x

Kapten Timnas Indonesia Ungkap Kondisi Terkini dan Alasan Pilih Absen Lawan Burundi

Selasa, 28 Maret 2023 18:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Fachruddin Aryanto saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22), menjelang FIFA Matchday, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto mengatakan kondisinya sudah cukup baik, setelah alami cedera di Piala AFF 2022. Kini, ia sedang beradaptasi untuk kondisi fisik dan feeling saat bertanding.

Pasca Piala AFF 2022, Fachruddin dilaporkan mengalami cedera lutut. Kondisinya berangsur membaik dan baru sembuh pada Februari 2023.

Bek 33 tahun itu tercatat sudah 14 laga terakhir tidak bermain untuk Madura United di Liga 1 2022/23.

Meski demikian, Fachruddin tetap dipanggil ke FIFA match day untuk lawan Burundi pada 25 dan 28 Maret ini. Dia diminta datang karena pelatih 52 tahun itu ingin memantau langsung kondisinya.

Baca Juga

Setelah seminggu latihan bersama Timnas Indonesia, Fachruddin menyampaikan kondisinya jauh lebih baik. Dia kini tinggal tunggu waktu untuk bisa bermain secara normal.

"Ya sebenernya sudah membaik, cuma saya sudah lama tidak bertanding. Jadi harus adaptasi dulu fisik dan feeling pertandingan," tuturnya.

Baca Juga

Karena dalam tahap adaptasi, Fachruddin memilih tidak bermain untuk dua laga melawan Burundi. Dia meminta hal itu ke pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Ya karena cukup lama, apalagi tensi pertandingan internasional juga (tinggi), jadi saya juga sudah bicara dengan coach dan (katanya) lebih baik saya untuk pengembalian kondisi dulu. Kalau sudah baru siap bertanding," jelasnya.

Baca Juga

1. Lini Belakang Sudah Bagus

Elkan Baggott dan Rizky Ridho di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

Lebih lanjut, pemain kelahiran 19 Februari 1989 itu menilai lini belakang Timnas Indonesia sudah bermain bagus saat lawan Burundi. Hal itu harus dipertahankan untuk pertemuan kedua, Selasa (28/03/23) malam ini di Stadion Patriot, Bekasi.

"Kalau kebobolan biasa namanya pertandingan, karena kita sudah unggul 3-0 pasti fokus di 90 menit sedikit kurang. Tapi mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi," ucapnya.

Baca Juga

Kapten Timnas Indonesia itu lantas berpesan ke rekan-rekannya agar fokus dan konsentrasi. Pasalnya, Burundi usung misi balas dendam pada laga kedua.

"Lebih fokus, kemarin saya lihat sudah bagus jadi harus lebih fokus dan kerja keras lagi," tuntas Fachruddin.

Baca Juga

Sementara itu, pelatih Shin Tae-yong tetap memanggil Fachruddin dengan alasan mau melihat langsung perkembangan sang pemain pasca sembuh dari cedera lutut.

Fachruddin dikatakan sebagai sosok penting di Timnas Indonesia karena merupakan kapten tim. Shin Tae-yong senang dengan kerja kerasnya, jadi ia tetap dipanggil untuk persiapan uji coba lawan Burundi.

Timnas IndonesiaBola InternasionalBurundiBerita Timnas IndonesiaFachruddin Aryanto

Berita Terkini