x

Operasi Senyap, Arema FC Mulai Siapkan Kekuatan untuk Musim Depan

Selasa, 21 Maret 2023 16:14 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Arema FC sudah mulai berancang-ancang menatap musim depan namun enggan membeberkan detailnya.

INDOSPORT.COM - Arema FC tak hanya menata fokus untuk merampungkan kewajibannya di kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 yang tersisa satu bulan ke depan.

Namun, tim dengan julukan Singo Edan itu juga mulai berancang-ancang untuk menyiapkan kekuatan memasuki musim baru, 2023/2024 mendatang.

Kendati demikian, Arema FC enggan untuk menjabarkan secuil informasi apa pun perihal persiapan tim untuk menyambut musim depan karena masih dalam ruang lingkup internal.

"Perencanaan tim untuk (menatap kompetisi musim) ke depan tentu ada. Itu situasi yang normal," bilang Pelatih Arema FC, Joko Susilo.

"Tapi informasi ini hanya ada di lingkaran (internal) klub. Tidak baik untuk disampaikan ke (pihak) luar," sambung Gethuk, panggilan karib dia.

Baca Juga

Arema FC sendiri menilai hal itu kurang etis untuk disampaikan ke media, karena masih ada kewajiban pada musim ini.

Evan Dimas dkk masih harus menyiapkan diri dengan maksimal dalam 6 jadwal tersisa pada Liga 1 musim ini, yang memasuki bulan puasa.

Baca Juga

Dimulai dengan dua jadwal tunda pada awal putaran kedua, yakni menghadapi Borneo FC pada Jumat (24/03/23) dan Bali United (27/03/23).

Setelah itu, Tim Singo Edan lantas menjalani dua laga away Liga 1 ke markas Persita Tangerang (01/04/23) dan tidak ketinggalan Madura United (07/04/23).

Arema FC juga masih bertemu Persebaya dalam Derby Jatim yang tertunda (11/04/23) dan memungkasi kompetisis versus Bhayangkara FC (15/04/23).

Baca Juga

1. Rapor Pemain

Salah satu perencanaan yang paling utama dari Arema FC adalah bagaimana menyusun rapor atas kinerja seluruh pemain dan juga ofisial. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Salah satu perencanaan yang paling utama dari Arema FC adalah bagaimana menyusun rapor atas kinerja seluruh pemain dan juga ofisial.

Tahap ini menjadi yang pertama digelar ketika akhir musim nanti, sebelum menentukan komposisi pemain untuk musim baru.

"Pelatih tentu akan menyiapkan rapor (atas kinerja) pemain dan juga ofisial. Itu hal yang normal," beber Joko Susilo.

Oleh sebab itu, dia enggan untuk terpancing perihal adanya informasi yang menyebutkan Arema FC sudah mulai dikaitkan pada transfer window.

Sebagaimana fenomena belakangan ini, dimana beberapa klub juga sudah mengumumkan sejumlah pemain untuk musim depan.

Baca Juga

Persebaya Surabaya sudah mengumumkan tetap diperkuat dua pemain asingnya, Ze Valente dan Sho Yamamoto, lewat perpanjangan kontrak.

Persik Kediri pun demikian, dengan memagari salah satu striker berbakatnya, Mohammad Khanafi, untuk 3 musim ke depan.

Baca Juga

"Kalau untuk (rencana mendatangkan) pemain baru, domainnya ada di manajemen," eks Pelatih Persik Kediri itu mengungkapkan.

Fenomena klub-klub yang saling berlomba memagari sejumlah pemain andalannya juga tak lepas dari rencana Liga 1 yang bergulir lebih cepat musim depan.

PSSI di era kepemimpinan Erick Thohir, mewacanakan Liga 1 musim 2023/2024 akan kick-off pada Juli mendatang.

Baca Juga

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

Joko SusiloLiga IndonesiaArema FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini