x

Catatkan Assist vs Burundi, Stefano Lilipaly Buktikan Timnas Indonesia Hampir Blunder Coret Dirinya

Minggu, 26 Maret 2023 05:10 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Stefano Lilipaly jadi salah satu pemain yang tampil brilian dalam laga uji coba resmi antara timnas Indonesia vs Burundi pada Sabtu (25/03/23) malam tadi. Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Stefano Lilipaly jadi salah satu pemain yang tampil brilian dalam laga uji coba resmi antara timnas Indonesia vs Burundi pada Sabtu (25/03/23) malam tadi.

Sulit dipercaya jika sebelumnya bintang naturalisasi kelahiran Belanda itu nyaris tidak dipanggil dalam pemusatan skuad kali ini oleh pelatih Shin Tae-yong.

Nama Lilipaly awalnya tidak ada dalam daftar pemain timnas Indonesia yang dijadwalkan menghadapi Burundi dalam dua pertandingan pada akhir Maret ini.

Pemain serba bisa berusia 33 tahun itu padahal tengah on fire bersama klubnya di Liga 1, Borneo FC, dengan menyarangkan enam gol plus sembilan assist dari 28 pertandingan.

Ketimbang Lilipaly, Shin Tae-yong lebih memilih memanggil para pemain andalannya untuk mengisi lini depan meski sebagian besar dari mereka seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman tengah berada di bawah standar permainan mereka.

Baca Juga

Akan tetapi semuanya berubah setelah Egy dinyatakan tidak cukup fit untuk membela Merah-Putih dan dikembalikan pada Dewa United.

Meski sudah disindir lewat postingan Instagram oleh si pemain, Shin Tae-yong kemudian memutuskan berbesar hati dan memanggil Stefano Lilipaly kembali ke timnas Indonesia.

Baca Juga

Hasilnya sama sekali tidak mengecewakan. Dipasang sebagai starter melawan Burundi, jebolan akademi FC Utrecht tersebut mampu mengemas satu assist yang membantu timnya menang 3-1.

Prosesnya pun sangat cantik. Lilipaly menunjukkan determinasi tinggi untuk berebut bola di sisi kanan pertahanan Burundi dan mampu menang.

Bola kemudian tanpa menunggu lama langsung dikirimnya ke sisi seberang dimana Yakob 'Yasa' Sayuri berlari di titik buta penjaganya.

Baca Juga

1. Curi Gati Fans Garuda

Aksi Stefano Lilipaly di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

Tanpa diduga Yasa mampu menanduk masuk si kulit bundar dan membawa timnas Indonesia unggul cepat. Saat itu pertandingan baru berusia enam menit saja.

Memimpin sejak dini kemudian membuat tugas tuan rumah untuk menang semakin gampang.

Sebelum babak pertama berakhir, timnas Indonesia dapat menambah dua gol lagi kewat kaki Dendy Sulistyawan dan Rizky Ridho.

Sepanjang pertandingan sebenarnya Stefano Lilipaly punya peluang untuk merigistrasikan assist lebih banyak atau bahkan ikut mencatatkan namanya di papan skor namun nasib memang belum berpihak saja padanya.

Sampai digantikan oleh Witan di menit ke-67, Lilipaly cukup mampu menjaga intensitas pressingnya sehingga Burundi tidak nyaman dalam mengembangkan permainan.

Baca Juga

Tak ayal, rentetan apresiasi untuk bekas penggawa Bali United dan Persija Jakarta itu deras mengucur di media sosial.

Netizen dan fans timnas Indonesia kagum dengan cara Lilipaly membuktikan pada Shin Tae-yong bawah ia memang masih sangat layak untuk dipanggil melaksanakan tugas negara.

Baca Juga

Namanya dianggap layak disandingkan dengan Yasa, Ridho, dan juga Jordi Amat untuk berlomba menjadi man of the match di Stadion Patriot Chandrabaga.

Berkaca pada penampilannya semalam, sepertinya Stefano Lilipaly jadi salah satu pemain yang dirasa pantas untuk mendapatkan start lagi di partai kedua vs Burundi pada Selasa (28/03/23) mendatang.

Shin Tae-yong mungkin ingin bereksperimen dengan forward timnas Indonesia lain seperti Ramadhan Sananta, Riko Simanjuntak, atau Saddil Ramdani namun kita tunggu saja keputusannya.

Baca Juga

Baca berita sepakbola dan olahraga lainnya di Google News

Stefano LilipalyTimnas IndonesiaBola InternasionalBurundiBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini