x

Hasil Timnas Indonesia vs Burundi: Dominan! Garuda Bantai Si Walet di Pertemuan Pertama

Sabtu, 25 Maret 2023 22:40 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Partai pertama FIFA Matchday Maret 2023 antara timnas Indonesia vs Burundi pada Sabtu (25/03/23) malam WIB berakhir dengan skor 3-1. Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Partai pertama FIFA Matchday Maret 2023 antara timnas Indonesia vs Burundi pada Sabtu (25/03/23) malam WIB berakhir dengan skor 3-1.

Meski sebelumnya diprediksi akan berjalan alot, namun laga uji coba resmi perdana antara timnas Indonesia kontra Burundi di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, justru relatif mudah dimenangkan oleh Tim Garuda.

Dalam laga ini Shin Tae-yong selaku pelatih tim tuan rumah menurunkan line up yang kuat dalam formasi 3-4-3.

Untuk kali pertama Jordi Amat dan Elkan Baggott dapat diduetkan di jantung pertahanan ditemani oleh Rizky Ridho.

Sementara itu Stefano Lilipaly yang pada awalnya tidak masuk dalam proyeksi skuad justru menjadi starter dan dipercaya memimpin lini depan bersama Dendy Sulistyawan juga Yakob 'Yasa' Sayuri.

Baca Juga

Sementara itu Burundi terlihat masih menyimpan kekuatan penuh mereka dengan tidak turunnya sama sekali kapten sekaligyus penyerang andalan, Saido Berahino.

Start yang cukup baik mampu ditunjukkan oleh timnas Indonesia usai sudah mampu menjebol gawang Burundi kawalan Fabien Mutombola di menit keenam.

Baca Juga

Visi bermain Lilipaly patut diacungi jempol usai ia bisa mengirim crossing akurat dari sayap kiri setelah sempat nyaris kehilangan possesion.

Bola kemudian ditanduk masuk oleh Yasa yang dapat memanfaatkan titik buta penjaganya untuk memberikan timnas Indonesia keunggulan cepat.

Delapan menit berselang papan skor kembali berubah usai Dendy mempamerkan insting gol brilian sebagai 'nomor 9'.

Baca Juga

1. Burundi Bangkit di Paruh Kedua

Selebrasi Yakob Sayuri di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

Kemelut bisa tercipta di kotak penalti Burundi akibat sapuan yang kurang bersih dari pemain mereka sendiri. Situasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh Rachmat Irianto untuk mengirim assist ke Dendy yang hanya butuh satu sontekan saja mengelabui Mutombola.

Mendapatkan sepak pojok semenit jelang waktu normal usai di babak pertama lagi-lagi berbuah gol untuk timnas Indonesia dan kali ini giliran Ridho yang masuk dalam scoresheet.

Tinjuan yang buruk dari Mutombola untuk menghalau umpan silang Pratama Arhan membuat bola jatuh di hadapan Ridho dan sang bek tinggal melakukan sepakan voli tanggung untuk mengemas gol ketiga timnya.

Skor 3-0 di laga timnas Indonesia vs Burundi kemudian bertahan hingga peluit tanda turun minum dibunyikan.

Di paruh kedua, Burundi bisa tampil lebih baik. The Swallows (Burung Walet) melakukan sejumlah subtitusi namun justru striker starter mereka yakni Pacifique Niyongabire yang dapat memecah kebuntuan timnya.

Baca Juga

Hanya dengan satu blunder dari barisan pertahanan timnas Indonesia saja sang penyerang bisa menghapus impian nirbobol kiper Syahrul Trisna berkat tembakan kaki kiri melengkung nan akurat pada menit ke-51.

Sampai laga berakhir tidak ada gol tambahan yang tercipta dan 3-1 jadi hasil pamungkas di Stadion Patriot Chandrabaga. Kendati demikian saling tukar peluang masih terjadi dan hanya finishing yang kurang digin saja jadi halangan hujan gol tercipta.

Baca Juga

Dengan hasil ini timnas Indonesia mendapatkan suntikan moral yang besar mengingat mereka mampu menumbangkan Burundi yang memiliki peringkat FIFA lebih tinggi (141:151).

Anak-anak asuh Shin Tae-yong bakal lebih percaya diri untuk memainkan duel kedua pada Selasa (28/03/23) mendatang masih di venue yang sama.

Namun Burundi dipastikan siap memperbaiki penampilan mereka dengan melakukan evaluasi serta menurunkan skuad terbaik sejak menit pertama.

Baca Juga

Baca berita sepakbola dan olahraga lainnya di Google News

Timnas IndonesiaBola InternasionalDendy SulistyawanYakob SayuriBurundiBerita Timnas IndonesiaRizky Ridho

Berita Terkini