x

Makin Pelik, Jurnalis Top Italia Soroti Kisruh Piala Dunia U-20 di Indonesia

Senin, 27 Maret 2023 19:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Kisruh Piala Dunia U-20 2023 Indonesia mulai dari penolakan timnas Israel hingga penundaan drawing menarik perhatian jurnalis top Italia, Gianluca Di Marzio.

INDOSPORT.COM – Kisruh Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia yang berawal dari penolakan timnas Israel bermain hingga penundaan drawing menarik perhatian jurnalis top asal Italia, Gianluca Di Marzio.

Hal ini diketahui lewat cuitan Gianluca Di Marzio melalui akun Twitter-nya pada Senin (27/3/23), waktu setempat.

FIFA Piala Dunia U-20 2023 dalam ancaman: PSSI tidak ingin menjamu Israwl, drawing pembagian grup ditunda,” tulis pakar bursa bursa transfer yang bekerja untuk Sky Sports itu.

Gianluca Di Marzio sengaja menyoroti polemik yang belakangan terjadi di Indonesia menjelang Piala Dunia U-20 karena turnamen ini juga akan diikuti oleh Italia U-20.

Mengutip keterangan resmi PSSI saat mengumumkan penundaan drawing Piala Dunia U-20, Di Marzio menekankan polemik ini bermula dari sikap Gubernur Bali, Wayan Koster yang menolak Israel.

Baca Juga

Indonesia adalah negara dengan Islam sebagai agama mayoritas. Bahkan menjadi negara di dunia dengan jumlah umat Islam terbesar,” tulis Gianluca Di Marzio.

Isu ini berlanjut dengan digelarnya demonstrasi di Jakarta untuk mendukung Palestina yang berkonflik dengan Israel, serta mempertanyakan kedatangan tim Timur Tengah di Indonesia.

Baca Juga

Gianluca Di Marzio juga mengingatkan jika Indonesia atau PSSI tidak segera mencari solusi atas masalah ini, maka ancamanannya adalah sanksi berat dari FIFA.

Indonesia kini menghadapi denda yang sangat tinggi bahkan dilarang mengikuti turnamen FIFA selama beberapa tahun,” tulis Gianluca Di Marzio.

Tanggapan dari FIFA ditunggu dalam beberapa jam ke depan, mengenai kemungkinan perubahan tuan rumah (Piala Dunia U-20 2023), apakah akan mempertahankan acara ini atau mengalami penundaan karena isu ini,” lanjut Gianluca Di Marzio.

Baca Juga

1. Terancam 9 Sanksi FIFA

PSSI menggelar debat untuk calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Nasib Piala Dunia U-20 2022 yang berlansung di Indonesia memang tengah di ujung tanduk. Penolakan atas Israel bisa membuat Indonesia dianggap gagal jadi tuan rumah event sepak bola terakbar di dunia tersebut.

Di sisi lain, PSSI, melalui Anggota Executive Committee (Exco) PSSI Arya Sinulingga, menyatakan pihaknya sedang mencari solusi terbaik untuk menyelamatkan muka Indonesia.

Menurut Gianluca Di Marzio, terdapat tujuh sanksi yang akan dialami jika Indonesia membatalkan Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung selama 20 Mei-11 Juni 2023.

Pertama, Indonesia akan dibekukan oleh FIFA. Kedua, Indonesia dapat dikritik oleh negara lain karena gagal memenuhi mandat FIFA. Ketiga, Indonesia tidak bisa mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan kalender FIFA.

Keempat, Indonesia tidak akan memiliki kesempatan lagi untuk dipilih oleh FIFA menjadi tuan rumah acara olahraga. Kelima, Indonesia akan dibatalkan sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2034.

Baca Juga

Keenam, federasi olahraga dunia mempertimbangkan untuk tidak memilih Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga, termasuk Olimpiade.

Ketujuh, Indonesia akan dikritik karena bertindak diskriminatif, mencampurkan olahraga dan politik. Kedelapan, pemain, pelatih, wasit, klub dan masyarakat akan kehilangan mata pencaharian dan lebih dari 500.000 orang akan terdampak langsung jika sepak bola Indonesia dihentikan.

Baca Juga

Kesembilan, Timnas U16, U19, dan U20 tidak akan bisa mengikuti ajang sepak bola internasional jika FIFA membekukan PSSI dan akan mengakibatkan hilangnya potensi ekonomi hingga miliaran rupiah

Sekedar informasi, Israel memang berhak lolos di Piala Dunia U-20 2023 dengan status runner-up Piala Eropa U-19. Israel memang tampil dominan sejak babak penyisihan grup B Piala Eropa U-19 2022.

Israel lolos ke babak semifinal usai membungkam Prancis 2-1. Lolos di babak semifinal sejatinya sudah cukup untuk Israel tampil di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Tetapi Israel melenggang di final dan menghadapi Inggris. Barulah di partai final ini Israel takluk dari Inggris dengan skor 1-3.

Baca Juga
ItaliaFIFAIndonesiaPSSIIsraelBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini