x

Ditolak Main di Indonesia, Timnas Senior Israel Ternyata Pernah Lolos Piala Dunia 1970

Selasa, 28 Maret 2023 19:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Sebelum Timnas Israel U-20 ramai-ramai ditolak main di Piala Dunia U-20 2023, skuad senior mereka justru pernah lolos dan bermain di Piala Dunia 1970 silam.

INDOSPORT.COM – Sebelum Timnas Israel U-20 ramai-ramai ditolak main di Piala Dunia U-20 2023, skuad senior mereka justru pernah lolos dan bermain di Piala Dunia 1970 silam.

Belakangan tengah ramai isu Timnas Israel U-20 ditolak bermain di Piala Dunia U-20 2023 yang akan diselenggarkan di Indonesia pada 14 Mei – 22 Juni 2023 mendatang.

Kembali ke empat dekade yang lalu, Israel pernah mengukuhkan diri mereka sebagai tim sepak bola yang menghilang dari kancah sepak bola Asia.

Bahkan, Israel pernah berjaya sebagai satu-satunya wakil Asia yang mentas di Piala Dunia, sebelum akhirnya Israel dikeluarkan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 1974.

Momen ini tepatnya terjadi pada Piala Dunia FIFA 1970, hanya setahun setelah Israel berhasil tampil pertama kali di Olimpiade pada 1968.

Baca Juga

Kepastian ini didapatkan setelah Israel menjadi juara grup di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 1970 zona Asia, dengan hanya memainkan dua pertandingan.

Korea Utara yang kala itu berada saatu grup dengan Israel menolak memainkan pertandingan di kandang Israel karena alasan politik. Alhasil, Korea Utara dinyatakan withdrawn.

Baca Juga

Selanjutnya pada putaran final zona Asia, Israel mengalahkan tim Socceroos julukan tim Australia dalam perjalanan ke putaran final Piala Dunia satu-satunya pada 1970.

Hasil tersebut membuat Israel berhak tampil di pesta sepak bola terakbar di dunia itu untuk pertama kalinya sejak 1938 dan satu-satunya menjadi wakil Asia/Oseania.

Datang sebagai tim non-unggulan, timnas senior Israel diundi dan bergabung di grup 2 yang dihuni Italia, Uruguay dan Swedia.

Baca Juga

1. Israel Pernah Jadi kekuatan Asia

Israel Pernah Jadi kekuatan Asia di Piala Dunia 1970

Sayang sekali, Israel harus puas menjadi juru kunci Grup 2 setelah hanya mengantongi 2 hasil imbang dan sekali kalah dari tiga pertandingan di babak penyisihan.

Pada pertandingan perdana, Israel menelan pil pahit usai dikalahkan tim kuat dari Amerika Selatan, Uruguay dengan skor 2-0, namun Israel mampu bangkit dengan menahan imbang Swedia 1-1.

Penampilan mengejutkan Israel tak hanya sampai disitu saja, mereka menahan imbang tim Italia yang hebat.

Azzuri – julukan Italia yang kala itu diperkuat pemain seperti Giacinto Facchetti, Luigi Riva, dan Sandro Mazzola, tak mampu berkutik usai ditahan imbang 1-1.

Meski langsung kandas di babak penyisihan grup, namun pencapaian timnas senior Israel di Piala Dunia 1970 ini masuk dalam buku sejarah sepak bola dunia.

Baca Juga

Bahkan, momen tersebut kembali bangkit dalam ingatakan semua orang setelah Israel menghadapi polemik timnas mudanya ditolak bermain di Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Penolakan atas Israel ini tidak hanya dari kalangan masyarakat bawah namun juga sejumlah pejabat negara, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Buntut dari isu tersebut, drawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya digelar 31 Maret mendatang batal terlaksana. Panitia Lokal (LOC) sudah mendapatkan pemberitahuan dari FIFA.

Baca Juga

Israel sendiri melalui perjalanan yang tidak mudah untuk akhirnya bisa tampil pertama kalinya dalam sejarah di ajang Piala Dunia kelompok usia muda ini atau yang kedua di ajang ini pada lintas usia.

Israel lolos ke Piala Dunia U-20 setelah finish runner-up di Euro 2019 usai mengalahkan Prancis di semifinal.

Mereka akhirnya kalah dari Inggris di partai final tapi sebenarnya menembus semifinal saja sebenarnya sudah cukup untuk mereka lolos ke Piala Dunia U-20.

Baca Juga
Piala DuniaIsraelBola InternasionalPiala Dunia 1970Piala Dunia U-20 2023

Berita Terkini