x

Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 Bisa Dikomunikasikan, Ini Saran dari Pengamat

Sabtu, 25 Maret 2023 15:57 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 merupakan capaian yang harus dijaga

INDOSPORT.COM - Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 merupakan capaian yang harus dijaga, Sabtu (25/03/2023)

Menurutnya, jangan sampai persiapan yang sudah dilakukan oleh pihak yang terlibat sia-sia karena muncul polemik keikutsertaan Israel di turnamen sepak bola terbesar kedua FIFA tersebut.

"Dampaknya sangat buruk jika FIFA memindahkan tuan rumah Piala Dunia U-20 ini. Jangan sampai itu terjadi," kata Kesit dalam sesi diskusi dengan sejumlah pengamat sepak bola di FX Sudirman, Jakarta.

"Momentum atau kesempatan Indonesia sebagi tuan rumah harus dijaga bersama," tambahnya.

Kesit menjelaskan, Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20, tak punya kuasa menolak Timnas Israel untuk datang dan bertanding. Semua kewenangan ada di FIFA selaku federasi sepak bola dunia.

Baca Juga

Menurutnya, Indonesia hanya sebatas negara yang ditetapkan sebagai tuan rumah yang berkewajiban menerima seluruh peserta yang merupakan anggota FIFA, termasuk Israel.

"FIFA kan sudah menunjuk kita sebagai tuan rumah dan itu harus kita pertahankan. Jadi momentum ini tetap harus dijaga. Jangan sampai, sudah disiapkan hal-hal teknis justru tuan rumah dipindah, itu dampaknya sangat buruk di mata dunia. Belum lagi soal sanksi yang bisa diterima dari FIFA," kata Kesit.

Baca Juga

Menurutnya, soal perbedaan pandangan keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik antara pemerintah, PSSI, dan FIFA. 

Misalnya, kata dia, ketika Israel bertanding, tidak ada bendera atau lagu kebangsaan dinyanyikan saat Israel bertanding.

"Tinggal bagaimana komunikasi masif dilakukan dengan FIFA. Pada dasarnya kita harus menjaga momentum ini agat bisa menjadi tuan rumah yang baik," kata Kesit.

Baca Juga

1. Sanksi FIFA

Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 merupakan capaian yang harus dijaga

Perhelatan Piala Dunia U-20 2023 memang menyisakan 58 hari lagi. Indonesia pun semakin bersiap menjadi tuan rumah pesta sepak bola dunia kategori usia 20 tahun ini.

Andai PSSI dan Pemerintah tidak mampu meredam gelombang protes kedatangan timnas Israel U-20 ke Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023, sepak bola Indonesia tentu menjadi taruhannya karena berpotensi mendapat sanksi FIFA.

Indonesia membutuhkan dukungan para suporter agar bisa tetap menyelenggarakan Piala Dunia U-20 sesuai rencana. Dalam sepak bola, suporter adalah nyawa dari permainan sepak bola. 

Baca Juga
FIFAPSSIIsraelPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini