x

Rombongan FIFA Datang ke Stadion Manahan Lagi Jelang Piala Dunia U-20, Bawa Tim Teknis Lengkap

Sabtu, 25 Maret 2023 19:31 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Walikota Solo, Gibran Rakabuming, menemani Wishnutama sebagai konseptor closing ceremony Piala Dunia U-20 2023 saat mengecek Stadion Manahan Solo. (Foto: Pemkot Surakarta)

INDOSPORT.COM - FIFA kembali melakukan pengecekan terhadap kesiapan Stadion Manahan Solo menuju Piala Dunia U-20 2023. Rombongan yang berisikan tim teknis lengkap mengelilingi komplek pada Sabtu (25/3/23) siang.

Rombongan tim FIFA diangkut dengan dua bus berbeda. Mereka datang pukul 10.40 WIB dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Rombongan FIFA melakukan pengecekan dengan kekuatan 30 orang. Mereka berkeliling setiap sudut komplek stadion dengan terlihat membawa buku panduan.

Kegiatan ini sendiri tertutup dari pihak luar. Awak media yang datang hanya mengambil gambar dari pintu selatan komplek Stadion Manahan, Solo.

Pengecekan ini berlangsung selama berjam-jam. Setelah dari Manahan, rombongan FIFA melakukan pengecekan terhadap empat stadion pendamping yang akan digunakan untuk tim peserta grup Solo berlatih.

Baca Juga

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Solo, Rini Kusumandari, mengatakan tujuan dari pengecekan kedua ini berbeda dari sebelumnya.

Rombongan yang datang terdiri dari lima tim teknis. Selain FIFA, ada pula perwakilan dari Polri, Inafoc, LOC dan pengelola Stadion Manahan.

Baca Juga

"Kalau kunjungan sebelumnya untuk memastikan lapangan parkir. Sekarang ini untuk flow parkirnya seperti apa. Lalu juga untuk media broadcast seperti apa, security seperti apa," kata Rini Kusumandari, Sabu (25/3/23) sore.

Rini mengatakan, setelah pertemuan ini pihak Indonesia akan menunggu rekomendasi yang dikeluarkan oleh FIFA.

Pada pengecekan pertama lalu, Kementerian PUPR bersama Pemkot Solo melakukan sejumlah perbaikan di area Stadion Manahan Solo.

Baca Juga

1. Stadion Manahan Akan Ikuti Saran FIFA

Walikota Solo, Gibran Rakabuming, menemani Wishnutama sebagai konseptor closing ceremony Piala Dunia U-20 2023 saat mengecek Stadion Manahan Solo. (Foto: Pemkot Surakarta)

Tentang progres setelah pengecekan pertama, Rini mengatakan area komplek Stadion Manahan Solo sudah lebih terang.

"Hasil inspeksinya kurang terang, jadi kami sudah mendapat CSR dari PLN. Kami dari Dispora juga melakukan penambahan lampu. Insya Allah kalau malam hari sudah terang benderang," jelas Rini.

Stadion Manahan akan mengikuti segala perbaikan sesuai rekomendasi dari FIFA. Kunjungan kedua ini berpotensi lebih detail karena FIFA datang dengan kekuatan 30 orang.

"Dari FIFA 30 orang, LOC ada 30 orang. Jadi totalnya sekitar 50 orang yang mengecek. Itu tim teknis semua dari segala bidang. Manajer dari FIFA juga ada," ungkap Rini.

Dari pantauan Indosport pada Jumat (24/3/23) sore, perbaikan masih terus dilakukan. Di lahan yang digunakan untuk parkir sudah terpasang lampu tambahan sebagai penerangan.

Baca Juga

Kemudian, di sisi depan pintu tribun barat, lahan-lahan yang ada dihias menggunakan rumput dan sejumlah tanaman. Jogging track di sekitar kolam juga diperbaiki lagi.

Untuk bagian dalam, perbaikan tribun media sudah rampung dilakukan. Sementara di sisi bawah tiap tribun sudah terpasang dua tangga untuk turun ke bawah.

Baca Juga

Perbaikan Stadion Manahan dan empat lapangan pendamping berjalan lebih cepat karena sudah disterilkan dari segala kegiatan pada Januari lalu.

FIFAPiala Dunia U-20Stadion Manahan SoloBola Internasional

Berita Terkini