x

Batal Gelar Drawing Piala Dunia U-20, PSSI Lapor Jokowi untuk Cari Solusi

Minggu, 26 Maret 2023 18:03 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pangerang Siahaan dan Arya Sinulingga saat menggelar konferensi pers pengumuman nasib drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali.

INDOSPORT.COM - PSSI memastikan drawing Piala Dunia U-20 di Bali batal. Kini PSSI pun tengah berupaya mencari solusi agar Indonesia terhindar dari sanksi dari FIFA.

Drawing Piala Dunia U-20 yang diikuti Timnas Indonesia sejatinya dijadwalkan berlangsung pada 31 Maret mendatang di Bali.

Namun jelang drawing ini, gelombang penolakan pun mulai kencang berembus terkait adanya keikutsertaan Israel di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Batalnya drawing ini pun tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa terancam sanksi. Terkait hal ini anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengatakan saat ini Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sedang mencari cara agar Indonesia bisa terbebas dari sanksi.

"Saat ini kami sedang pikirkan cara supaya Indonesia khususnya sepak bola Indonesia tidak dikucilkan di dunia," ucap Arya di GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Baca Juga

Arya menegaskan memang saat ini sangat sulit membedakan antara kepentingan olahraga dan kepentingan politik.

"Kita memang tahu saat ini sangat sulit dipisahkan antara politik dan sepak bola. Walau kita mau olahraga adalah olahraga sejatinya," jelas Arya.

Baca Juga

"Saat ini Pak Erick sedang berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri sebagai penanggung jawab diplomasi."

"Serta dengan Kemenpora sebagai Inafoc penanggungjawab Piala Dunia U-20," beber Arya.

Baca Juga

1. PSSI Lapor ke Presiden Jokowi

Pangerang Siahaan dan Arya Sinulingga saat menggelar konferensi pers pengumuman nasib drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali.

Tak sampai di situ, Arya menjelaskan saat ini juga Erick Thohir melaporkan kejadian ini kepada Presiden Joko Widodo terkait situasi ini. Setidaknya dengan melapor ke Presiden Jokowi bisa didapatkan solusi dari permasalahan ini.

"Pak Erick juga akan melaporkan ke Presiden Jokowi terkait proses-proses ini. Kita akan mencari solusi yang terbaik untuk menyelamatkan sepak bola Indonesia," ujar Arya.

Piala Dunia U-20 2023 memang dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Sebanyak 24 negara dipastikan tampil di ajang ini termasuk salah satunya adalah Israel yang secara sah lolos dari babak kualifikasi.

Sebelumnya, PSSI pada Minggu (26/03/23) hari ini, akhirnya memastikan bahwa drawing atau pembagian grup Piala Dunia U-20 di Bali batal. Berita ini diutarakan langsung oleh anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

Baca Juga

Drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 yang diikuti Timnas Indonesia direncanakan berlangsung pada 31 Maret 2023 di Bali.

Namun belakangan kabar mengenai batalnya drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 memang telah berembus kencang belakangan ini.

Baca Juga

Kini kabar terkait batalnya drawing pun sudah dikonfirmasi resmi oleh PSSI. Melalui anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, dinyatakan bahwa drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali batal.

"Kemarin kami sudah dapat informasi dari FIFA, LOC. Dalam pemberitahuannya memang belum ada surat resmi tapi pesannya jelas bahwa drawing di Bali dibatalkan FIFA," ucap Arya Sinulingga di GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Meski belum ada surat resmi dari FIFA terkait batalnya drawing ini, PSSI memastikan bahwa drawing Piala Dunia U-20 yang diikuti Timnas Indonesia dipastikan batal.

Baca Juga
PSSIIsraelPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaBerita Timnas IndonesiaArya Sinulingga

Berita Terkini