x

Prediksi Starting XI Timnas Indonesia vs Burundi: Elkan dan Jordi Siap Jadi Tembok Kokoh

Sabtu, 25 Maret 2023 04:02 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Latihan perdana Timnas Indonesia Senior sebagai persiapan laga FIFA Matchday melawan Burundi di Lapangan PTIK, Jakarta, Senin (20/03/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong bakal menjamu Burundi dalam pertandingan uji coba bertajuk FIFA Matchday, Sabtu (25/03/23) malam WIB.

Dalam menghadapi Burundi di FIFA Matchday Maret 2023, Timnas Indonesia berkekuatan 27 pemain. Sebenarnya ada sosok Shayne Pattynama, namun ia terpaksa harus absen.

Shayne Pattynama dipastikan batal bergabung dengan Timnas Indonesia untuk menghadapi Burundi di FIFA Matchday karena proses perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke PSSI belum selesai.

Selain Shayne Pattynama, ada juga Sandy Walsh yang batal menjalan debut. Ia absen karena masih menjalani pemulihan pasca cedera.

Baca Juga

Meski tanpa Shayne Pattynama dan Sandy Walsh, Shin Tae-yong sepertinya tidak terlalu khawatir. Hal ini setelah adanya sosok Elkan Baggott dan Jordi Amat yang siap untuk dimainkan.

Sementara itu, Burundi mengusung misi untuk meraih kemenangan dalam melawat ke Indonesia. Mereka bukan lawan yang mudah dikalahkan mengingat menempati ranking FIFA lebih baik ketimbang Garuda.

Baca Juga

Burundi kini berada di posisi ke-141 ranking FIFA dan memiliki beberapa pemain jebolan Eropa. Salah satunya ada Youssouf Ndayishimiye, seorang bek yang kini menjadi andalan klub Ligue 1 Prancis, OGC Nice.

Jelang duel melawan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23) pukul 20:30 WIB, berikut prediksi starting XI Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong:

Baca Juga

1. Elkan Baggott dan Jordi Amat Jadi Tembok Kokoh

Elkan Baggott

Dalam menghadapi Burundi, Shin Tae-yong diprediksi akan memakai formasi 3-4-2-1. Untuk posisi penjaga gawang, Nadeo Argawinata dipastikan masih menjadi andalan meski tengah dalam performa buruk di Bali United.

Kemudian untuk tiga bek tengah, sudah pasti Fachruddin Aryanto akan mengisi slot libero, atau berada di antara Elkan Baggott dan Jordi Amat.

Fachruddin Aryanto yang berstatus sebagai kapten Timnas Indonesia bisa melakukan komando agar Elkan Baggott dan Jordi Amat bisa menempel ketat striker Burundi.

Shin Tae-yong dipastikan tidak terlalu cemas karena ada sosok Fachruddin Aryanto yang merupakan pemain paling senior. Kemudian Elkan Baggott serta Jordi Amat memiliki pengalaman bermain di Eropa.

Lini Tengah

Untuk lini tengah, Asnawi Mangkualam diprediksi bakal masuk starting XI karena hadir menemani Shin Tae-yong dalam jumpa pers jelang laga.

Baca Juga

Ia akan mengisi slot sebelah kanan. Seperti biasa, Asnawi Mangkualam merupakan tipe pemain sering membantu serangan dan selalu sigap ikut bertahan bila Timnas Indonesia dalam keadaan tertekan.

Di sisi kiri, tidak adanya Shayne Pattynama membuat Pratama Arhan diprediksi masuk ke dalam starting XI. Sama seperti Asnawi, ia merupakan tipikal pemain ngotot.

Baca Juga

Pratama Arhan juga memiliki kemampuan yaitu melempar bola yang jauh. Hal ini akan membuat Burundi kelabakan dengan bakat yang dimiliki Pratama Arhan.

Sedangkan dua di tengah, sudah pasti Shin Tae-yong mengandalkan Marc Klok. Ia kemungkinan berduet dengan Rahmat Irianto, karena kedua pemain ini sama-sama menjadi andalan di Persib Bandung.

Baca Juga

2. Lini Depan

Saddil Ramdani saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Untuk sektor depan, Saddil Ramdani cocok untuk mengisi slot sisi kanan. Ia merupakan pemain yang memiliki kecepatan serta skill individu di atas rata-rata.

Di sebelah kiri ada Witan Sulaeman yang juga ahli dalam membuat umpan manis. Winger Persija Jakarta ini juga kerap membuat gol-gol kejutan bila striker Timnas Indonesia tumpul.

Kemudian di posisi ujung tombak, Shin Tae-yong pasti akan memilih striker yang memiliki postur tinggi. Dimas Drajad diprediksi akan kembali menjadi andalan karena penampilan tajamnya ersama Persikabo 1973 jelang FIFA Matchday.

Berikut Starting XI Timnas Indonesia vs Burundi:

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rachmat Irianto, Pratama Arhan; Saddil Ramdani, Witan Sualeman; Dimas Drajad.

Cadangan: Cadangan: Syahrul Trisna, Daffa Fasya, Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, Muhammad Ferarri, Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama, Dzaky Asraf, Edo Febriansyah, Doni Tri, Yance Sayuri, Yakob Sayuri, Ramadhan Sananta, Saddil Ramdani, Riko Simanjuntak.

Pelatih Kepala: Shin Tae-yong.

FIFATimnas IndonesiaAsnawi Mangkualam BaharBurundiElkan BaggottShin Tae-yongJordi Amat

Berita Terkini