x

Timnas Israel Sedang Berpolemik, Ini Atlet-Atlet Senegaranya yang Pernah Tampil di Indonesia

Minggu, 26 Maret 2023 12:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ilustrasi bendera Israel. Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay.

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Israel tengah menjadi sorotan di Indonesia jelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 yang penyelenggaraannya sudah di depan mata.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-20 2023 rencananya akan digelar di enam tuan rumah di Indonesia pada bulan Mei hingga Juni mendatang.

Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan dan digenjot untuk menyambut salah satu event akbar FIFA tersebut, mulai dari renovasi venue hingga acara drawing.

Bahkan belum lama ini FIFA telah mengumumkan Weird Genius dan tiga penyanyi Indonesia: Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya sebagai pengisi lagu resmi turnamen.

Euforia masyarakat serta para pencinta olahraga sepak bola juga semakin membuncah hari demi hari, menanti banyak pemain muda kelas dunia tampil di ajang ini.

Baca Juga

Namun sayang, di tengah keriuhan dan semangat menggelar Piala Dunia U-20 2023, justru muncul isu tidak sedap terkait salah satu peserta turnamen, Timnas Israel.

Kehadiran dan partisipasi Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 belakangan menjadi polemik dan menuai pro kontra di berbagai kalangan.

Baca Juga

Meski begitu, belum lama ini Erick Thohir menegaskan bahwa fokus PSSI adalah menyelenggarakan event, sedangkan untuk urusan politik biarlah jadi tugas pemerintah.

Ia juga mengatakan, sudah ada perjanjian antara pemerintah pusat dan daerah/tuan rumah venue Piala Dunia U-20 2023 soal pengamanan peserta turnamen.

Sampai saat ini, polemik keikutsertaan Timnas Israel masih menjadi perbincangan dan sedang dicari jalan keluar terbaiknya oleh pihak-pihak terkait.

Baca Juga

1. Speak Terjang Para Atlet Israel yang Pernah ke Indonesia

Misha Zilberman, pebulutangkis Israel di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 di Jakarta. Foto: Robertus Pudyanto/Getty Images.

Namun jika bicara soal Israel, tentu ini bukan kali pertama bagi atlet negara ini untuk menginjakkan kaki di Indonesia.

Sebelum muncul polemik Timnas sepak bola Israel jelang Piala Dunia U-20 2023, sejumlah atlet senegara mereka sudah terlebih dulu tampil di Indonesia.

Siapa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan redaksi berita olahraga INDOSPORT.COM.

Bulutangkis

Dimulai dari sektor olahraga yang juga sangat populer di Indonesia selain sepak bola, bulutangkis. Ada Misha Zilberman yang pernah datang pada 2015 lalu.

Saat itu, ia bertanding di Kejuaraan Dunia yang digelar di Istora Senayan. Namun sayang, langkahnya terhenti cukup cepat di babak pertama.

Baca Juga

Putra Svetlana Zilberman ini ditekuk wakil Chinese Taipei, Hsu Jen Hao dengan skor 14-21, 14-21, dan belum pernah kembali lagi ke Indonesia untuk bertanding.

Kedatangan Misha Zilberman dari Singapura ke Indonesia pada waktu itu pun sempat diwarnai drama persetujuan visa yang cukup alot.

Baca Juga

Beruntung, pada akhirnya ia pun diizinkan masuk ke Indonesia setelah sejumlah pihak seperi BWF dan panitia pelaksana ikut turun tangan.

Bagi negara yang diwakilinya di olahraga bulutangkis, Misha Zilberman pun mencatatkan diri sebagai pemai Israel pertama yang berhasil meraih medali di Kejuaraan Eropa.

Teranyar, Misha Zilberman turut serta di German Open 2023 baik di nomot tunggal maupun ganda bersama sang ibu, Svetlana. Ia kandas di 32 besar.

Baca Juga

2. Atlet-Atlet Lainnya

Ilustrasi bendera Israel. Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay.

Panjat Tebing

Beralih ke panjat tebing. Kali ini ada Noa Shiran dan Yuval Shemla yang pernah datang ke Indonesia untuk berpartisipasi di IFSC Climbing World Cup 2022.

Event tersebut digelar di Jakarta pada 24 sampai 26 September yang diikuti atlet-atlet panjat tebing dari berbagai penjuru dunia, tidak terkecuali Israel.

IFSC Climbing World Cup bisa dibilang sama prestisiusnya dengan Piala Dunia sepak bola. Namun sayang, Noa Shiran dan Yuval Shemla gagal meraih hasil maksimal di ajang ini.

Balap Sepeda

Selanjutnya ada atlet balap sepeda, Mikhail Yakovlev, yang pernah berpartisipasi di UCI Track Nations Cup 2023 yang baru saja digelar di Jakarta.

Kompetisi balap sepeda trek ini dihelat di velodrome Jakarta pada 23 hingga 26 Februari 2023. Mikhail Yakovlev pun meraih hasil yang cukup memuaskan di final nomor keirin putra.

Di kategori tersebut, ia finis ketiga di belakang Azizulhasni Awang (Malaysia) dan sang juara, Harrie Lavreysen (Belanda).

Sebelumnya, atlet yang kini berusia 22 tahun ini pernah mewakili negara kelahirannya, Rusia, di UCI Track Cycling World Championships pada 2021.

Lalu pada 2022, Mikhael Yakovlev pun berpindah kewarganegaraan menjadi Israel. Ia juga pernah menggondol perunggu di Kejuaraan Eropa dan Dunia.

Tentang Timnas Israel U-20

Piala Dunia U-20 2023 merupakan ajang debut bagi Timnas Israel U-20 setelah lolos kualifikasi untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Sebelumnya, tim asuhan Ofir Haim ini menyabet gelar runner-up di Euro U-19 2022 setelah ditekuk Inggris melalui babak perpanjangan waktu.

Sumber: bwfbadminton.com, ifsc-climbing.orgs, indonesia.go.id, fifa.com

FIFAIsraelPiala Dunia U-20Misha ZilbermanBerita OlahragaPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini