x

Borneo FC Sedang Moncer di Liga 1, Kim Kurniawan Jaga Optimisme PSS Sleman

Jumat, 17 Maret 2023 19:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan, berupaya menjaga optimisme timnya di tengah situasi sulit hingga pekan ke-30 Liga 1.

INDOSPORT.COM - Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan, berupaya menjaga optimisme timnya di tengah situasi sulit hingga pekan ke-30 Liga 1 2022/2023. Rentetan hasil akhir diharapkan selesai dengan mengalahkan Borneo FC di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (18/03/23) sore.

Tujuh kekalahan beruntun di Liga 1 memberi gambaran betapa sulitnya kondisi PSS Sleman saat ini. Catatan itu menjadi rekor tim dengan kekalahan beruntun terbanyak musim ini, menggeser RANS Nusantara FC.

Di tengah situasi buruk, PSS Sleman harus melawan Borneo FC yang baru saja mencatatkan tiga kemenangan beruntun. Matheus Pato sedang melesat dengan hattrick ke gawang PSIS Semarang pada partai terakhir.

Target mengakhiri rentetan buruk saat laga melawan Borneo FC juga tidak mudah. PSS akan kehilangan Jonathan Cantillana, Jihad Ayoub dan Yevhen Bokhashvili.

Baca Juga

Namun, Kim Kurniawan coba menjaga optimisme untuk meraih kemenangan lagi setelah terakhir kali dicatatkan pada 9 Februari 2023 lalu atas Persik Kediri 2-1.

"Kita tahu Borneo FC tim kuat. Jadi pertandingan ini tidak gampang. Walau kita kehilangan beberapa pemain inti, saya yakin pemain penggantinya akan all out dan semangat memenangkan pertandingan," kata Kim Kurniawan, Jumat (18/03/23).

Baca Juga

Menurut adik ipar Irfan Bachdim ini, masa persiapan melawan Borneo FC sangat ideal. Ada jarak tujuh hari dari laga terakhir melawan Madura United menuju partai melawan Borneo FC.

"Persiapan kita sedikit berbeda karena ada jeda waktu panjang dibanding pertandingan sebelumnya. Kita benar-benar fokus di latihan untuk memperbaiki kekurangan yang ada," jelas Kim Kurniawan.

Namun, situasi latihan dan pertandingan tentu berbeda. Maka, Kim Kurniawan mengajak para pemain untuk membawa hal bagus dalam latihan ke partai melawan Borneo FC.

"Mudah-mudahan pada pertandingan melawan Borneo kita bisa menerapkan apa yang diterapkan di latihan minggu ini," harap Kim Kurniawan.

Baca Juga

1. Manfaatkan Dukungan Suporter

Pertandingan Liga 1 antara Madura United vs PSS Sleman di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Stadium (Pamekasan), Sabtu (11/03/23). (Foto: Instagram@pssleman)

Borneo FC akan hadir dengan skuat lebih lengkap, termasuk Matheus Pato. Mereka juga membawa status sebagai tim papan atas karena ada di peringkat empat dengan 50 poin.

Namun, PSS Sleman akan memiliki keuntungan dengan hadirnya belasan ribu suporter. Ya, pada laga ini PSS Sleman mendapat izin Polda DIY untuk menggelar pertandingan penonton.

Menurut Kim, situasi ini harus bisa dimanfaatkan untuk mengalahkan Borneo FC. Kim berharap suporter yang datang bisa memberi dorongan bagi skuat Elang Jawa.

"Kehadiran suporter menjadi sebuah keuntungan buat kita dan kerugian bagi lawan. Semoga teman-teman suporter bisa membuat kita terbang tinggi dan bisa menambah semangat serta motivasi semua pemain," ungkap Kim Kurniawan.

"Saya berharap kita bisa menampilkan permainan terbaik untuk kita semua, juga untuk suporter. Mudah-mudahan esok jadi hari yang baik buat PSS," ujar Kim Kurniawan.

Baca Juga

Perbaiki Klasemen

PSS Sleman butuh kemenangan untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara Liga 1 2022/2023. Saat ini, PSS ada di peringkat ke-17 dengan 28 poin dari 30 pertandingan.

Raihan tiga poin memang tak otomatis membuat peringkat PSS Sleman naik. Namun, modal 31 poin bisa membuat mereka mengakhiri musim dengan peringkat yang lebih baik.

Baca Juga

Peringkat 13-15 menjadi realistis setelah tujuh kekalahan beruntun. Di atas PSS Sleman saat ini ada Barito Putera (31 poin), Persik Kediri (32 poin) dan Dewa United (33 poin).

Sementara itu, dua tim tetangga, Persis Solo dan PSIS Semarang sedang sibuk memburu posisi delapan besar.

Persis Solo kini ada di peringkat sepuluh dengan mengantongi 37 poin. Lalu PSIS ada di peringkat sebelas klasemen Liga 1 dengan 35 poin.

Baca Juga
PSS SlemanBorneo FCKim Jeffrey KurniawanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini