x

Bikin Brighton Untung Besar, Chelsea Pecahkan Rekor untuk Datangkan Graham Potter

Jumat, 24 Maret 2023 04:01 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Chelsea dilaporkan telah memecahkan rekor penebusan pelatih termahal, usai merekrut Graham Potter dari Brighton & Hove Albion sebagai pengganti Thomas Tuchel. (Foto: REUTERS/Toby Melville)

INDOSPORT.COM – Chelsea dilaporkan telah memecahkan rekor penebusan pelatih termahal, usai merekrut Graham Potter dari Brighton & Hove Albion sebagai pengganti Thomas Tuchel.

Graham Potter ditunjuk oleh Chelsea sebagai pelatih pengganti Thomas Tuchel pada 8 September 2022 silam.

Keputusan memberhentikan Tuchel dilaporkan karena pemilik baru The Blues, Todd Boehly dan pelatih asal Jerman itu tidak memiliki kesamaan dalam misi dan visi.

Penunjukkan Potter sebagai pelatih Chelsea pun sempat menuai pujian karena berhasil membantu klub untuk finish sebagai juara grup di Liga Champions.

Tapi, seiring berjalannya waktu performa Chelsea di bawah Graham Potter semakin meredup dan parahnya harus turun ke peringkat 10 di Liga Inggris (Premier League) 2022-2023.

Baca Juga

Kendati demikian, perjalanan Eropa di Liga Champions berhasil dilaksanakan Potter dengan baik, usai membantu Chelsea mengamankan tempat di delapan besar.

Namun, baru-baru ini akademisi sekaligus ahli keuangan sepak bola, Kieran Maguire mengungkapkan fakta menarik terkait penunjukkan Graham Potter sebagai pelatih Chelsea.

Baca Juga

Diungkapkan oleh Kieran Maguire melalui Twitter, Chelsea harus mengeluarkan begitu banyak uang untuk mendatangkan Graham Potter dari Brighton & Hove Albion.

Fakta tersebut diungkapkan setelah dia membongkar pendapatan Brighton yang semula berada di angka 29 juta pounds menjadi 174 juta pounds.

Salah satu pendapatan tersebut didapatkan Brighton & Hove Albion ketika Chelsea menebus Graham Potter sebagai pelatih pengganti Thomas Tuchel.

Baca Juga

1. Chelsea Pecahkan Rekor untuk Datangkan Graham Potter

Graham Potter, pelatih Chelsea. Foto: REUTERS/Matthew Childs

Dalam laporan Kieran Maguire, disebutkan bahwa peningkatan pendapatan Brighton didapatkan setelah menjual Ben White serta Dan Burn.

Berangkat dari sana, setelah mengalami kerugian hingga 32 juta pounds mereka lantas mengubahnya menjadi keuntungan sebesar 24 juta pounds.

Namun, hal yang paling mengejutkan adalah kepindahan Graham Potter ke Chelsea membuat mereka mendapatkan keuntungan sebesar 21,5 juta pounds.

Diungkapkan oleh 90min, biaya yang dikeluarkan The Blues telah menjadikan Potter sebagai pelatih termahal sepanjang masa.

Bahkan, hal tersebut melampaui pengeluaran Bayern Munchen sebesar 17,4 juta pounds untuk mendatangkan Julian Nagelsmann dari RB Leipzig.

Baca Juga

Selain itu, kepindahan Potter juga berhasil melampaui pengeluaran Real Madrid sebesar 13,9 juta pounds saat mendatangkan Jose Mourinho pada 2010.

Hal yang lebih mengejutkan adalah, Brighton tidak membutuhkan biaya untuk mendapatkan pengganti Graham Potter.

Baca Juga

Pasalnya, Roberto De Zerbi yang kini menjadi pengganti Potter saat itu tengah menganggur usai meninggalkan Shakhtar Donetsk akibat perang di Ukraina.

Sebaliknya, keputusan Potter justru mengalami nasib yang memalukan usai kalah saat menghadapi mantan klubnya sendiri dengan skor telak 4-1.

Oleh karena itu, meskipun lolos ke delapan besar Liga Champions, Graham Potter masih harus berjuang untuk menghadapi kritikan buntut dari buruknya performa Chelsea di Liga Inggris.

Baca Juga

Sumber: Twitter Kieran Maguire, 90min

Baca berita sepakbola dan olahraga lainnya di Google News

ChelseaBrighton & Hove AlbionThomas TuchelLiga InggrisGraham Potter

Berita Terkini