif Kusumo menilai aspek keamanan menjadi salah satu alasan pihaknya menolak laga panas Liga 1 tersebut. 

Sebelumnya, teka-teki mengenai kapan jadwal terbaru dan venue partai tunda Liga 1 2022-2023 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung sudah terkuak.

Baca Juga

Hal ini diutarakan oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus. Ia menyebutkan  duel klasik penuh gengsi itu rencananya diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 31 Maret mendatang.

Laga Persija Jakarta menjamu Persib Bandung pada pekan ke-28 Liga 1 2022-2023 sejatinya dijadwalkan berlangsung pada 4 Maret lalu.

Baca Juga

Namun, laga tersebut terpaksa ditunda karena tim ibu kota tersebut tidak mendapat venue untuk menggelar laga bertajuk El Clasico itu.

Persija awalnya ingin menggelar laga tersebut di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Namun GBK terlebih dahulu akan digunakan konser girl band asal Korea Selatan, Blackpink.

Kini, dengan pernyataan dari Erick Thohir dan Zainudin Amali sebagai perwakilan PSSI, keinginan Persija untuk main di Stadion GBK melawan Persib di Liga 1 pun dipastikan buyar. 

Baca Juga
Persija JakartaPSSIErick ThohirStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Liga IndonesiaZainudin Amali

Berita Terkini