x

Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20, Instagram Ganjar Pranowo Langsung Banjir Uneg-uneg Publik

Minggu, 26 Maret 2023 20:59 WIB
Editor: Juni Adi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menyampaikan rencana Jawa Tengah menyiapkan Popda secara virtual.

INDOSPORT.COM - Publik langsung bereaksi dan menuangkan uneg-unegnya usai Ganjar Pranowo ikut menolak timnas Israel main di Piala Dunia U-20 2023.

Dinamika terus menghampiri persiapan Indonesia untuk menggelar turnamen sepak bola paling bergengsi kelompok umur, Piala Dunia U-20 2023. Rencananya ajang itu akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Namun hingga saat ini persiapan terus dilakukan meski mendapat sejumlah kendalan. Salah satunya terbaru adalah batalnya menggelar drawing untuk babak penyisihan grup.

Drawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya digelar 31 Maret mendatang batal terlaksana. Panitia Lokal (LOC) sudah mendapatkan pemberitahuan dari FIFA.

Kepastian ini disampaikan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga dalam konferensi pers di GBK Arena, Minggu (26/3/23).

Baca Juga

Pesan pembatalan dari FIFA ini sifatnya masih lisan yang disampaikan ke Ketum PSSI sekaligus Ketua LOC, Erick Thohir. 

Batalnya acara drawing Piala Dunia U-20 di Bali buntut dari gelombang protes penolakan terhadap keikusertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Baca Juga

Sebab seperti kita ketahui, Israel adalah salah satu negara yang masih dikecam oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia, karena tindakan penjajahan kepada Palestina.

Hingga sampai saat ini, Indonesia tidak mempunyai hubungan bilateral dengan Israel, karena sikap terus mendukung kemerdekaan Palestina.

"Kemarin kami sudah dapat informasi dari FIFA, ke LOC, dalam pemberitahuan belum ada surat resmi tapi sudah jelas bahwa drawing telah dibatalkan FIFA. Jadi ini adalah informasi yang kami dapat dari FIFA," kata Arya Sinulingga.

Baca Juga

"Memang kami belum dapat surat resmi dari FIFA. Tapi pesannya jelas bahwa dibatalkan.

"Ini kami maklumi karena adanya penolakan dari Gubernur Bali (I Wayan Koster) yang menolak kedatangan Israel. Sehingga drawing tidak mungkin dilakukan tanpa keikutsertaan seluruh peserta," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster telah mengirim surat resmi pada Menteri Pemuda dan Olahraga. Surat tersebut berisi penolakan terhadap kehadiran timnas Israel di Bali.


1. Uneg-uneg Publik untuk Ganjar Pranowo

Ilustrasi bendera Israel.

Penolakan dari kepaa daerah tidak hanya dilontarkan oleh Gubernur Bali, tetapi juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang menyatakan ikut menolak kehadiran timnas Israel U-20 di Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2023.

Menurut Ganjar, penolakan ini sebagai wujud komitmen bersama mendukung kemerdekaan negara Palestina sesuai amanat Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno.

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," kata Ganjar kepada wartawan.

"Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel," tegasnya.

Alih-alih mendapat dukungan dari publik, sikap politikus PDI Perjuangan itu justru mendapat kritikan dari publik khususnya para pecinta sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Dalam unggahan di Instagram pribadinya, @ganjar_pranowo, publik banyak yang menuangkan uneg-unegnya terhadap pernyataan pria berusia 54 tahun itu.

"Udah malas sama pak Ganjar gara2 ikut tolak Israel, kalau sampai piala dunia gagal,dan di banned fifa pak ganjar harus tanggung jawab dg nasib industri sepakbola Indonesia," ungkap akun @ig.kuching.

Baca Juga

"Seorang pemimpin itu mencari solusi untuk sebuah masalah, bukan malah membuat masalah baru 😂 timnas U20 Israel datang ke indonesia untuk turnamen U20 karena Indonesia adalah tuan rumah," ujar akun @audrey_nathania.

"MENOLAK ANAK ANAK UMUR DBAWAH 20 TAHUN MAIN BOLA DEMI AMANAT BUNG KARNO DAN KEMANUSIAAN, TAPI BISA MEMBUAT INDONESIA DIBANNED FIFA," kata akun @andremannn.

Piala Dunia U-20 2023 memang dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Sebanyak 24 negara dipastikan tampil di ajang ini termasuk salah satunya adalah Israel yang lolos sah dari babak kualifikasi. 

Baca Juga
FIFAPSSIPiala Dunia U-20Ganjar PranowoBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini